Jejak Tulisan Kaki Kecil

Ketika Sibuk Bermain Canva hingga Membuat Lupa Waktu

28 komentar
Sibuk bermain canva

Pernah nggak si ketika sibuk bermain canva terus jadi lupa waktu? Aku merasa sering begitu. Terkadang jika kita melakukan sesuatu apalagi hal yang cukup menyenangkan pastinya akan lupa dengan waktu. Tak terasa akan menghabiskan waktu berjam-jam tanpa merasa bosan dan terkejut ketika melihat berapa lama waktu yang telah dihabiskan. 

Mengenal Canva

Canva merupakan penolong bagi orang yang awam tentang desain. Awal mengenal canva itu, ketika aku masih kuliah. Melihat temanku bermain canva dan terlihat sangat mengasyikkan. Aku pun tertarik mencobanya, tapi canva menjadi biasa saja ketika aku menggunakannya. Aku juga tak tahu untuk apa desain yang aku buat. Hingga aku tak pernah menggunakannya lagi. 

Beberapa tahun kemudian, ketika ikut kelas online bengkel diri. Memaksaku untuk kembali mengenal canva dan fungsinya untuk mendesain tugas yang akan diunggah di instagram. Seperti bertemu teman lama yang tak begitu dekat, membuatku harus lebih sering berinteraksi dengannya agar bisa memahami dan akrab dengannya. 

Canva

Awal mula memang canggung, tetapi lama kelamaan ternyata mengasyikkan. Seolah membuatku yang payah soal desain ini terlihat mahir. Tak jarang satu dua orang yang chat menanyakan tentang desainku. Bagaimana caranya? Kok bisa terlihat menarik? Pakai aplikasi apa? Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Seperti kata pepatah jangan benci nanti jadi suka. Itu terjadi padaku. Dari yang awalnya menyepelekan canva hingga akhirnya menjadikan canva jalan ninjaku. Pokoknya semua pakai canva deh, mau buat posting instagram hingga postingan blog. Simpel nggak perlu ribet! 😂

Sibuk Bermain Canva Hingga Lupa Waktu

Buat yang masih PDKT sama canva, mungkin perlu berhati-hati. Canva seolah punya cara untuk menghipnotis orang agar menghabiskan waktu yang tak sebentar dengannya. Sehingga kita lupa akan waktu dan tersadar belum mengerjakan hal-hal lain yang mungkin lebih penting. Kok bisa?

Membuat gambar

1. Perlu mencari template yang sesuai

Walaupun tak mendesain dari awal terkadang aku merasa menghabiskan waktu yang lama untuk mencari template yang sesuai. Perlu waktu untuk mencari dan menemukan template yang diinginkan. Apalagi bagi pengguna canva gratisan perlu pintar-pintar mencari desain yang bagus ataupun memodifikasi template canva pro agar bisa menjadi template gratisan. 

2. Bikin salah fokus

Jujur saja, terkadang desain-desain yang cantik di canva membuatku salah fokus. Sehingga melenceng dari tujuan awal dan lebih asik untuk melihat-lihat. Lalu tak sadar menghabiskan waktu lama hanya untuk melihat-lihat tanpa melakukan apapun. 

3. Kata kunci bahasa inggris

Canva yang aku gunakan berbahasa inggris sehingga terkadang agak kesulitan untuk menemukan kata kunci yang sesuai. Terkadang menggunakan bahasa indonesia saja, dari kata kunci itu muncul gambar-gambar yang tidak sesuai, apalagi bahasa inggris. Harus pintar-pintar menemukan kata kunci yang sesuai agar gambar yang dicari pun sesuai dengan keinginan.

4. Jaringan internet

Canva yang merupakan aplikasi desain mengharuskan kita harus selalu terhubungan dengan internet. Jika tidak? Maka kita tidak akan bisa menggunakannya. Kadang kala jaringan internet yang tidak stabil atau lambat juga membuat kita menghabiskan waktu dengan canva. 

Loading yang lama, mengharuskan kita menunggu. Apalagi jika kita sudah hampir menyelesaikannya dan tiba-tiba jaringannya lambat. Sayang aja kalau ditinggal begitu saja, bisa hilang desain yang dibuat. Apalagi jika internet mati seketika dan belum menyimpannya. Duh, harus mengulang lagi dari awal. Dan merasa sia-sia apa yang dilakukan sebelumnya.

Membuat Desain dengan Canva

Ketika akan membuat desain canva perlu melakukan beberapa hal, agar ketika bermain dengan canva tak menghabiskan waktu yang lama.

1. Tentukan tema

Hal pertama ketika akan membuat desain dengan canva, perlu menentukan apa yang diinginkan atau tema yang akan dibuat. Jika tidak, terkadang akan menghabiskan waktu yang cukup lama untuk berpikir dan membuka canva tanpa menghasilkan apa-apa. 

Dalam tulisan ini misalnya, aku ingin menulis tentang bermain canva sebagai tema atau desain yang akan aku buat. 

2. Cari inspirasi

Ketika telah menentukan tema desain seperti apa yang diinginkan, biasanya aku akan mencari inspirasi di freepik. Inspirasi tersebut untuk membantu kita agar memiliki bayangan desain yang akan dibuat. 

Inspirasi desain

Dari tema itu, aku mencari kata kunci terkait. Nggak mungkin kan aku mencari canva? Mungkin tak akan ketemu. Apalagi kata bermain, pastinya akan sangat melenceng dari keinginan. Jadi aku mencari desainer sebagai kata kunci. Nantinya akan banyak desain atau contoh gambar desainer yang bisa aku pilih dan menjadi contoh.

3. List kebutuhan

Inspirasi desain tersebut akan membantu kita untuk melist kebutuhan untuk desain yang akan dibuat. Apa saja elemen-elemen yang perlu dan juga pemilihan warna akan berpengaruh ketika kita menemukan inspirasi desain.

Dari contoh yang aku lihat ada beberapa hal yang akan melekat pada gambar seorang desainer, seperti komputer, kursi, meja, jam, kertas. Tapi tak semua aku gunakan bahkan ada beberapa yang aku tambahkan sendiri, seperti tanaman, lampu, gambar di dinding, dan juga tenda. 

4. Mulai mendesain

Ketika sudah yakin dan memiliki gambaran, waktunya untuk mulai bermain dengan canva. Aku pun mulai mencari gambar-gambar sesuai dengan kebutuhanku. Jika tak menemukan yang sesuai di canva bisa juga mencarinya di freepik. 

Freepik

Jadi apakah sibuk bermain canva akan membuat lupa waktu? Hmm . . tak masalah menghabiskan waktu untuk bermain canva tapi jangan sampai kegiatan yang lebih penting terutama beribadah dilupakan ya!😉
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

28 komentar

  1. Hehehe... Iya bener, bikin lupa waktu...

    BalasHapus
  2. Jangan sampe lupa salat, ya. Hihi ....

    BalasHapus
  3. Bener bangett mba, apalagi kalau terganggu sinyal terus desainnya sdh jadi, rasanya gimanaaa gitu, pernah ngalamin seperti ini yah mba?

    BalasHapus
  4. Aku semalem aja cuma dapat satu gambar hiks..bener2 nih canva

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang kalau loading lama suka gini aku mba :(

      Hapus
  5. Asyik banget, kalau nugas bloslgspedia yang paling lama utak atik canva.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibanding nulis, lebih lama ngutak ngatik di canva ya mba

      Hapus
  6. pasti lupa waktu n bahkan bisa lupa tidur hihi asal jgn lupa sholat ya

    BalasHapus
  7. Ih bagus2 bener deh mbak, emang asik ya kutak kutik canva ternyata

    BalasHapus
  8. Bikin candu ya mbaak... Jadi ketagihan terus jadinya lupa waktu..wkwkwkw

    BalasHapus
  9. Canva memang bikin lupa waktuuuu.... Suka gemes mix n match gambar2 dan warnanya

    BalasHapus
  10. Udah baca 2 kali, lupa komen :)

    Tapi emang bener, setelah tahu cara mainnya, seru banget klak klik sana sini.

    BalasHapus
  11. Diam-diam aku suka utak-atik aplikasi ini saat bengong atau saat tiba-tiba muncul ide untuk edit-edit photo. Suka banget euy, apalagi buat modal promo dagangan online hihi.

    BalasHapus
  12. Semacam main game yang kalau menang akan ketagihan 😆😆😆

    BalasHapus
  13. Fokus banget ya kakk, hebat nih sampe tenggelam d.alam keasyikan editing canva. Keren

    BalasHapus
  14. kemarin aku pun keasyikan bikin desain di canva, sampai cape mata.. kemudian baru inget belum bikin tulisannya 🤣🤣

    BalasHapus
  15. Aku awal nyari ide desain pusing, giliran udah mulai ngedesain di canva bener bener jadi lupa waktu

    BalasHapus
  16. Bikin ilustrasi pake canva emang beneran nagih. Baru kali ini coba bikin gambar lewat canva. Ampe telat tidur malem.

    BalasHapus
  17. sebenernya aku hampir nggak suka desain beginian sih jadi kalau sampai lupa waktu sih nggak kwokwok xD karena emang menguras waktu itu bagian nentuin tema sama cari inspirasi

    BalasHapus
  18. Aku sendiri diam-diam suka utak atik aja, apalagi kalau tiba-tiba muncul ide buat edit-edit photo langsung melumcur canva. nggak ada capeknya kayaknya kalau uprek canva. haha

    BalasHapus
  19. bener-bener jadi lupa waktu deh main canva ada kali aku main sampai 4 jam buat ngedesain sosmednya komunitas

    BalasHapus
  20. Wkwkwkw, setuju nihh..
    Aku gara2 tugas Canva ini dalam 1 malam kelar 3 template masaan.
    Sulit dipercaya, wlpn gambarnya ya alakadarnya sesuai ilmu newbie :D

    BalasHapus
  21. Hihi, emang, keyword di Canva pakek bahasa Inggris.
    Jadi sometimes pas ngeblank kosa kata, jadilah aku minta tolong ki joko google translate dulu buat tau kosa kata yang terlupa mendadak, hihi.

    BalasHapus
  22. Seringnya, bikin desain di canva lebih lama dibanding bikin artikelnya ya mba..

    BalasHapus

Posting Komentar