Jejak Tulisan Kaki Kecil

Bongkar Rahasia Menaikkan Pageview/Traffic Sebuah Blog

24 komentar

Cara menaikkan pageview blog

Hallo . . .

Kali ini si Kaki Kecil akan nulis materi yang didapat dari Kak Rini dan Kak Baim ketika mengikuti kelas marathon dari Growthing. Pertama kali yang dibahas adalah bagaimana cara menaikkan pageview atau traffic sebuah blog.

Kenapa harus PV yang dibahas pertama kali? Ternyata masih banyak blogger yang mengabaikan jumlah pageview atau traffic blog. Blogger newbie lebih fokus hanya sekedar menulis, sedangkan blogger pro lebih pada DA/DR.

Bagi blogger newbie, jangan terpaku hanya sekedar menulis tapi menulislah konten yang berkualitas dan dapat dirasakan manfaatnya oleh banyak orang. Jadi kalau hanya sekedar menulis dan tak ada manfaat yang dirasakan oleh orang lain, jangan harap bisa jadi blogger ya pro ya!

Apa sih itu pageview? 

Pageview adalah jumlah halaman yang dilihat ketika ada seseorang yang mengunjungi sebuah blog. Semakin tinggi jumlah pageview maka blog tersebut semakin bagus dari segi kualitas blog maupun konten.

Jadi sudah paham kan apa itu pageview? Tapi perlu juga si tau istilah lain yang juga berhubungan dengan pageview. Apa aja si?

  1. User/visitor adalah orang yang berkunjung ke blog kita.
  2. Unique Visitor/UV adalah pengunjung yang mengunjungi blog ditentukan oleh IP address, browser, dan cookies yang tersimpan di setiap browser.
  3. Bounce rate adalah persentase dari pengunjung yang meninggalkan sebuah halaman blog tanpa melakukan tindakan lain. Pernah kan mencari informasi di suatu blog, lalu pergi begitu saja? 

Lalu apa perlunya pageview tinggi?

1. Angin segar bagi pejuang adsense

PV yang tinggi akan mendatangkan uang bagi penjuang adsense. Siapa si yang tidak mau cepat mendapatkan uang? Maka diperlukan PV yang tinggi agar cepat mendapat uang dari adsense.

2.  Meningkatkan conversion rate

PV tinggi dapat meningkatkan conversion rate. Bagi yang berjualan diblog atau menginginkan pengunjung mengklik sesuatu yang ada di blognya diperlukan PV yang tinggi. Dengan PV tinggi maka akan tinggi pula kemungkinan orang yang membeli apa yang kita jual ataupun mengklik apa yang kita inginkan.

3. Tanda blog dan konten berkualitas

Tingginya PV menandakan blog dan konten berkualitas. Jika blog dan konten berkualitas maka pengunjung akan betah berada di blog kita dan akan kembali berkunjung. Pengunjung tersebut mungkin akan merekomendasikan blog kita ke orang terdekat yang membutuhkan. 

4. Meningkatkan rate card

Siapa si yang nggak mau rate card tinggi? Kalau PV tinggi maka kita tak akan segan untuk memasang rate card yang tinggi. Tapi kalau PV rendah, yakin ada yang mau terima rate card tinggi?

5. Memperbesar peluang kerjasama

Setiap blogger pasti ingin mendapatkan tawaran kerjasama, bukan melulu kita yang mencari. Salah satu alasan seorang blogger mendapat tawaran kerjasama adalah ketika blog yang dimiliki memiliki PV tinggi. Agency ataupun advertiser memasukkan indikator adanya kestabilan PV atau bahkan kenaikan PV ketika mengajak kerjasama dengan blogger. Jadi minimal stabil dulu baru naik, jangan naik terus dan tiba-tiba naik lalu terjun bebas.

Apa si Rahasia Menaikkan Pageview atau Traffic?

Ternyata menaikkan pageview atau traffic ada tip dan triknya lho.. Yuk kita cek apa aja si yang harus dilakukan untuk menaikkan pageview.

1. Riset Keyword

Salah satu cara menaikkan PV adalah dengan riset keyword. Kenapa si harus riset keyword? Ya, kalau mau artikel kita dikunjungi oleh banyak orang maka tulis artikel yang banyak dicari orang.

Tools untuk riset keyword

Ada beberapa blogger yang menggunakan intuisi atau feeling dan tepat dengan apa yang dicari orang. Tapi jika masih bingung coba beberapa tools ini:

  • Google Keyword Planner
  • Keywordtool.io + Google Keyword Planner
  • Keywordfinder.io
  • Neil Patel
Dengan tools tersebut kita bisa mengecek apakah keyword yang kita masukan memiliki volum 100-1000 per bulan. Volum tersebut menandakan kemungkinan keyword tersebut dicari orang dalam satu bulan. Semakin tinggi volum maka persaingan semakin tinggi tapi jumlah artikel yang perlu kita tulis hanya sedikit. Jika volum 1000 maka artikel yang ditulis bisa hanya 3. Tapi jika 100 maka kita perlu menulis hingga 30 artikel. Jadi tinggal pilih saja mau yang mana.

2. Artikel SEO dan Human Friendly

Menulislah artikel sesuai SEO agar mudah muncul dipencarian google, tapi tetap human friendly. Kenapa? Ya, siapa si yang tertarik membaca tulisan seolah bahasa robot?

Cara menulis artikel di blog sesuai SEO

Lalu apa aja si kaidah artikel sesuai SEO? Yuk, kita cek!
  • Pilih bahasa yang paling nyaman, termasuk pemilihan akan menggunakan aku, saya, atau bahkan gua. Yang pasti harus konsisten ya.
  • Pilih keyword yang tepat.
  • Judul berisi keyword.
  • Url sebaiknya maksimal 75 karakter dimulai dari "h" di https dan tidak terpotong. Jadi sebaiknya buatlah permalink khusus, bukan permalink yang otomatis ya.
  • Jumlah kata juga perlu diperhatikan, sebaiknya artikel terdiri dari kata diatas 500-600.
  • Penempatan keyword harus tepat, minimal ada di judul, paragraf pembuka, dan paragraf penutup.
  • Jumlah keyword yang muncul diartikel juga perlu diperhatikan.
  • Berikan heading dan subheading pada artikel agar tidak melulu paragraf.
  • Masukan link internal dan eksternal pada artikel yang ditulis, dengan perbandingan 1:3. Ketika memasukkan 1 link eksternal, maka masukkan 3 link internal. Tapi perlu diingat, link tersebut harus sesuai dengan artikel yang kita tulis.
  • Optimasi gambar dengan memasukkan tittle dan alt image yang sesuai dengan artikel atau keyword. Jangan lupa ubah nama gambar juga ya, agar dapat muncul dipencarian google. 
  • Isi meta deskripsi dengan memasukkan keyword.

3. Link Building

Link bulding merupakan cara agar website tertentu menambahkan link, sehingga pengujung website tersebut dapat menuju website kita. Dengan link buliding tersebut maka google akan lebih percaya, apalagi jika website yang menambahkan link kita banyak. 

Kan aku masih blogger newbie, siapa yang mau kasih link bulding? Tenang aja, kan bisa bikin kerjasama dengan sesama blogger untuk melakukannya. Jadi carilah blogger yang juga newbie atau blogger yang ada dikomunitas. Sering-sering aja ya silaturahmi antar blogger. 😊

4. Artikel Viral

Siapa si yang gak akan mencari sesuatu yang sedang viral di google? Atau tiba-tiba muncul artikel viral yang direkomendasikan google? Maka menulis artikel yang sedang viral adalah salah satu cara cepat menaikkan PV. Tapi sesuatu yang viral tidak akan bertahan lama. Maka perlu selalu update artikel yang sedang viral tersebut, agar PV blog kita stabil. Nggak mau kan setelah PV blog naik lalu setelahnya terjun bebas?

5. Blogwalking

Ketika bergabung disuatu komunitas pasti sering kan mendengar istilah blogwalking

Blogwalking adalah kegiatan saling share link artikel lalu mengunjungi dan meninggalkan komentar. Dengan sering melakukan blogwalking pastinya akan menaikkan PV blog. Tapi perlu diingat ya kalau blogwalking itu ada adabnya. Wah, apa aja si?

  • Ketika blogwalking lakukan minimal 3 menit di halaman tersebut.
  • Jika tidak tertarik dengan artikelnya, jangan langsung close. Coba buka artikel lain yang mungkin menarik.
  • Tidak meninggalkan link aktif di komentar.
  • Tidak meninggalkan komentar umum atau membosankan ketika dibaca oleh pemilik blog, seperti "terima kasih atas informasinya."
Jadi, jangan asal blogwalking ya? Bisa jadi tidak hanya menaikkan PV tapi menaikkan juga bounce rate blog.

6. Desain Manarik dan Navigasi Jelas

Buatlah blog dengan desain menarik. Layaknya sebuah rumah, pasti akan membuat pemiliknya betah dan juga memanjakan mata tamu yang berkunjung. Bakal betah deh liat-liat blognya dan pasti bisa jadi inspirasi blogger lain.

Desain menarik tapi bikin orang tersesat, duh gak banget ya? Jadi perlu navigasi yang jelas agar pengunjung dapat dengan mudah mencari apa saja yang ada di blog kita.

7. Optimasi Pagespeed

Desain menarik udah nih, tapi pagespeed lambat. Duh bisa bikin pengunjung blog mundur pelan-pelan. Udah keburu malas duluan. Nungguin akses blog aja lama, apalagi mau cari yang lain. Jadi pastikan pagespeed cepat ya. Jangan sampai gara-gara pagespeed, jadi banyak yang batal berkunjung dan pindah ke lain blog.

8. Kulik Google Console

Kulik google console untuk membandingkan artikel bulan sekarang dan bulan lalu. Cek berapa kali artikel kita tayang di google dan berapa yang diklik. 

Cari penyebab kenapa direkomendasi google tapi kliknya sedikit? Bisa jadi judul kurang menarik, bolehlah klikbaik asal masih sesuai konten dan keyword. Atau bisa juga ditambah simbol seperti centang dan tanda plus, selama bukan simbol yang aneh-aneh.

