Jejak Tulisan Kaki Kecil

Merayakan Hari Blogger Nasional

12 komentar

Hari Blogger Nasional

Selamat hari blogger nasional!

Aku sebagai blogger yang masih newbie tentu baru pertama kali merayakan hari blogger. Bahkan baru mengetahui jika ada perayaan untuk para blogger. Padahal ini sudah perayaan ke-13. Kemana aja si aku selama ini? 🙈🙈🙈

Sejarah Hari Blogger Nasional

Udah pada tau belum tanggal berapa hari blogger nasional? Ya benar, tanggal 27 Oktober. Hari spesial tersebut selalu diperingati ditanggal tersebut. 

Lalu kenapa harus tanggal 27 Oktober si? Emang ada apa di hari itu? Sehingga bisa disebut hari blogger nasional.

Ternyata hari blogger nasional pertama kali dideklarasikan oleh Bapak Mohammad Nuh. Beliau yang menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika kala itu, mengatakan hal tersebut ketika pembukaan pesta blogger pada tahun 2007. Dan para blogger pun setuju untuk menjadikan tanggal 27 Oktober sebagai hari blogger nasional.

Pesta blogger yang awalnya hanya dijadikan ajang kopi darat antar blogger seluruh indonesia, ternyata dijadikan momentum untuk mendeklarasikan hari spesial bagi para blogger. Acara pesta blogger tersebut pun rutin diadakan tiap tahunnya dan berkembang sedemikian rupa untuk menarik para blogger. 

Acara pesta blogger yang awalnya hanya sekedar untuk kumpul-kumpul blogger dari seluruh indonesia, berganti fokus menjadi acara yang mengajak agar para blogger fokus mengelola blog mereka dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Hingga pada tahun 2011, pesta blogger berganti nama menjadi event On Off Indonesia (OnOffID).

Perkembangan Blogger dari Masa ke Masa

Blog yang awalnya digunakan sebagai catatan tentang kisah kehidupan sehari-hari ataupun pengalaman seseorang berubah menjadi banyak fungsi. Mulai dari blog berniche, blog profesional, blog bisnis, hingga muncul blog spam.

Pembagian jenis blog

1. Blog Pribadi

Blog pribadi biasanya merupakan blog yang berisi tentang kisah kehidupan seseorang. Tempat yang digunakan untuk bercerita tanpa berharap ada banyak pengunjungnya. Tapi seiring perkembangan di dunia digital, blog pribadi banyak yang berubah fungsi menjadi blog niche ataupun blog profesional. Selain itu, blog pribadi sekarang pun bukan hanya sekedar menjadi tempat sharing tetapi juga menghasilan pundi-pundi rupiah.

Blog pribadi akhirnya terbagi lagi menjadi tiga jenis, yaitu blog lifestyle, blog niche, dan blog profesional. Blog lifestyle lebih dikenal dengan blog gado-gado, dimana blog tersebut bisa memiliki banyak topik bahasan sesuai dengan yang diinginkan oleh sang pemilik blog. Sedangkan blog niche ataupun profesional biasanya memiliki satu topik bahasan tertentu saja di blognya. 

Walaupun blog niche dan profesional memiliki persamaan dalam penentuan topik dalam blog ternyata mereka tetap memilik perbedaan lho. . Blog niche mencari kata kunci yang banyak dicari oleh orang melalui mesin pencarian, sedangkan blog profesional lebih memfokuskan untuk menulis satu topik yang dikuasai dan membagikan tulisannya di media sosial untuk menarik pengunjung blog. Jadi fokus mereka untuk mencari sumber pengunjung biasanya berbeda.

2. Blog Bisnis

Blog bisnis biasa digunakan oleh perusahaan ataupun toko online untuk memperkenalkan produk dan menjual produk tersebut. Untuk menarik pengunjung ataupun calon customer, blog bisnis sekarang berkembang sedemikian rupa. Dari mulai memberikan tips terkait hal yang banyak dicari lalu berujung menawarkan produknya diakhir tips tersebut.

