Jejak Tulisan Kaki Kecil

3 Cara Bangkit dari Kegagalan Agar Tak Takut Mencoba Sesuatu

10 komentar
Pernah merasa gagal? Atau bingung caranya bangkit dari kegagalan? Mungkin perlu membaca artikel ini sampai selesai!

Kegagalan bukan hal tabu

Gagal bukan hal tabu yang perlu dihindari. Ketika gagal cobalah untuk memahami jika hal ini terjadi karena takdir Allah.

Katakanlah (Muhammad), "Tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah bagi kami. Dialah pelindung kami, dan hanya kepada Allah bertawakallah orang-orang yang beriman."
(QS. At-Taubah : 51)

Manusia hanya bisa berencana dan berusaha tapi tetap tidak bisa terhindar dari kegagalan. Pastinya semua orang pernah merasakan yang namanya kegagalan. Yang membedakan hanya orang yang mau belajar dari kegagalan dan bangkit atau orang yang menyerah pada kegagalan tersebut.

Wajar jika memang merasa takut jika gagal. Tapi kebanyakan orang yang bangkit dari kegagalan, akan lebih baik hidupnya. Mereka belajar dari kegagalan yang terjadi. Sehingga bisa berhasil meraih sesuatu.

Kegagalan akan mendewasakan seseorang, sehingga orang yang pernah gagal akan belajar untuk lebih berhati-hati ketika bertindak. Agar tidak terjatuh dilubang yang sama. Jadi jangan berkecil hati ketika mengalami kegagalan. Banyak orang hebat atau berhasil yang dulunya juga mengalami kegagalan.

Lebih Baik Gagal daripada Tidak Mencoba

Kegagalan merupakan sesuatu yang menakutkan bagi sebagian orang. Sehingga orang takut gagal ketika mencoba sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. 

Untukku terkadang lebih baik mencoba sesuatu tapi gagal, dibandingkan hanya takut gagal tapi tak pernah tau hasilnya. Kadang lebih nyesek aja rasanya, penasaran dengan sesuatu tapi gak mencoba karena ketakutan dengan pikiran "kalau gagal gimana?".

Kadang ketakutan gagal tersebut juga akibat kurangnya ilmu tentang sesuatu. Jika penasaran dengan hal baru dan takut gagal, ya cari tau caranya biar nggak gagal. Atau meminimalisir kemungkinan kegagalan tersebut.

Kadang kala, kita takut gagal mencoba sesuatu yang baru karena terpengaruh omongan orang. Ya, mungkin bisa dikurang-kurangin si ya hal-hal seperti ini. Perlu mencoba untuk cuek dengan komentar orang lain. Terkadang orang hanya tau luarnya saja, dan memberikan komentar menurut pendapat mereka tanpa tau keseluruhan hal yang terjadi.

Cara bangkit dari kegagalan

Jika gagal, lalu bagaimana si caranya bangkit dari kegagalan?

1. Merencanakan kegagalan

Loh? Gagal kok direncanakan? Untukku bukan hanya perlu merencanakan keberhasilkan saja, tapi kegagalan juga perlu.

Ketika akan melakukan sesuatu, terkadang kita hanya fokus tentang keberhasilan. Jarang merencanakan tentang kegagalan. Sehingga ketika mengalami kegagalan akan lebih sulit untuk bangkit. Sedangkan jika kita merencanakannya dari awal maka akan mudah mendapatkan solusi-solusi dari kegagalan tersebut.

Entah kenapa terkadang ketika melakukan sesuatu aku senang merencanakan beberapa rencana. Sehingga meminimalisir rasa kecewa ketika nantinya gagal karena telah memiliki rencana lain yang mungkin akan berhasil.

2. Mengambil jeda sejenak

Ketika mengalami kegagalan, sebaiknya mengambil jeda sejenak sebelum mencoba kembali. Jeda tersebut digunakan untuk merenung atau melakukan evaluasi terhadap apa yang telah dilakukan sebelumnya. Mencari apa si yang menjadi penyebab kegagalan, sehingga dapat memperbaikinya dan belajar agar tak mengulangi hal yang sama.

3. Simpan sebagai Cerita

Kegagalan sebagainya disimpan sebagai cerita nantinya ketika kita sudah berhasil. Bukan malah mengumbar kegagalan ketika mengalaminya. Karena orang tak akan menaruh simpati saat kalian gagal. Jadi lebih baik simpan cerita tersebut untuk diceritakan kelak. Agar kegagalan kalian tak diketahui banyak orang dan membuat susah untuk bangkit.

Mungkin memang ada banyak cara untuk bangkit dari kegagalan. Tapi 3 cara tersebut yang biasa aku lakukan ketika merasa gagal. Tapi yang terpenting jangan menyerah begitu saja ketika gagal. Bisa jadi akan berhasil dipercobaan kesekian atau mencari celah lain yang memungkinkan untuk berhasil. Semangat! 😉
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

10 komentar

  1. Point "merencanakan kegagalan" ini memang bener banget. Pun begitu ketika kami memulai bisnis, selalu menyiapkan pos khusus sekian persen dari margin apabila terjadi case yang membuat celah kegagalan. Jadi ketika gagal, perasaan kecewa bisa direduksi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, ini meminimalisir rasa kecewa ketika nantinya gagal. Walaupun pasti berharapnya bisa lancar-lancar aja

      Hapus
  2. Yup. Terkadang point pertama itu seringnya luput dari kita. Ya karena biasanya kita selalu berharap positif dan berharap sukses. Nice tips. Semangat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya um kadang lupa bisa jadi kita gagal dan nggak selalu sukses dalam satu kali percobaan

      Hapus
  3. 3 point yg penting banget mba. Karena kadang kalau udh merasa gagal, jd terbawa suasana.
    Padahal ada banyak cara utk bangkit kembali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba banyak cara untuk bangkit dari kegagalan, biar pas gagal gak terlalu susah untuk bangkit

      Hapus
  4. Betul sekali. Kebanyakan orang tidak berani mencoba hanya karena takut gagal. Padahal tidak ada salahnya untuk mencoba aja dulu, jalani dan nikmati prosesnya, karena semuanya butuh proses. Soal hasilnya, akan berhasil atau tidak, serahkan saja pada Allah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, ini penting banget! Berani coba dulu dan berusaha sebisa mungkin, urusan hasil serahkan pada Allah.

      Hapus
  5. Aku kadang masih sering gitu mbaa, ngga mau nyoba kalau udah tau bakal gagal. Padahal dari kegagalan pun bisa dapat banyak pelajaran, seperti kata mba mendewasakan. Terima kasih sharingnyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, kegagalan salah satu cara agar kita belajar menjadi dewasa dan lebih baik lagi dari sebelumnya

      Hapus

Posting Komentar