jejak tulisan si kaki kecil

Cara Meramaikan Hari Blogger Nasional Secara Online

Konten [Tampil]
Hai, kawan si Kici!

Udah ngapain aja nih untuk meramaikan hari blogger nasional? Hari blogger harusnya si tanggal 27 Oktober ini tapi nggak telat lah ya kalau baru menulis tentang hari spesial para blogger? Pembelaan emang aku tuh 😂

Jauh-jauh hari sebelum hari H sebenarnya aku sudah membuat berbagai rencana. Ya manusia kan memang hanya bisa berencana, Allah yang menentukan. Tanggal 27 Oktober ternyata tuh aku masih harus menyelesaikan deadline kerjaan di dunia nyata dan badanku pun ternyata tidak bisa diajak kerjasama. Berujung realiasinya gagal total deh di hari H.

Hari Spesial Para Blogger

Blogger ternyata memiliki hari spesial yang ditunggu-tunggu. Bagaimana tidak di tanggal itu biasanya para blogger ramai melakukan banyak hal. Ada yang buka kelas, ada yang ngajak buat nulis, dan masih banyak lagi. Pokoknya berasa deh euforia hari blogger kalau kita masuk ke dalam lingkungan blogger. Kalau enggak ya bakal biasa aja.

Terus penasaran nggak si kenapa bisa disebut hari spesial para blogger? Hal itu tercetus dari bapak Mohammad Nuh ketika ajang kopi darat di tahun 2007. Lengkapnya pernah aku tulis di tahun pertama aku merayakan hari blogger nasional. Jadi nggak usah aku ceritakan lagi ya.

Cara Meramaikan Hari Blogger

Kalau memang tanggal 27 Oktober itu hari spesial para blogger tentu akan banyak perayaan hari blogger. Apalagi ini tahun keduaku tentu nggak dadakan lagi dong rencananya. Walaupun realisasinya hanya beberapa saja. Dan inilah yang aku lakukan untuk meramaikan hari blogger.

1. Mengikuti Tantangan Menulis

Banyaknya ajakan menulis tentu nggak boleh dilewatkan begitu saja. Bahkan bikin aku bingung karena pengen ikut semua. Lumayan kan menambah postingan di blog karena akhir-akhir ini agak jarang nulis setelah lelah ikut tantangan ODOP.

Mengingat waktu dan tingkat kemalasanku akhir-akhir ini aku pun mencoba mengikuti tiga tantangan. Pertama aku ikut tantangan dari Seo Mom Community karena aku memang sedang belajar tentang SEO di sini. Lalu, aku ikut blogspedia challenge dari Mba Marita karena sebagai anggota cupuers kayaknya nggak afdal kalau nggak ikutan deh walaupun nggak tau bakal kelar tiga tantangan. Dan terakhir aku juga tertarik ikut tantangan dari Blogger Perempuan, tentu dengan catatan tantangan dari SEO Mom Community dan Mba Marita sudah selesai.

Mengikuti tantangan menulis tuh harusnya memang diikuti dalam rangka hari spesial para blogger. Tulisan tersebut sekaligus membagikan kepada orang banyak kalau ada yang namanya hari blogger. Jadi nggak cuma para blogger aja nih yang tau tetapi orang awan juga tau kalau ada yang namanya hari blogger nasional.

2. Membagikan Ucapan di Media Sosial

Rasanya kebanyakan orang suka deh membagikan apapun di media sosial miliknya. Aku pun begitu walaupun agak pilih-pilih juga si, apalagi kalau soal suatu berita. Duh, jangan sembarangan deh!

Nah, ketika tanggal 27 Oktober kemarin pun banyak ucapan hari blogger yang berseliwerang di media sosialku. Aku pun yang awalnya ingin membuat postingan, berujung hanya membagikan postingan orang. Ya setidaknya meramaikan di media sosial tentang hari spesial para blogger ini.

3. Refleksi Diri sebagai Blogger

Hari blogger menjadi salah satu momen untukku refleksi diri sebagai blogger. Apalagi sudah setahun mencoba serius menjadi blogger. Bukan sekedar menulis di blog dan ya udah. Namun, berusaha membagikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain dan pengen juga si dapet cuan dari ngeblog ini. Nggak lagi deh malu-malu ngomong kalau pengen cuan juga dari ngeblog ini. Cuma harus tetap selektif juga si, jangan artikel sembarangan yang ditulis hanya demi cuan.

Layaknya ulang tahun, hari blogger aku ramaikan di tahun ini dengan melihat apa aja si yang sudah aku lakukan setahun ini. Apakah pencapaian baik yang sudah aku lakukan? Apa hal buruk yang seharusnya aku perbaiki? Dan yang paling penting kembali melihat big why ngeblog, apakah masih sama atau berubah? Berubah boleh dong kalau lebih baik, kalau mengalami kemunduran itu harus banget dicek apa yang salah.

Rasanya nggak banyak yang aku lakukan untuk meramaikan hari blogger. Apalagi kurang rasanya kalau nggak ikut webinar yang memang khusus dilakukan ditanggal-tanggal ini untuk merayakan hari blogger. Namun, sedih nggak bisa ikut webinar tuh cukup terobati dengan membaca tulisan resume dari teman yang mengikuti webinar.

Salah satu harapanku untuk merayakan hari spesial para blogger di tahun depan adalah bisa kopdar, pengen banget deh merasakan hal itu. Kalau kalian, apa harapan yang bisa dilakukan di hari spesial para blogger tahun depan?
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar