jejak tulisan si kaki kecil

SEO Moms Community: Belajar SEO untuk Pemula, Gratis!

Konten [Tampil]
SEO Moms Community: Belajar SEO untuk Pemula, Gratis!
Hai, kawan si Kici!

Siapa nih udah pernah mendengar SEO Moms Community? Kalau belum berarti perlu banget deh baca sampai selesai. Apalagi utnuk kalian yang sedang mencari atau ingin belajar SEO. Bisa banget belajar di komunitas ini. Namun, komunitas ini khusus untuk perempuan ya! Walaupun namanya moms tetapi bisa diikuti oleh perempuan yang sudah maupun belum menikah.

Lahirnya SEO Moms Community

SEO Moms Community atau yang dikenal dengan singkatan SEOMOC ternyata baru berumur satu tahun. Komunitas ini fokus pada pembelajaran SEO dasar bagi para blogger perempuan indonesia.

Waah para laki-laki pasti iri nih kenapa kok khusus perempuan aja? Apa foundernya perempuan? Salah doong, foundernya justru laki-laki bernama M. Sahlan yang memiliki nama tenar Qbenk. Lalu kenapa komunitas ini khusus perempuan? Ternyata alasan dibentuknya komunitas ini adalah untuk dedikasi pada almarhum kedua orang tua Bang Qbenk.

"Kita di sini akan belajar SEO dan seluk beluknya dengan bahasa yang mudah dimengerti dan Insya Allah mudah dipraktekkan. Group ini saya dedikasikan untuk almarhum kedua orang tua saya. Terkhusus lagi buat emak saya yang saya sayangi, yang wafat akhir November 2019 lalu."
(Bang Q)

Pembagian Wilayah SEOMOC

Adanya pembagian wilayah yang dipegang oleh koordinator ketika SEOMOC mengadalan ulang tahun pertamanya di tahun 2021. Sehingga nantinya kita akan masuk ke dalam wilayah sesuai dengan tempat tinggal kita. Saat ini, ada lima grup whatsapp untuk setiap wilayah.

1. Wilayah DIY & Jateng

Wilayah yang terdiri dari para anggota SEOMOC yang berada di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Wilayah ini dikoordinatori oleh Wiwin Pratiwanggini.

2. Wilayah Jawa Timur

Wilayah yang terdiri dari para anggota SEOMOC yang berada di Jawa Timur. Wilayah ini dikoordinatori oleh Dewi Adikara dan Rahmah Chemist.

3. Wilayah Sulawesi - Bali - Nusa Tenggara

Wilayah yang terdiri dari para anggota SEOMOC yang berada di Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara. Wilayah ini dikoordinatori oleh Mugniar Marakarma dan Rizky Masdila.

4. Wilayah Sumatera

Wilayah yang terdiri dari para anggota SEOMOC yang berada di Sumatera. Wilayah ini dikoordinatori oleh Arda Sitepu.

5. Wilayah Lain Diluar Wilyah 1-2-3-4

Wilayah yang terdiri dari para anggota SEOMOC yang berada di luar keempat wilayah diatas termasuk Jabodetabek. Wilayah ini dikoordinatori oleh Lidya Fitrian.

Kenapa Harus Memilih SEOMOC sebagai Teman Belajar?

Tempat belajar SEO tuh sebenarnya ada banyak. Lalu kenapa harus sama SEOMOC? Ada lima alasan yang membuatku merekomendasikan belajar SEO bersama SEOMOC.

1. Belajar dari Ahlinya

Bang Q itu sudah terjun di dunia blogging sejak tahun 2005 dan mempelajari SEO sejak tahun 2006, lama banget gak si? Tentu nggak salah dong kalau kita sebut beliau ahli? Banyaknya hal yang berubah tentang SEO tentu pernah dirasakan oleh Bang Q. Kita nih para blogger bawang tinggal belajar aja dari apa yang didapatkan oleh Bang Q. Setidaknya bisa mengejar ketertinggalan tanpa harus merasakan jatuh bangun kaya Bang Q. Kalau enggak, nanti jadi ahli SEO baru ditahun 2030an dong.

2. Belajar Gratis

Kalau tau tulisan tentang belajar online tentu tau dong kalau aku senang dengan kelas gratis. Ya gimana enggak, kalau kita bisa belajar 0 rupiah harus mencari yang berbayar? Walaupun sesekali boleh lah ikut kelas berbayar kalau memang worth it.

Nah, kelas ini tuh beneran gratis deh. Padahal belajar SEO tuh banyak yang berbayar dan lumayan mahal. Kalau ada kelas gratis gini kenapa harus disia-sia kan? Sayang banget dong.

3. Belajar Dimana Saja dan Kapan Saja

Belajar online darimana aja tuh bisa jadi solusi buat yang susah selalu mengikuti secara live. Apalagi kelasnya di WAG, bisa diakses kapan aja dimana aja selama ada sinyal dan hp nggak bermasalah.

4. Tugas yang Santai

Awalnya tuh ketika ada peringatan bisa dikeluarkan dari grup, aku udah deg-degaan. Duh, bisa ngikutin nggak ya? Ternyata tugasnya cukup santai menurutku. Bahkan nggak terlalu sulit dan deadline yang diberikan pun cukup panjang. Jadi jangan takut deh buat ikutan kelas ini.

5. Ada Kopdar

Asyiknya lagi, komunitas ini tuh sering kopdar rutin secara daring setiap bulannya. Sekedar untuk menyapa dan berbagi ilmu untuk para membernya. Jadi kita bisa ketemu tuh sama setiap member, founder, dan koordinator.

Nah, itulah sedikit tentang SEO Moms Community. Tertarik untuk bergabung? Bisa cek dulu ke instagram dan website karena rekrutemennya tuh nggak setiap saat. Saat ini aja baru berjalan kelas SEO Basic 4. Jadi tunggu aja info untuk batch 5 ya!
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar