jejak tulisan si kaki kecil

Kursus Seo Terbaik di Kelas BRT Network, Gratis!

66 komentar
Konten [Tampil]
Kursus Seo Terbaik di Kelas BRT Network, Gratis & Seru!

Hai, kawan si Kici!

Siapa nih yang pengen belajar tentang SEO? Mencari kursus seo terbaik yang gratis tuh banyak tersebar di kalangan para blogger, salah satunya ya Kelas BRT Network. Tapi kalau udah masuk sini, aku cuma bisa bilang, "Selamat Anda terjebak dan semoga bisa lolos ya!"

Ternyata drama bulan november yang bikin otak mengepul tuh berlanjut ke bulan desember. Ya, nggak ada kata liburan lah pokoknya. Harus nempel terus nih sama laptop. Drama yang emang tanpa sadar aku pilih ketika mengisi form kelas BRT walaupun aku nggak ada bayangan sama sekali apa yang nantinya terjadi di kelas ini.

Nyesel nggak si? Tipis-tipis mungkin ada. Namun, aku emang hobi si nyari masalah. Selesai ikut kelas satu yang bikin pusing tujuh keliling ya tetap aja tergoda ikut kelas lain. Kapoknya tuh pas kelas lagi berjalan, kalau udah selesai ya tetap semangat isi link pendaftaran. Padahal niat hati pengen gabut tapi kok hobi banget cari kesibukan gini si. Aku aja kadang heran sama diriku sendiri.

Kursus SEO Terbaik di Kelas BRT Network

Kelas SEO khusus bulan desember ini diikuti oleh 70an peserta. Awalnya si lebih tapi ada beberapa yang mundur setelah materi pertama. Entah karena sibuk atau alasan lain. Ada juga yang mundur karena blognya tak bisa diakses akibat kejadian kebakaran di gedung cyber 1.

Coach di BRT Network

Kelas ini dibimbing oleh 6 coach, yaitu Mba Monica Anggen, Mas Pewe aka Punto Wicaksono, Mas Zen, Mas Priyo, Mba Marita, Mba Gemaulani. Enam coach inilah yang membantu kita menyelesaikan masalah dan memaksa kita untuk belajar SEO lebih dari biasanya.

Kursus SEO Terbaik

Kok bisa si Kelas BRT Network dikatakan sebagai tempat untuk belajar SEO terbaik? Emang apa aja si yang dipelajari di sana?

1. Meta SEO Inspector

Pelajaran pertama kali yang didapatkan ketika gmeet di Kelas BRT itu adalah tentang Meta SEO Inspector. Sebagai blogger kita perlu menambahkan banyak extension di google chrome, salah satunya MSI ini. Emang fungsinya apa? Ya buat mengecek apakah seo on page kita sudah sesuai atau belum.

Sayangnya ketika kita sudah memasang MSI ini, bukan hanya diberi tugas untuk mengecek saja tetapi juga harus memperbaiki apa yang salah. Kalau banyak merah-merah ya mau nggak mau harus ngulik HTML macam aku karena menggunakan blogspot. Gatau deh kalau yang wordpress gimana karena aku bukan pengguna WP.

Meta SEO Inspector

Pokoknya habis materinya ini, grup selalu ramai dengan berbagai masalah dari setiap peserta. Aku sampai ikut pusing bacanya. Apalagi ditinggal sebentar grupnya langsung penuh sama ratusan chat bahkan nggak jarang sampai mencapai angka ribuan deh. Jadi nggak boleh skip terlalu lama karena cape buat manjatnya.

2. 18 Paramater SEO On Page

Selesai masalah dengan MSI, maka muncul hal baru yang perlu diperhatikan, yaitu seo on page di artikel. Kalau muncul materi ini, berarti kita nggak boleh lagi tuh asal nulis. Rasanya mau nulis aja ribet ya! Awal-awal si emang rasanya gitu, kalau udah terbiasa ya jadi biasa aja asal nulisnya nggak dikejar deadline.

