Jejak Tulisan Kaki Kecil

Blogspedia Coaching Batch 1, Tongkrongan si Blogger Cupu

19 komentar
Blogspedia Coaching Batch 1
Blogspedia Coaching Batch 1 adalah salah tempat untukku menghabiskan tahun 2020. Belajar lebih banyak tentang dunia blogging. Rasanya bersyukur bisa dipertemukan dalam lingkungan dimana aku bisa belajar hal baru dan tentunya teman baru.

Aku si Blogger Cupu

Aku ini blogger cupu, apa si yang aku tau tentang dunia blogging? Bahkan SEO yang mungkin makanan wajib bagi para blogger pun aku tak paham. Yang aku tau hanya menulis dan menulis sesuai dengan apa keinginanku. 

Blog untuku hanya sekedar ruang singgah ketika ingin bercerita. Kadang terisi penuh oleh tulisan-tulisan, kadang kosong begitu saja. Bahkan jejak komentar pengunjung pun hanya dianggap angin lalu, tanpa aku respon dengan hangat. Rasanya aku ini tuan rumah yang tak sopan dengan para tamunya.

Jadi sangat pantaslah aku disebuh blogger cupu. Bahkan disebut sebagai blogger pun rasanya belum layak. Menulis yang hanya sesuai dengan mood. Tanpa memiliki ilmu tentang dunia blogging. Mungkin menjadi bahan candaan para blogger lain, "blogger macam apa kamu?".

Blogspedia Coaching Batch 1

Si blogger cupu yang entah mengapa kehilangan semangat menulisnya itu, tiba-tiba menemukan sebuah pesan di grup blogger bengkel diri. Sebuah kelas blogging yang mungkin bisa menjadi tempatku belajar. Agar setidaknya lebih layak disebut blogger, walauapn tetap menjadi si blogger cupu.

Coach Marita

Coach Marita, begitu kami memanggil Mba Marita Ningtyas. Seorang blogger yang tinggal di kota Semarang. Tempatku dulu berkuliah. Dialah seorang blogger yang mau memberikan ilmu secara gratis kepada kami. Bentuk syukuran telah lulus dari kelas Growthing katanya.
Marita Ningtyas
Beruntunglah kami, mendapatkan ilmu langsung dari Coach Marita terkait dunia blogging. Tentu dari pengalamannya jatuh bangun hingga akhirnya bisa dikenal banyak orang. Kami pun berharap bisa belajar banyak dan nantinya bisa menjadi blogger yang baik seperti Coach Marita.

Walaupun sibuk dengan kehidupannya sebagai seorang istri dan ibu dari dua orang anak, Coach Marita masih mau meluangkan waktu untuk kami. Dari mulai pertanyaan yang mungkin sepele hingga pertanyaan yang terus diulang di grup. Insya Allah, lelahnya membimbing kami akan dibalas langsung oleh Allah.

Transfer Ilmu

Kelas gratisan bukan berarti tak berkualitas. Tak main-main dalam menyiapkan senjata dalam menempa kami untuk menjadi seorang blogger. Ilmu yang diberikan pun cukup padat dan tidak pelit. Emang apa saja si?

1. Belajar adab

Ilmu pertama yang diberikan tentunya adab. Sebelum menuntut ilmu baiknya kita belajar adab dulu. Begitu pula ketika akan menjadi blogger, harus mengetahui adabnya terlebih dahulu. Sehingga ketika nantinya sudah dikenal sebagai blogger, jika akan menjadi blogger yang beradab.

2. Mengenal Niche dan Istilah Blogging

Ternyata cukup penting mengenal niche dan istilah di dunia blogging sebelum terjun di dalamnya. Aku yang cukup lama terjebak di dunia blogging saja masih asing dengan beberapa istilah. Apalagi niche blogku yang dulu tidak jelas, walaupun saat ini juga tetap memilih niche blog gado-gado dibanding khusus. 