Lalu jika mengalami penurunan maka cari sebabnya, apakah terdapat saingan? Lalu optimasi artikel tersebut agar tidak kalah saing.

9. Kulik Google Analytics

Manfaatkan tools gratis dari google yang bisa memantau pergerakan traffic blog. Dengan google analytic dapat mengetahui sumber traffic, audience, dan evaluasi konten.

Google analytic dapat mengetahui traffic secara live, siapa user yang online di blog kita dan sedang membuka apa. Bahkan mengetahui asal kota, masuk lewat mana, dan kenapa tertarik berkunjung ke blog kita. Dengan mengetahui sumber traffic atau cara orang masuk lewat mana kita bisa optimasi. Apakah melalui sosmed, google, atau lainya?

Dengan google analytics kita bisa cek artikel dengan PV tinggi, maka manfaatkan dengan membuat artikel sejenis atau relate. Sehingga bisa menambah artikel dengan PV tinggi. 

Dalam menulis artikel baru perlu juga memahami audience agar blog sesuai dan tidak kehilangan audience yang loyal. Cek terlebih dahulu umur, jenis kelamin, lokasi, dan ketertarikan sehingga konten yang kita buat sesuai audience dan bahasa pun bisa disesuaikan.

Hal terakhir yang perlu dicek dalam google analytics adalah kebiasaan pengunjung blog, seperti jam keaktifan. Jam keaktifan tersebut bisa menjadi patokan waktu kita untuk posting ataupun maintance. Sehingga ketika mereka berkunjung akan senang karena ada artikel baru. Dan juga tidak kesal karena blog tidak bisa diakses waktu maintance. Jika hal tersebut terjadi bisa membuat orang malas berkunjung.

Jadi gimana? Mau mulai fokus menaikkan pageview? Mulai darimana dulu ya? Eits, buat blogger newbie sepertiku yang utama perbaiki kualitas konten dulu aja deh. Jangan langsung mikirin gimana caranya pageview nanti pusing. Tapi kalau kuat ngejalanin dua hal tersebut juga boleh. Walaupun mengejar pageview tinggi, tetap memperhatikan kualitas konten ya!
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

24 komentar

  1. Karena konten yang berkualitas akan membuat pembaca tertarik untuk bacaπŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, semangat untuk membuat konten yang berkualitas!

      Hapus
  2. Bahasanya enak buat dibaca kak. Jadi meskipun aku kemarin gak ikutan webinar, tetap ikut paham setelah baca ini. Makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kak kalau paham, soalnya masih belajar buat nulis tanpa muter-muter dulu hehe

      Hapus
  3. Aku pun newbie, fokus ku sekarang lebih ke Kualitas konten mb.. Kalo nanti pv nya tinggi itu bonus buat aku. Thx sharingnya mbaakku aku jadi tau banyak halπŸ’ž

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, aku juga masih belajar apalagi buat nulis konten berkualitas

      Hapus
  4. Masyaa Allah, terima kasih sudah share tips2nya mba ...

    BalasHapus
  5. Wah Mba artikelnya ketolong banget buat aku yang newbie dalam dunia blog ini,. sekarang lagi belajar buat tulisan yang teratur dulu semoga bisa kayak Mba. makasih ya Mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mba, hayuuk belajar bareng biar konsisten nulis

      Hapus
  6. Wahh sbg babyborn di komunitas blog.. ini bisa bgt jd bekal. Aq baca nya rada rumit.. tp bismillah tetap semangat belajar..
    Jazakillah khair atas sharing nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. waiyyaki mba, walaupun awalnya rumit, insya Allah lama-lama jadi terbiasa mba

      Hapus
  7. Ayo semangat jadi blogger pro mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, semoga bisa jadi blogger pro yang bermanfaat ya

      Hapus
  8. Saya juga karena baru masuk ke dunia blogging ini, jadi semangat untuk meningkatkan kualitas blog..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat untuk menulis konten berkualitas kak!

      Hapus
  9. Infonya lengkap banget buat aku yang masih newbie dan masih belum faham detail-detailnya buat jadi blogger yang profesional. Terimakasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mba, semangat belajar terus ya mba. Biar nanti bisa jadi blogger profesional 😊

      Hapus
  10. Tampilanny bagus, mba, aku blum mulai2 belajar bikin tampiln yg bagus 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mba, untuk bikin tampilan bagus aku pun masih belajar juga mba

      Hapus
  11. Halo kak, salam kenal.

    Perdana mampir kesini dan dapat ilmu yg ciamik abis. Singkat, padat, jelas. Kakak bisa rangkum dengan bahasa yg mudah di mengerti, khususnya buat aku yg baru di Blog. Makasih infonyaaa kak 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga kak, seneng kalau tulisannya bermanfaat bagi orang lain. Semangat untuk ngeblognya kak :)

      Hapus
  12. Menarik sekali informasinya, thank you ya kak, semoga pv aku juga bisa naik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat kak, terus belajar untuk menulis :)

      Hapus

Posting Komentar