Emang parameternya apa aja si?
  • Keyword terletak di judul dan panjang meta judul maksimal 55 karakter
  • Keyword berada di awal judul
  • Keyword ada di permalink dan panjang permalink maksimal 75 karakter
  • Keyword ada di meta deskripsi dan panjang meta deskripsi maksimal 155 karakter
  • Keyword ada di 150 karakter paragraf awal
  • Keyword tidak perlu di bold, italic, dan undarline
  • Ada kesimpulan di akhir artikel
  • Jumlah kata pada artikel sebaiknya lebih banyak daripada kompetitor
  • Paragraf sebaiknya 3 atau 4 baris saja
  • Header harus urut tidak loncat (H1, H2, H3, dan seterusnya)
  • Keyword ada di H2 dan H3
  • Penamaan image menggunakan strip
  • Ada alternatif image/video
  • Internal link menuju artikel yang relevan
  • Gunakan LSI keyword
  • Share ke media sosial
  • Inspect URL di Google Search Console
  • Besar file image maksimal 100kb

3. Google Analytics dan Google Search Console

Belum selesai meresapi 18 parameter SEO On Page, langsung deh ditambah materi lainnya dalam sehari. Langsung deh tambah pusingnya kan, pengen nangis rasanya nggak tuh? Kaya kita mau ujian tapi belajarnya SKS, semua materi dilahap dalam semalam.

Google Analytics dan Google Search Console ini memang menjadi tools yang membantu para blogger untuk menganalisis performa blog kita. Kalau nggak pernah ngulik ini bisa jadi performa kita ya gitu-gitu aja karena nggak mengikuti permintaan pasar tetapi suka-suka kita. Padahal GA dan GSC ini tuh menjadi jalan ninja untuk kita memahami pengunjung blog dan kemauan google.

Google Analytics dan Google Search Console

Buat para blogger yang hobi block writer akibat kehabisan ide tuh bisa lho memanfaatkan GA dan GSC. Dari GSC kita bisa membidik kueri-kueri dari blog yang ternyata diminati oleh pengunjung. Semakin banyak menulis dari kueri itu, maka akan berpengaruh pada pageview. Sedangkan dari GA kita bisa mencari karakter pengujung dan juga tempat tinggalnya sebagai bahan untuk menulis konten lokal SEO.

Jadi bermanfaat banget kan GA dan GSC ini? Selama kita mau memahami dan menganalisis data-data sesuai dengan keperluan kita. Bukan sekedar buat setoran kalau ada job aja dong.

Jungkir Balik Pengen Nangis

Ha? Emang kenapa sampe jungkir balik pengen nangis? Sebenarnya si materinya nggak terlalu berat kalau cuma diliatin aja tetapi kalau dilakuin sama dipikirin tuh ternyata cukup menguras emosi. Apalagi kalau tuh html diutak-atik malah makin kacau, duh gatau harus digimanain lain deh.

Wajib Pin Grup BRT

Beberapa kali setelah menyimak di grup, aku pun memberanikan menanyakan masalahku dan memastikan kalau yang aku lakukan itu benar. Chatku pun dibalas oleh Mas Priyo, Mas Zen, dan Mba Gemaulani. Dari balasan itu, beberapa memang diacc untuk bisa ceklist dilink setoran tugas. Namun, ada juga yang harus diganti kode di htmlnya.

Selesai tugas satu tuh kita nggak bisa leyeh-leyeh santai, pasti bakal ada tugas baru yang lebih menantang. Aku yang suka overthinking ini liat grup langsung nyesek pengen nangis rasanya.

Bantuan dan Curhatan dari Teman Seperjuangan

Salah satu yang bikin bisa bertahan di kelas ini ya adanya teman seperjuangan. Kita para peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok dan aku masuk ke kelompok D. Berisi enam orang yang membantu kita dan mendengarkan segala keluh kesah yang menjurus ke curcol.

Salah satu yang membantuku mengatasi masalah og:image di homepage yang berderet adalah Mba Hamim. Aku memang mengenal Mba Hamim dari beberapa grup tetapi baru mulai dekat dan sering nanya-nanya ketika di kelas blogging ini. Apalagi masalah kita sama.

Nggak sekedar nanya-nanya tentang tugas juga. Aku pun beberapa kali penasaran gimana si pendapatnya Mba Hamim tentang kelas SEO di BRT ini. Ternyata sama aja merasakan ngeri dan pusing tetapi ya tetap semangat untuk melanjutkan sampai akhir.

Sejujurnya, sejak awal aku berpikir bahwa kelas gratis BRT Network ini unik. Kenapa aku berpikir begitu? Sebab sejak awal masuk nuansanya sudah berbeda. Ngeri-ngeri sedap, mulai dari aturan yang tegas dan lugas. Ditambah lagi rupanya para coach gak kalah tegas dari aturannya. Ngeri gak sih?