3. Membuat Blog

Karena kelas ini terbuka bagi yang belum memiliki blog, maka ada materi tentang membuat blog. Atauapun peserta yang sebelumnya menggunakan wordpress harus mau berpindah ke blogspot. Untuk yang sudah memilikinya maka tinggal melanjutkan saja.

4. Mengenal Blogspot dan Fiturnya

Menggunakan blogspot maka mengenalnya dan fitur yang ada di dalamnya. Tak lucu jika memiliki blogspot tetapi masih kebingungan arah. Maka Coach Marita mengenalkan kita agar nantinya bisa menjelajah secara mandiri dan tidak tersesat.
Dashboard blog

5. Story Telling dan Copy Writing

Story Telling dan Copy Writing serupa tapi tak sama. Eh gimana? Terlihat mirip tetapi ternyata tetap beda. Sebuah hal yang mungkin harus diketahui seorang blogger, apalagi yang hobi review sesuatu. Atau blogger yang juga jualan online macam aku. Butuh nih menyelipkan promo-promo terselubung di dalam tulisannya.

6. Menulis Artikel

Materi utama menurutku ya ini, menulis artikel agar gak melulu isi blognya curhatan tidak jelas. Apalagi tulisan alay macam yang aku posting dahulu. Memalukan ternyata. Ilmu menulis artikel yang diberikan oleh coach Marita pun bukan sembarang artikel biasa, tetapi memiliki tema setiap minggunya. Mulai dari menulis artikel ulasan produk, artikel tempat wisata, artikel tips, artikel kuliner, artikel review buku hingga artikel ulasan event. Sehingga kita bisa belajar menulis banyak niche.

7. Teknik Menulis SEO sederhana

Siapa si yang tak senang jika blognya muncul di halaman pertama pencarian google? Ternyata bisa lho jika kita mengenal SEO. SEO atau earch engine optimization akan membantu artikel kita lebih dikenal oleh google. Sehingga materi ini cukup penting dan gampang-gampang susah untuk diterapkan setiap kali menulis.

8. Permak Tampilan Blog

Menjadikan tampilan blog menjadi cantik, materi yang sangat ditunggu-tunggu oleh kebanyakan peserta. Apalagi peserta yang baru memiliki blog. Tetapi ada satu hal yang cukup menggelitik batin. Tampilan blog jangan hanya cantik tetapi juga harus cepat loadingnya dan ramah seo. 
Tampilan blog

9. Custom Domain

Mengganti domain blogspot menjadi domain custom, mungkin tak pernah terpikirkan untukku sebelumnya. Mengikuti kelas ini memaksaku untuk mau berubah, buka jadi ranger lho. Tetapi menjadi blogger yang terlihat lebih profesional walaupun aslinya masih cupu juga.

10. Personal Branding

Menjadi blogger ternyata perlu personal branding. Coach Marita pun mengajarkan bagaimana cara-cara membranding diri sebagai blogger agar dikenal orang. Mulai dari sering share di sosmed, ikut komunitas, sering blogwalking, dan cara-cara lainnya.

11. Content Plan

Sering beralasan mengalami writer block hingga vakum menulis berbulan-bulan? Aku pun mengalaminya sebelum mengikuti blogspedia ini. Ternyata penting membuat content plan agar tak mengalaminya. Jika memang tak menulis lama, itu artinya rasa malas yang memang. Bukan akibat writer block.

12. Job untuk Blogger

Cuan mungkin jangan dijadikan tujuan utama ketika menjadi blogger cupu. Tetapi bonus jika memang bisa mendapatkannya. Setidaknya kita tau darimana si sumber penghasilan blogger dan cara menetapkan harga untuk kita. 

13. Canva

Selain blogger cupu, aku ini si desainer cupu juga. Duh buta deh kalau dunia tentang begini. Sehingga canva menjadi jalan ninja yang diajarkan oleh coach Marita. Membantuku si blogger cupu membuat tampilan di blog menarik dengan gambar di dalamnya.
Canva

Tendangan Marmar

Bukan uang yang harus diberikan kepada coach Marita tapi komitmen kuat untuk mengikuti kelasnya. Jika tidak maka akan terkena tendangan marmar yang ditakuti oleh para peserta grup. Tak boleh baper jika terkena tendangan marmar karena itu perjanjian sejak awal. Mau mengikuti kelas dan sanggup menjalankan tugas yang diberikan.