3. Blog Citizen

Pernah melihat blog yang terdapat banyak penulis di dalamnya dan juga banyak topik bahasan? Blog citizen biasanya disediakan oleh sebuah media yang sudah dikenal banyak orang. Nantinya setiap orang yang ingin berkontribusi untuk menulis artikel di dalamnya, hanya cukup membuat akun. Setelah membuat akun, maka kita dapat menulis apapun yang ingin kita tulis. Sehingga blog tersebut cukup memiliki banyak topik bahasan dan juga banyak penulis.

4. Blog Spam

Ternyata ada juga lho blog yang termasuk spam. Blog yang tidak memperhatikan kualitas tapi kuantitas kunjungan saja. Biasanya dilakukan dengan mencuri tulisan orang lain tanpa mencantumkan sumbernya. Jatuhnya jadi plagiasi ya? Membuat orang yang menulis jadi kesal karena tulisannya dicuri begitu saja. Jangan sampai ya, blog kita termasuk blog spam.

Cara Merayakan Hari Blogger

Ada berbagai cara dilakukan untuk merayakan hari perayaan para blogger yang dapat dilakukan.

1. Ajakan Menulis Serentak

Salah satu cara merayakan hari spesial para blogger adalah melakukan ajakan nulis serentak pada tanggal 27 Oktober. Ajakan menulis tersebut pun dilakukan dengan memberikan satu tema tertentu atau sekedar menulis apapun di blog yang nantinya diposting pada tanggal 27 Oktober. Bahkan terkadang ada sebuah komunitas yang menjadikan ajakan menulis serentak tersebut sebagai lomba menulis di hari blogger nasional.

2. Kopdar

Kopdar atau kopi darat mungkin salah satu hal yang dapat dilakukan untuk merayakan hari spesial para blogger. Hari blogger pun lahir karena adanya acara tersebut. Dengan bertemu dan menjadi silaturahmi dengan para blogger maka dapat menjadikan blogger-blogger yang lebih berkualitas dari segi tampilan blog maupun konten.

3. Kelas Marathon Online

Ditengah pandemi seperti ini, kelas marathon online merupakan salah satu pilihan untuk merayakan hari spesial para blogger, seperti kelas yang diadakan oleh Growthing. Dengan kelas tersebut para blogger tidak kehilangan waktu berkumpul ataupun sharing ilmu. Walaupun dilakukan secara online, setidaknya para blogger bisa saling bertegur sapa lewat suara, chat, ataupun video sekaligus mendapatkan ilmu yang dapat meningkatkan kualitas blog.

Walaupun blogger terlihat sudah ketinggalan jaman, ternyata masih banyak yang semangat ngeblog bahkan ketika kita masuk dalam dunia para blogger. Jadi apa nih yang udah dilakukan untuk merayakan hari spesial para blogger?

Kalau aku si merayakan hari tersebut dengan mengikuti ajakan menulis Mba Marita dan ikut kelas marathon online dari Growthing. Yuk, semangat untuk ngeblog!

Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

12 komentar

  1. Semangat ngeblognya mbaaa... Semoga ilmu dari webinar growthing bisa kita maksimalkan yaass

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat juga bun..
      Iya bun, masih mencoba memahami ilmu dari webinar growthing

      Hapus
  2. Aku iri isi artikelnya bisa bagus TT
    Maju terus pantang mundur mbaakk, moga kita lulus semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, belajar bareng nulis diblog sampai lulus ya mba

      Hapus
  3. Aku bary tau kalau ada blog spam mba. Moga-moga blog kita ga jadi kayak gitu ya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, semoga blognya gak terdeteksi spam sama google

      Hapus
  4. Informatif banget kak Zakia. mudah-mudahan suatu saat kita bisa merayakan hari blogger kaya poin nomor dua... Kopdar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak, pengen ngerasain kumpu-kumpul offline

      Hapus
  5. Insightful banget mbak tulisannya. Aku baru tau juga nih tentang blog citizen dan blog spam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih banyak hal baru istilah di dunia blogger yang bikin kaget ya mba

      Hapus
  6. Oh blog citizen...
    Kmren aku Nemu blog teman2, tp gtau punya siapa, disana ada nama2 penulis bnyaaak bgt, nah aku bingung Kon bnyak nama penulis? Oh ternyata jwabannya disini. Itu blog citizen namanya wkwk
    Makasih ka infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, jadi gak perlu kelola blog, tinggal setor tulisan aja nanti

      Hapus

Posting Komentar