jejak tulisan si kaki kecil

Cara Riset Keyword Gratis agar Blog Banjir Trafik

Konten [Tampil]
Cara Riset Keyword Gratis agar Blog Banjir Trafik

Hai kawan si Kici!

Penasaran nggak si gimana cara riset keyword gratis? Apalagi riset keyword tuh sering diperbincangkan oleh para blogger. Nggak jarang jadi materi di salah satu kelas blog juga agar para blogger yang masih pemula memahami kalau ngeblog ya butuh riset keyword.

Sayangnya beberapa kali dapat rekomendasi riset keyword tuh pakai tools berbayar. Kalau masih baru ngeblog yang belum ada pemasukan, rasanya sayang kalau pakai tools berbayar. Kalau pun pakai tools berbayar biasanya gara-gara dikasih bonus ketika ikut kelas blog. Kalau nggak ya udah nulis nggak pake riset keyword.

Menjadi Blogger Suka Suka atau Blogger Pro

Riset keyword sebenarnya bukan kebutuhan jika kita hanya ingin menjadi blogger yang suka-suka. Mau nulis bebas semua kita tanpa aturan ya nggak apa-apa. Kan emang blog itu kaya rumah kita sendiri, jadi bebas kalau emang mau jadi blogger suka-suka. Nggak peduli sama orang lain yang penting mah kita nulis aja.

Tapi akan beda cerita kalau kita mau jadi blogger pro. Riset keyword tuh amat sangat penting. Akan banyak pengaruhnya ke perkembangan blog kita. Aku tuh merasakan sendiri kok perbedaan sebelumnya aku ngeblog suka suka sama ngeblog dengan metode riset keyword. Walaupun emang agak lebih ribet dan mikir sendiri.

Bahkan nggak jarang aku sering mikir, ngeblog doang ribet banget. Banyak aturan ini itu. Namun kalau udah ada hasilnya malah jadi senang. Membayar semua keribetan di awal.

Tujuan Riset Keyword

Untuk memahami kenapa si harus riset keyword? Kita harus tau apa tujuan riset keyword itu.

Buatku tujuan utama riset keyword adalah meningkatkan trafik terutama trafik organik. Siapa si yang tak mau page view blognya tinggi? Kayaknya kebanyakan blogger menginginkannya.

Nah, dengan riset keyword kita bisa mendapatkan trafik. Kok bisa? Riset ini akan membantu kita mengetahui apa si yang diinginkan oleh pembaca? Apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh orang sehingga mereka mencarinya di google?

Jika kita bisa menulis apa yang diinginkan dan dibutuhkan orang maka blog kita bisa mendapatkan trafik dengan mudah. Apalagi jika blog kita muncul di halaman pertama ketika orang mengetikan keyword yang dibutuhkan. Bisa panen trafik deh.

Komponen Riset Keyword

Apakah riset keyword semudah itu? Oh tentu saja tidak ya Kawan si Kici! Kalau gampang mah biasanya gak terlalu ngefek ke trafik. Kadang udah jungkir balik riset dan merasa itu keyword yang tepat aja malah nggak menghasilkan trafik apapun. Namun semua itu bakal terbayarkan kok kalau trafik kita naik bahkan to the moon.

Nah, riset keyword ini tak boleh dilakukan sembarangan karena ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Komponen inilah yang bisa menentukan apakah keyword tersebut bisa menghasilkan trafik ke blog kita. Kira-kira apa sajakah komponen yang diperlukan untuk melakukan riset kata kunci?

1. Search Volume (Volume Pencarian)

Ketika melakukan riset keyword kita perlu memperhatikan jumlah pencarian. Ini menandakan adanya orang yang mencari keyword tersebut di google. Semakin tinggi angkanya berarti semakin banyak orang yang membutuhkan.

Namun, bagi pemula sebaiknya tak mengambil keyword dengan volume pencarian yang tinggi. Kenapa? Makin tinggi angkanya bisa jadi makin banyak orang yang juga menulis. Jadi mending ambil angka yang kecil saja. Entah itu ratusan atau puluhan. Target kita ya keyword itu ada yang cari aja.

2. Keyword Difficulty (Tingkat Kesulitan Keyword)

Tingkat kesulitan keyword atau biasa aku sebut KD ini menandakan seberapa sulit si kita bersaing untuk bisa menembus halaman satu. Makin tinggi angka KD maka angka semakin sulit. Kalau masih pemula biasanya belum punya patokan berapa si sebaiknya angka KD yang diambil. Maka ambilah angka KD yang kecil dibawah 50%.

3. Keyword Suggestion (Saran Kata Kunci)

Saran kata kunci lain yang terkait dengan kata kunci yang kita pilih diawal bisa menjadi pertimbangan kita. Apalagi jika kata kunci itu terlalu sulit untuk bersaing maka bisa kita coba saran kata kunci terkait. Tak jarang kata kunci yang disarankan ini akan lebih mudah untuk blog kita menembus halaman awal.

4. Hasil Pencarian per Detik

Hasil pencarian per detik ini adalah berapa jumlah artikel yang muncul ketika mencari kata kunci. Biasanya si akan lebih mudah jika hasil pencarian dibawah 1 juta. Bahkan kalau kita bisa menemukan yang hanya puluhan ribu hasilnya, itu akan memudahkan kita untuk menembus halaman pertama.

5. Kompetitor di Halaman Awal

Hal terpenting yang perlu dipertimbangkan ketika kita riset keyword adalah kompetitornya. Jika semua angka-angka itu sudah sesuai pastika kompetitor kita buka website besar apalagi ternama. Salah satu yang sering aku temui yang website kesehatan yang biasanya lebih diminati dibandingkan blog pribadi. Jadi blog kita akan mudah dikalahkan website itu.

Cara Riset Keyword Gratis

Sebenarnya ada banyak tools yang dapat kita gunakan untuk riset keyword. Namun, aku akan membagikan dua tools yang gratis dan mudah untuk digunakan. Semua tools ini adalah extensions di google chrome dan biasanya hanya muncul jika kita membuka google menggunakan laptop.

1. SEOquake

SEOquake ini akan membantu kita mengetahui tingkat kesulitan keyword atau keyword difficulty. Semua data yang muncul berdasarkan database google.

2. Whatsmyserp

Whatsmyserp membantu kita mengetahui jumlah volume pencarian dan kata kunci lain yang berkaitan.

Hanya dengan menggunakan dua tools ini sudah cukup membantu kita untuk riset kata kunci. Jadi nggak perlu khawatir kalau memang belum memiliki budget untuk menggunakan tools yang berbayar.

Langkah Awal dalam Riset Keyword?

Pertama kali tau riset keyword ini tentu bingung gimana si memulainya. Bahkan setelah tau tools dan komponen yang dibutuhkan. Terus gimana aku harus gimana? Apalagi bagi pemilik blog gado-gado tentu kan makin bingung karena cakupannya luas.

Ternyata untuk memulainya itu nggak terlalu susah apalagi kalau kita lagi punya keresahan atau pertanyaan akan sesuatu. Ya gunakan itu sebagai dasar kita untuk riset keyword. Contohnya ya jika kita ingin menjadi blogger tapi bingung memulainya maka masukan kata "cara membuat blog gratis". Mudah bukan?

Penutup

Riset keyword menjadi penting jika kita ingin menjadi blogger ya pro. Namun, kalau mau jadi blogger suka suka ya nggak perlu kok riset keyword karena memang menulis sesuka hati kita tanpa memikirkan pembaca atau pengunjung blog.

Untuk melakukan riset keyword kita bisa menggunakan tools yang gratis sehingga kita tak perlu takut apalagi tak memiliki budget. Kira-kira ada cara riset keyword gratis yang lain nggak ya? Boleh dong sharing di kolom komentar!
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

9 komentar

  1. cara riset kw gratis biasanya juga lewat mesin gugel coach.. paling bawah biasanya ada pilihan kw yang sering dicari

    BalasHapus
  2. Biasanya pake ubersuggest mbk. Eh tp lama2 kudu pake yg berbayar kalo mau liat KD, Search volume dll. Tiap riset keyword saingannya blog media besar. Ah ngalah sudah. Akhirnya tiap nulis yg suka2 aja sambil nebak2 keywordnya. Wkwkwk

    BalasHapus
  3. Wah, dapat ilmu tools baru nih. Biasanya cuma pakai Google Search Console saja, sama. Terima kasih ilmunya, Mbak.

    BalasHapus
  4. Wah ilmu baru nih, thanks mbak sangat bermanfaat nih buat aku yang masih pemula sama riset"

    BalasHapus
  5. Terima kasih Mbak Zakia udah berbagi ilmu. Saya cuma pakai google trends buat cari keywordnya. Dan baru-baru ini saya lagi coba pakai Ahrefs. Ini juga cara cari keyword gratis, tapi nggak tahu ada batasan pemakaian atau nggak. Belum seminggu pakai soalnya.

    BalasHapus
  6. tetep masih penasaran mbak, hhhe, dilengkapi tutorial kayaknya lebih bagus deh. Hhhi, jujur butuh ilmu ini saat ini

    BalasHapus
  7. Bunda udah install yang ke dua tuh di laptop. Lumayan ngebantu memang kalau pas kehilangan ide mau nulis apa.
    Thanks buat informasinya yah

    BalasHapus
  8. Lengkap bangeeet penjelasannya, mb. Jadi pengen belajar terus nih sama mb Kia :D

    BalasHapus

Posting Komentar