Awal pertemuan cukup mudah bagiku menjalani kerasnya tempaan. Memasukin masa menulis artikel minimal 800 kata dan 3 gambar, ditambah sesuai dengan kaidah SEO, cukup membuat kepala menjadi panas. Hingga diakhir kelas, yaitu saat ini harus menjalani ujian ODOP agar bisa lulus Blogspedia dan menjalani perayaan.

Doakan aku semoga bisa lulus dengan gelar blogger Blogspedia Coaching Batch 1 ya! Untuk kalian yang merasa menjadi blogger cupu atau baru tertarik menjadi blogger, mungkin bisa menjadi murid coach Marita. Semangat menempa diri sebagai blogger dan terhindar dari tendangan marmar yang sakti!
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

19 komentar

  1. Wah. Pingin ikutan coaching juga. Tp ODOP bukan hal yg mudah... jadi takut hehe

    BalasHapus
  2. Hmm...kalau melihat tampilan blog & kontennya, kayanya kalau dibilang blogger cupu kok ndak juga ya. I think you have done great work here.

    Tetep semangat ya menjalani ODOP-nya.

    Denger2, bikin editorial list itu helpful biar nggak mati gaya saat melakoni ODOP. You know, sejenis males berkedok writer's block 😁

    Keep up the good work ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kak, tapi jujur aku merasa cupu si karena harus belajar banyak sama blogger senior. Apalah aku yang baru kenal dunia blogging seujung kuku.

      Hapus
  3. Balasan
    1. Ikut kelas desain aja, aku nggak terlalu mahir hehe

      Hapus
  4. Alhamdulillah ya ka, bnyak manfaat dari kelas ka Marita ini, yang bahkan tidak memungut biaya sepeserpun, benar.. hanya butuh keseriusan dari kitanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya alhamdulillah bisa langsung belajar sama Mba Marita :)

      Hapus
  5. Waw keren deh menulis 800 kata dalam satu kali postingan Sehari itu ga gampaaang mbak... Salut, aku pengen juga ikutan kelasnya. Kalau ada lagi info yak, please..sebagai gantinya kudoakan lulus batch 1 mbak Zakia hahaa #eh sepadan ga ya wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya cukup susah mba kalau nggak banyak cari referensi hehe
      Katanya nanti buka sekitar bulan maret, kepoin aja blogspedia :)

      Hapus
  6. Blog nya bagus dan content ya dah keren gini kok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih bun :)
      Aku masih harus banyak belajar terus biar lebih bagus lagi kontennya

      Hapus
  7. Bersyukur sekali kita bisa mengikuti kelas perdana coach Marita ini, dan alhamdulillah kita bisa sampai titik ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya alhamdulillah pak yonal, padahal dulu buat lolos jadi peserta aja udah pesimis hehe

      Hapus
  8. Wah aku juga blogger cupu, apalagi aku masih newbie banget di blogger. Pengen ikut blogspedia coaching, share link pendaftarannya dong mba ...

    BalasHapus
  9. Haloo mbak, kalo mau ikutan pelatihannya gimana caranya yak 😅

    BalasHapus
  10. Paket komplit ya mba di blogspedia ini, aku pun masih cupu bgt nih mba, makanya ga mau disebut blogger, hanya punya blog 😂😂

    BalasHapus
  11. kerenn mba, ku jg mau ikt ah kalau ada btach 2. selama ini nulis masi ngaco

    BalasHapus
  12. Senang sekali bisa ikut kelas ini🤩, belajar ilmu blog yang ga aku tau sebelumnya. Selain itu ketemu temen" yang luar biasa semangat nulisnya

    BalasHapus

Posting Komentar