jejak tulisan si kaki kecil

Cara Mencari Kata Kunci di Google agar Tembus Page One!

Konten [Tampil]
Cara Mencari Kata Kunci di Google agar Tembus Page One!

Hai, kawan si Kici!

Gimana si cara mencari kata kunci di google? Apalagi beberapa waktu lalu aku sempat menulis tentang cara riset keyword gratis dan ada yang menanyakan bagaimana si cara mencari kata kuncinya. Ternyata melakukan masih ada yang belum memahami bagaimana si memulai bagaiaman riset keyword.

Nah, kali ini aku akan membagikan cara yang aku lakukan untuk melakukan riset keyword. Bagaimana memulainya dan apa si yang harus dilakukan agar kita bisa memilih keyword yang tepat.

Memahami Riset Keyword di Google

Sebagai seorang blogger pastinya kita perlu tau apa si riset keyword di google? Kalau sebelumnya aku menulis ya asal nulis aja tanpa melakukan riset. Namun, semakin mempelajari dunia blogger tenyata riset keyword tuh penting jika kita ingin melakukan optimasi di google. Apalagi bisa menembus halaman pertama, duh siapa si yang nggak pengen?

Menembus halaman pertama sebenarnya tuh nggak susah, selama kita paham caranya. Kalau nggak paham ya pastinya akan susah. Apalagi kalau nggak mau belajar dan mencoba. Karena setiap orang tuh bakal punya rumus masing-masing untuk menembus page one. Nggak bisa seratus persen mencontoh cara orang lain.

Semakin lama berkecimpung di dunia blog maka kita perlu memperbaharui cara kita melakukan riset keyword. Belajarlah dari orang lain yang lebih berpengalaman dan amati apa si yang dilakukannya. Nggak perlu harus sama persis, bisa kita modifikasi sesuai dengan gaya kita. Sehingga kita menemukan cara yang nantinya cocok dan bekerja di blog kita dalam menaklukan google.

Cara Mengetahui Apa yang Sering Dicari di Google

Pernahkah kita bertanya-tanya apa si yang sering dicari di google? Jika kita memiliki pemikiran seperti ini berarti kita memang ingin menulis di blog sesuai dengan apa yang dibutuhkan pembaca, bukan sekedar menulis untuk diri kita sendiri.

Kalau semakin banyak yang membaca tulisan kita dan merasakan manfaatnya tentunya akan lebih menyenangkan bukan? Akan sangat disayangkan jika tulisan kita sudah bagus tetapi tenyata tidak ada yang membacanya kalaupun ada ya paling orang-orang terdekat saja.

Nah, riset keyword ini dilakukan untuk mencari apa si yang sering orang cari di google. Sehingga kita bisa menulis sesuai dengan apa yang dibutuhkan orang lain.

Cara Mencari Kata Kunci di Google

Gimana nih udah tertarik untuk melakukan riset keyword? Cara yang aku lakukan untuk mencari kata kunci ini hanya cukup dengan google dan bantuan dua tools. Tentunya tools ini gratis dan tak berbayar jadi nggak akan memberatkan apalagi jika kita adalah blogger pemula.

Pastikan kita menggunakan telah memasang extension berupa SEOquake dan Whatsmyserp di google chrome. Sehingga akan memudahkan kita dalam mencari kata kunci di google.

1. Masukkan Kata Kunci Berdasarkan Niche, Tren, Musim, atau Keresahan

Cara memilih kata kunci

Langkah pertama yang aku lakukan biasanya memasukkan sembarang kata kunci, bisa berdasarkan niche, tren, musim, atau keresahan yang aku lakukan. Cara awal ini akan memudahkan kita untuk menemukan kata kunci yang tepat.

Kata Kunci Berdasarkan Niche

Jika kita memiliki niche khusus di blog maka kita bisa memasukkan kata kunci berdasarkan niche blog kita. Salah satu contohnya blog dengan niche parenting, kita bisa memasukkan kata parenting di google atau spesifik langsung ke montessori.

Kata Kunci Berdasarkan Tren

Kata kunci berdasarkan apa yang sedang menjadi perbincangan orang banyak juga bisa dijadikan langkah awal untuk kita mencari kata kunci. Kata kunci ini bisa kita dapatkan dari hal-hal yang banyak dibahas di media sosial. Contoh kata kunci berdasarkan tren yang sempat membuat orang pusing adalah kelangkaan minyak goreng.

Kata Kunci Berdasarkan Musim

Salah satu ilmu yang aku dapatkan ketika mengikuti kelas adsense adalah melakukan riset keyword berdasarkan musim. Bukan musim hujan atau musim kemarau tapi melihat waktu dan kebiasaan orang di saat itu.

Seperti bulan depan dimana umat Islam akan merayakan hari raya idhul adha, maka kita bisa melakukan riset yang berkaitan dengan idhul adha entah resep masakan atau kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

Kata Kunci Berdasarkan Keresahan

Cara mencari kata kunci yang terakhir adalah berdasarkan keresahan yang kita rasakan. Biasanya dari keresahan dan pengalaman yang kita alami akan bisa menjadi pembelajaran bagi orang lain. Salah satu contohnya jika kita ingin melahirkan normal setelah melahirkan secara operasi caesar sebelumnya. Kita bisa menuliskan pengalaman tersebut agar bisa dibaca oleh orang lain.

2. Pilih Related Keywords yang Memiliki Volume dan Long Tail

Pilih Related Keywords yang Memiliki Volume

Dari kata kunci awal yang kita masukkan kita bisa memilih beberapa kata kunci yang memiliki volume dan long tail. Apalagi jika kata kunci awal yang kita masukkan ternyata tak memiliki volume maka kita perlu melihat apa si kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci awal itu. Dan pastikan kata kunci itu memiliki minimal 3 kata.

3. Keyword Memiliki KD dan Result yang Rendah

Keyword Memiliki KD yang Rendah

Setelah memilih beberapa keyword yang memiliki volume maka kita cek keyword difficulty (KD) dan result keyword tersebut. Biasanya si disarankan memiliki KD dibawah 50% dan result dibawah 5 juta per detik. Semakin kecil KD dan semakin sedikit result maka akan semakin tinggi peluang untuk bisa masuk di halaman awal.

4. Pastikan Kompetitor bukan Web Besar atau Niche Spesifik

Pastikan Kompetitor bukan Web Besar

Penting untuk kita pastikan ketika memilih keyword adalah pastikan di halaman awal tak ada web besar yang membuat orang lebih memilih untuk membukanya dibandingkan blog kita. Jika niche blog kita tentang kesehatan maka pastikan tak ada web besar yang khusus membahas tentang kesehatan atau ada embel-embel dokter.

Apalagi jika niche blog kita gado-gado, pastikan web yang muncul bukan web yang memiliki niche spesifik. Salah satu contohnya keyword tentang liburan atau sejenisnya dan web yang muncul di halaman pertama memiliki niche liburan atau travel.

5. Cek Allin dari Keyword

Cek Allin dari Keyword

Hal terakhir yang perlu kita cek untuk menentukan apakah keyword itu memang bisa membuat blog kita masuk di halaman awal adalah allin. Berapa si allin yang sebaiknya kita pilih? Pastinya allin yang kecil bahkan jika bisa allin itu di bawah 10.

Lalu bagaimana cara mengecek allin? Masukkan kata allintitle:(keyword yang dipilih) pada google. Maka akan muncul jumlah artikel yang membahas khusus tentang artikel tersebut. 

Penutup

Nah, itulah caraku melakukan riset keyword selama ini. Apakah selalu memenuhi syarat semuanya? Tergantung, kalau artikel job atau permintaan klien tuh akan sangat susah untuk menemukan keyword yang cocok. Lebih mudah jika artikel itu organik dan murni dari apa yang ingin kita tulisan.

Kalau kawan si Kici, punya cara tersendiri untuk melakukan riset keyword kah? Atau belum melakukannya selama ini? Bisa banget nih dicoba cara mencara kata kunci di google yang aku lakukan di atas.
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar