Jejak Tulisan Kaki Kecil

Menyambut Tahun Baru 2021 dengan Semangat & Harapan Baru

6 komentar
Tahun baru 2021
Tahun baru 2021 telah tiba. Waktunya untuk menata kembali semua semangat dan harapan yang baru. Menutup tahun 2020 sebagai lembaran berharga dan pembelajaran di hari esok. Walaupun masih hidup ditengah-tengah pandemi yang entah kapan berakhirnya. Tetapi tak boleh membiarkan semangat tahun baru itu padam.

Semangat Tahun Baru 2021

Tahun baru artinya semangat baru. Memaknai tahun baru dengan menata kembali semangat untuk mewujudkan harapan yang baru. Walaupun rasanya seperti hanya berganti hari tanpa adanya euforia tahun baru yang berarti.

Tahun baru yang terkesan sepi ini, masih meninggalkan jejak-jejak semangat orang-orang. Melalui postingan media sosial aku bisa merasakan semangat yang muncul. Semangat untuk menyambut tahun baru dengan lembaran yang baru. 
Barbeque
Perayaan tahun baru yang mungkin minim, masih dilakukan oleh orang-orang walaupun hanya di rumah saja. Berkumpul dengan keluarga atau sekedar barbeque party di rumah. Rasanya tak mengurangi meriahnya tahun baru seperti tahun-tahun biasanya.

Mewujudkan Harapan Baru 

Setiap tahun baru menandakan ada harapan baru yang akan lahir. Tetapi harapan baru tersebut hanya berujung pada angan jika tak diwujudkan. Sehingga perlu daya upaya untuk mewujudkannya.

1. Rencana yang Dilakukan

Ketika menginginkan sebuah harapan baru, maka harus ada rencana yang akan dilakukan. Rencana dikenal sebagai setengah dari keberhasilan, maka tinggal setengah jalan lagi mewujudkan harapan baru itu. Dan dengan rencana maka akan meminimalisir kegagalan yang mungkin akan dicapai.
Rencana
Walaupun terkadang rencana tak harus dituliskan secara detail tetapi pasti ada hal yang ingin dilakukan. Hal tersebut yang nantinya akan membantu mewujudkan sebuah harapan. Jadi tak bisa harapan terwujud begitu saja tanpa ada rencana dan tindakan yang dilakukan. Jika pun ada mungkin hanya dalam cerita dongen dan dunia mimpi saja.

2. Lingkungan yang Mendukung

Siapa si yang tak bahagia jika didukung untuk mewujudkan harapannya? Sehingga dalam proses mewujudkannya kita memerlukan lingkungan yang mendukung kita. Lingkungan yang memberikan semangat untuk terus menyalakan api harapan hingga dapat mencapainya. Bukan malah lingkungan yang memadamkan apinya begitu saja. Meminta berhenti bahkan sebelum mencoba.

Jika berharap menjadi blogger yang profesional maka carilah lingkungan yang berisi para blogger. Tempat dimana saling mendukung dan berbagi cerita pengalaman. Sehingga kita bisa belajar dan mewujudkan harapan tersebut. Jadi mencari lingkungan yang mendukung itu sangatlah penting.

3. Ilmu yang Diperlukan

Rencana tanpa ilmu menurutku bisa membuat kita akan kehilangan arah. Walaupun terkadang ada yang berhasil, mendapatkan ilmu ditengah proses mewujudkan harapan tersebut. Tetapi waktu yang dibutuhkan pun bisa lebih lama karena proses itu. Jadi penting mempersiapkan ilmu yang diperlukan untuk mewujudkan sebuah harapan.
Membaca
Ilmu tak melulu diperoleh dari sekolah formal untuk mencapai harapan itu. Bisa diperoleh dari mana saja dan siapa saja. Selama kita mau terus belajar dan mencari. Haus akan pengetahuan yang bisa memudahkan kita mewujudkan sebuah harapan.