 

Buatku ini pengalaman menegangkan tapi seru. Karena setelah aku mengikuti alur belajarnya malah bikin nagih. Aku menyadari dan mempelajari banyak hal tentang dunia perblogan. Meski agak mumet sebab otak atik html. Namun ketika berhasil rasanya seperti pemenang. Hal ini membuatku jadi ingin maju terus hingga lulus, insya Allah. Semangat!
(Hamimah)

Selain Mba Hamim, ada juga Mas Pandu. Satu-satunya laki-laki dikelompok yang pernah aku kira perempuan. Sampe aku tanya, ini cewek apa cowok ya? Maaf ya mas, habis nama belakangnya Nur Husna, jadi takut salah panggil gitu.

Mas Pandu pun baru pertama kalinya merasakan harus bongkar pasang blognya agar sesuai dengan SEO. Selama ini nggak kepikiran tuh harus memperbaikin masalah seo onpage. Fokusnya hanya nulis artikel dan pasang backlink dengan harapan meningkatnya traffic blog.
Dari kelas gratis BRT Network lah, saya baru tahu daleman blog yang harus diperbaiki agar bisa SEO on Page. Dari dulu ngeblog hanya nulis artikel dan pasang-pasang backlink saja tanpa tahu bagaimana cara agar pengunjung blog banyak.

 

Kelas gratis BRT Network kupas tuntas semua kegundahan hati "kenapa blogku sudah bertahun-tahun tapi viewersnya segini-segini aja ya". Ternyata blogku masih banyak kekurangan dan harus dibongkar.

 

Terimakasih coach dan teman-teman blogger di kelas gratis BRT Network yang sudah berbagi banyak ilmu. Walau terbilang ketat peraturan kelasnya tapi tak apalah, semua itu kembalinya untuk kebaikan blog saya juga. Ilmunya sangat bermanfaat untuk dunia perblog-an kedepannya.
(Pandu Nur Husna)

Kesimpulan

Kelas BRT Network yang memiliki tagline arena bermain dan belajar blogger Indonesia memang benar tempat bermain html dan belajar SEO. Kalau memang kuat bertahan di sini berarti kalian hebat deh!

Buatku kursus seo terbaik di Kelas BRT Network tuh jadi cerita tersendiri yang mungkin bakal indah dikenang tapi bukan untuk diulang. Biar nantinya bisa ikut kelas lain dengan materinya yang beda gitu loh. Semoga aja ya bisa lulus dan bertahan sampe titik akhir di kelas desember ini bersama kelompok D. Untuk kalian yang penasaran apakah berani mencobanya?
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

66 komentar

  1. Wah ternyata menulis yang SEO friendly itu agak ribet juga ya, judul tidak boleh lebih dari 55 karakter, keyword ada di paragraf pertama, belum lagi harus benerin meta data blog pakai meta seo inspector.


    Bacanya saja pusing apalagi yang ikut ya.🤣

    BalasHapus
  2. Harus butuh ektra waktu deh ikutan BRT ini ya... Biar bisa fokus...Keren banget deh ini kelasnya... Mau ikutan di next batch, semoga masih ada kesempatan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak...dituntut untuk profesional ya. Btw, Alhamdulillah masih ada blogger yang ngadain kelas gratis seperti BRT ini. Jadi semakin banyak yang belajar ilmu SEO dan ngeblog pastinya ilmu berkah dan semoga yang terbaik untuk semuanya yang ikut kelas BRT ini. Good luck guys :)

      Hapus
  3. Mantap. Semangat belajar terus kaka. Nanti ajarin aku 😅

    BalasHapus
  4. wah lengkap banget yg dipelajarinnya, challenging belajarnya. next kayaknya pgn juga ikutan kelasnya

    BalasHapus
  5. Mantap kak, semangat terus belajarnya ^^

    BalasHapus
  6. Pengen bgt belajar blogging dan SEO juga nih. Semoga bisa konsisten kyk kakanya yah

    BalasHapus
  7. Jadi pengen ikutan belajar blog gini.. semangaaat kaka

    BalasHapus
  8. Semangaat kaka. Jadi pengen belajar blogging gini

    BalasHapus
  9. SEO, apalagi di era saat ini yang sudah serba digital, sangat menarik untuk dipelajari.

    BalasHapus
  10. Waa mantap kak... Pengem belajar juga niy. Semoga semangatnya nular ya kak

    BalasHapus
  11. Makasih informasinya kak

    BalasHapus
  12. Semoga bertahan sampai akhir yaa mba. Semangaatt

    BalasHapus
  13. artikelnya bagus ka. buat referensi juga bisa nih keren bgt ka. jadi bisa buat pengetahuan bgi pemula

    BalasHapus
  14. Mantap kak.. semangat belajarnya ya kak..

    BalasHapus
  15. Terima kasih sharingnya, Ka.

    BalasHapus
  16. Wah mantap tulisannya kak, semangaat belajarnya yaa supaya bisa lebih menginspirasi orang lain 💙

    BalasHapus
  17. Wah ternyata buat jadi blogger ngeri ngeri sedap ya. Thanks sharing ilmunya

    BalasHapus
  18. Wuih jadi lebih tau nih tentang SEO, makasi uda sharing ilmunya ya ka :))

    BalasHapus
  19. Mantap keren kak tetep semangattss

    BalasHapus
  20. Semoga aku bisa nyusul belajar juga ya ka wida hihi

    BalasHapus
  21. Keren kaaaak!! terima kasih buat sharing nya <3

    BalasHapus
  22. Emang terbaik sih kelas ini, aku baru merasakan yang blogspedia aja menantangnya luar biasa. Next bakalan ikut insya Allah..

    BalasHapus
  23. Artikel yg bagus. Lgsg aq bookmark

    BalasHapus
  24. Awalnya saya pikir dunia blogging itu hanya sekedar nulis. Bikin tulisan semenarik mungkin biar banyak yang baca. Ternyata tidak! Tulisan ini cukup membuka mata saya bahwa dunia blogging itu ternyata tidak sesederhana seperti apa yang dipikirkan oleh orang awam macam saya ini. Makasih kak zakia, tulisannya sangat menarik dan bagus. Next, mungkin bisa kasih tips-tips buat para pemula yang mau mulai nulis di blog. Sukses selalu kakak~

    BalasHapus
  25. Aku kemarin mau ikutan mbak, tapi sadar diri akhir tahun lagi banyak kerjaan. Semoga jodoh ada next class. Semangat belajarnya ya mbak. Sharing tentang kelasnya seru nih

    BalasHapus
  26. Pastinya kelas ini sangat membantu bagi para blogger untuk lebih mengoptimalkan kinerja blog nya, terutama saya pribadi sebagai blogger pemula.
    Semangat Mbak.

    BalasHapus
  27. Jadi termotivasi belajar lagi deh!!

    BalasHapus
  28. Hai kak aku Dennise,salam kenal ya. Aku pengen banget loh mendapat kesempatan seperti kakak bisa kursus SEO di Kelas BRT,kapan ya ada lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak, kemungkinan buka lagi si tahun depan. Sebelum kelas desember ini, sempat buka kelas juni. Mungkin akan buka di bulan yang sama.

      Hapus
  29. wah wah, lihat mentor mentornya sudah terlihat kualitas kelas ini
    Emang wajar klo disebut kelas seo terbaik

    BalasHapus
  30. Mantap, nih. Mau dapat yang gratis dna terbaik harus rela digembleng, ya

    BalasHapus
  31. menarik banget kelas SEO nya mbak, padet ilmu dan tentunya challenging banget yaa.. semangattt mbak Zakia

    BalasHapus
  32. itu dia tuh 18 indikator yang mulai harus saya perhatikan biar blog makin cakeeeeep deh DA PA nya

    BalasHapus
  33. ngiriiiii.....
    pingin banget ikutan Kelas Gratis BRT Network, tapi gak lolos waktu daftar

    semoga buka lagi ya? Bayar juga gapapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya kak? Mungkin DA kakak udah tinggi kali jadi nggak lolos hehe

      Hapus
  34. wkwkwkwkwk, saya banget tuh, ngejar PV itu kadang bikin stres :D
    Tapi balik lagi sih di prioritas.
    Semangat ya ikutan kelas SEOnya :)

    BalasHapus
  35. Mantap sharing nya ka !! Semoga bisa nular semangat belajarnya :"

    BalasHapus
  36. Duh SEO, menarik banget tapi emang ternyata bikin pusing ya. Semangat untuk yang sedang belajar SEO.

    BalasHapus
  37. Wah, sebelum ikut kelas BRT ini harus balik lagi ngecek materi Blogspedia dan bener-benerin lagi semuanya yang sudah lewat. Semoga lulus sampai akhir Kak

    BalasHapus
  38. Lengkap banget ya materinya. Mana dibimbing oleh 6 masta pula! Semiga next class ak bisa lolos belajar di sini..