Apalagi ditengah pandemi ditambah dengan dunia digital yang semakin maju. Semakin mudah kita mendapatkan ilmu yang diinginkan. Maka tak ada alasan untuk tak mencari ilmu yang bisa membantu dalam mewujudkan sebuah harapan. Jika muncul alasan tersebut, mungkin akibat rasa malas yang lebih dominan.

4. Belajar dari Masa Lalu

Sering kali orang lupa, masa lalu bisa jadi pelajaran yang berharga untuk mewujudkan sebuah harapan. Ketika kegagalan diartikan sebagai sebuah pembelajaran, maka akan lebih mudah menghindari kesalahan yang sama. Tetapi jika kegagalan dianggap angin lalu dan tak dijadikan pelajaran, akan sangat mungkin jatuh di lubang yang sama.

Tak harus belajar dari kegagalan diri sendiri tetapi bisa dari orang lain. Selama kita mau belajar dari proses yang dilakukan dari keberhasilan orang lain, maka kita bisa mengikutinya. Masa lalu mereka yang mungkin mengalami jatuh bangun yang kita lihat. Bukan posisi mereka yang sudah berhasil berada di zona nyaman. Akan membuat kita bisa menghindari kesalahan-kesalahan yang mungkin bisa terjadi dalam mewujudkan sebuah harapan.

5. Berani Mencoba

Jika berharap saja takut apalagi mencoba? Walaupun harapan kita terkesan sangat sulit untuk memperolehnya, tetapi apa salahnya mencoba? Takut gagal? Ya wajar saja tetapi jika ada persiapan matang dan bekal imu, gagal itu hanya sekian persen saja kemungkinannya. 

Jangan sampai menyesal ketika tak mencoba sesuatu untuk mewujudkan sebuah harapan. Padahal mencobanya gratis tidak berbayar, kenapa harus terlalu dipikirkan? Apalagi jika kita memiliki kemungkinan berhasil yang cukup besar. 

6. Berdoa

Sebagai seorang hamba dari Sang Pencipta, tentunya tak lupa untuk selalu berdoa. Meminta petunjuk agar dimudahkan dalam proses mewujudkan sebuah harapan. Jika pun gagal maka berdoa agar bisa menjadi orang yang lebih kuat dari sebelumnya. Sehingga bisa bertahan dan kembali mencoba untuk mewujudkan sebuah harapan yang diinginkan.
Berdoa
Walaupun tak semua harapan yang kita inginkan dapat terwujud. Satu hal penting yang perlu diingat, manusia hanya bisa berusaha dan berdoa, Allah yang menentukan hasil. Jika memang bukan yang terbaik akan banyak harapan-harapan lain yang terwujud. Satu harapan padam, maka akan lahir harapan-harapan lain yang terbaik untuk kita.

Jadi apa harapanmu di tahun baru 2021? Apakah ada yang sama dengan tahun sebelumnya? Lalu hal apa yang kamu lakukan untuk mewujudkannya? Semoga harapan kita di tahun ini bisa lebih banyak yang terwujud. 

Selamat merayakan tahun baru dengan semangat dan harapan baru ya!
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

6 komentar

  1. Semangat tahun baru juga :D

    BalasHapus
  2. Berani mencoba salah satu kunci keberhasilan. Itu yang nggak semua orang ambil keputusan. Kayak aku yang sukanya ragu². Semangat tahun baru 2021.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ragu-ragu tandanya masih penuh pertimbangan kok kak, nggak ada salahnya biar nggak salah langkah nantinya :)

      Hapus
  3. Yang pastinya saya berharap 2021 ini bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan yah benar nih manusia memang cuma bisa berdoa, berusaha dan selebihnya harus tawakal karena Allaah yang tentukan hasilnya.

    Semangat 2021^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa jadi pribadi yang lebih baik lagi kak, aamiin :)

      Hapus

Posting Komentar