    BalasHapus
  39. Sebenernya tertarik belajar blog sh. Pengen jg nulis2 tapi sekadar angan. Beberapa kali tanya2, pas lihat jadwalnya padat merayap, oke not for now. Soalnya syaratnya fokus dan sepertinya bakal kewalahan kalau disambi. Huhu jd sekarang baca-baca cerita orang dulu deh tentang dunia blogger. Tapi kok ya serem? Wkwk hectic bangeeet. Ga kuat ga kuat. Semangat kakaknya buat belajar SEO atau belajar apapun tentang blog dan nulis. Istiqomah perlu keknya ya, ceileeh

    BalasHapus
  40. Bagus banget tulisannya, aku yang awam bgt soal blogger, sedikit ada gambaran kalau mau mulai belajar nulis.....semangat ya wida nulisnya...

    BalasHapus
  41. Wah ini ilmunya daging banget buat blogger. Karena blogger tanpa SEO itu seperti nasi tanpa lauk, hambar, percuma nulis kalau nggak ada pembaca. Sedih ...

    BalasHapus
  42. Gak kapok-kapok ikut kelasnya ya. Itu namanya haus akan ilmu. Malah bagus. Meski mungkin ada beberapa materi yang pengulangan. But worth it kok.

    BalasHapus
  43. Nice, semangat selalu untuk menulis dan memberikan manfaat ke sesama kak 💗

    BalasHapus
  44. Pengen belajar SEO lebih mendalam juga sayang bagi wkatunya yang susah bener

    BalasHapus
  45. Kadang kalau lagi blogwalking masih suka menemukan keyword yang di bold sih.
    Ternyata gak perlu ya, biarkan saja seperti paragraf yang ada

    BalasHapus
  46. Saya pengen deh ikutan kelas kek gini. Gimana sih caranya kk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin aku dapar formnya dari teman sesama blogger kak

      Hapus
  47. Ini tuh beneran seru memang kak wkwkwk aku ikutan tahun lalu dan kalau diibaratkan daging, BRT itu wagyunya hahaha. Premium! Sukses terus kak!

    BalasHapus
  48. Menarik bgt tulisannyaa, semangaat terus ya, jangan bosan² untuk berkarya dalam menulisnya ya ...

    BalasHapus
  49. Caranya ikutan gimana mba? beberapa artikelku belakangan ini juga jadi susah terindex, padahal dulu lancar-lancar aja. entah kenapa. Mau banget ikut kelasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin ada yang share formnya di grup bloggernya terus aku isi deh

      Hapus
  50. Nice info. SEO lagi jadi hot topic belakangan ini. Thank you for sharing

    BalasHapus
  51. Wah jadi penasaran kalau maunikutan gimana ya? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin aku dapet form gitu dari sesama blogger. Mungkin perlu banyak join komunitas biasanya dishare di sana.

      Hapus
  52. wah seru juga ya
    kemarin baca-baca teman-teman posting tentang kelas BRT aku jadi ngiler
    karena selama ini ngeraba-raba aja belajarnya hehe
    semoga next bisa ikutaaan

    BalasHapus
  53. Dari blog ini aku jadi tau apa itu kelas BRT, terimakasih ya sudah buat tulisan ini. Ditunggu tulisan-tulisan yang lainnya hehe

    BalasHapus
  54. Karena aku termasuk yang gapaham banget sama SEO, mungkin kayaknya kudu ikutan kelas BRT batch berikutnya deh biar tahu perjuangan seorang blogger sejati mkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa ke angkiut next session yaaah..

      Sekarang baca-baca dulu aja artikel peserta, haha..

      Hapus
  55. Banyak banget emang ilmu yang didapat setelah ikut kelas BRT ya kak. Sayangnya aq gak bisa ikut sampai akhir huhu

    BalasHapus
  56. Lagi hits ini ya kelas BRT, banyak banget ilmu yang didapat, bikin mupeng mau ikutan juga hehhe

    BalasHapus
  57. Seru banget kelasnya ya kak. Selain nambah insight dibidang per-blogger-an. Nambah teman juga

    BalasHapus
  58. Aku contek ya tipsnya mbak. Buat improve kualitas konten-konten di blog saya. Makasih lho udah berbagi...semangat ya berjuang di kelas BRT-nya.

    BalasHapus

Posting Komentar