jejak tulisan si kaki kecil

Rekomendasi Cloud Hosting Terbaik di Tahun 2022

Konten [Tampil]
Rekomendasi Cloud Hosting Terbaik di Tahun 2022

Hai kawan si Kici!

Adakah yang sedang mencari cloud hosting terbaik? Apalagi dalam pembuatan website maupun blog, layanan cloud hosting memiliki peran yang sangat penting. Layanan tersebut membantu website agar bisa online dan diakses oleh banyak orang di internet.

Di tahun 2022 ini telah banyak pilihan jenis paket layanan yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Nah, di sini aku akan coba menjelaskan rekomendasi jenis-jenisnya yang bisa kawan si Kici pilih sesuai keinginan.

Jenis Shared untuk Blog dan Website Sederhana

Untuk para pemula, shared merupakan salah satu layanan yang cocok. Sesuai dengan namanya, pengguna layanan ini nantinya akan berbagi server yang sama dengan user yang lain.

Shared merupakan jenis layanan yang punya banyak kelebihan. Apa saja si kira-kira kelebihannya?
  • Karena berbagi server dengan pengguna lain, jenis shared ini menjadi lebih murah.
  • Mudah digunakan oleh pemula karena tidak perlu menguasai bahasa pemrograman.
  • Semua proses administrasi dan juga pengelolaan server sepenuhnya dilakukan oleh penyedia layanan.

Tipe Cloud yang Sedang Populer Saat Ini

Layanan cloud hosting saat ini banyak diminati. Bahkan layanan ini bisa dikatakan yang paling populer di pasaran untuk tahun ini dan beberapa tahun belakangan. Cloud memiliki kualitas server yang bagus. Penggunanya hampir tidak pernah mengeluh downtime pada website atau blog yang dibuat dengan menggunakan layanan tersebut.

Selain itu, layanan berbasis cloud ini juga memungkinkan kita untuk menggunakan sekelompok server tempat file dan resource bisa kita replikasi di setiap server. Selain itu, tipe cloud juga memiliki banyak kelebihan lain selain kelebihan di atas. Adapun kelebihan lainnya yaitu seperti:
  • Nyaris tidak pernah mengalami downtime.
  • Situs tidak akan terpengaruh oleh error yang terjadi pada server yang digunakan.
  • Biaya layanan disesuaikan dengan penggunaan.
  • Bisa memilih alokasi resource sesuai dengan permintaan.

Jenis Virtual Private Server

VPS atau yang dikenal dengan Virtual Private Server merupakan layanan yang mirip seperti jenis shared. Namun ada perbedaan yang mencolok pada kedua layanan tersebut.

Dengan VPS, kita juga bisa berbagi server dengan pengguna lain. Akan tetapi, penyedia layanan sudah mengalokasikan beberapa bagian khusus untuk para user. Itu artinya, kita bisa mendapatkan ruang server khusus yang bisa digunakan dan dikelola sesuai kebutuhan.

Virtual Private Server

Layanan VPS ini juga termasuk pada layanan komputasi daya dan juga memori yang bisa peroleh. Karena fiturnya lengkap dan juga kualitasnya bagus, maka tidak heran jika layanan ini lebih mahal dari yang lain.

VPS sangat cocok untuk website yang punya traffic tinggi. Selain itu juga memiliki sejumlah kelebihan lain sebagai berikut:
  • Tidak perlu membeli dedicated server untuk memperoleh space server yang sudah dedicated.
  • Bisa melakukan akses root ke server.
  • Bisa mengelolanya sendiri.
  • Performa website di situs milik pengguna lain tidak akan terpengaruh oleh peningkatan traffic.

Layanan dari WordPress

Layanan khusus untuk pengguna platform WordPress ini sebenarnya bertipe shared. Akan tetapi, berbeda dengan tipe shared pada umumnya, konfigurasi server di sini hanya khusus untuk platform WordPress saja.

Layanan ini juga tidak kalah populer mengingat WordPress sendiri merupakan platform yang populer untuk website maupun blog. Di sisi lain, kita juga bisa memperoleh plugin siap pakai yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Konfigurasinya tergolong bagus dan terbukti mampu mempercepat proses loading pada website. Sama seperti jenis yang lainnya, layanan ini juga punya beberapa kelebihan. Adapun kelebihan-kelebihannya yaitu seperti:
  • Biaya yang terjangkau.
  • Sangat mudah sekali digunakan khususnya untuk para pemula.
  • Proses pemasangan platform WordPress ini juga mudah hanya dengan satu klik saja.
  • Memiliki performa yang sangat bagus untuk website yang dibuat pada platform Wordpress.
  • Tersedia banyak pilihan tema dan plugin gratis.

Tipe Dedicated untuk yang Ingin Punya Server Sendiri

Jenis selanjutnya ini merupakan tipe yang tergolong eksklusif. Pasalnya, pengguna bisa memiliki server fisik sendiri untuk website yang mereka buat sendiri. Dedicated juga merupakan sebuah solusi layanan yang fleksibel.

Kita bisa melakukan konfigurasi software maupun sistem operasi sendiri sesuai dengan kebutuhan. Selain itu juga menawarkan banyak kelebihan sebagai berikut:
  • Mendapatkan kontrol penuh terhadap konfigurasi server yang dimiliki.
  • Tidak perlu lagi berbagi resource server dengan user yang lain.
  • Kita juga bisa memiliki akses root ke server.
  • Keamanan yang jauh lebih terjamin.

Sebagai tambahan, untuk yang ingin menggunakan paket ini, ada dua hal penting yang harus disiapkan. Hal tersebut yaitu, harus memiliki keahlian yang berkaitan dengan manajemen server dan menyiapkan biaya yang cukup mahal.

Paket Layanan Unlimited

Sesuai dengan namanya, layanan ini memberikan keleluasaan penuh atau tanpa batas. Namun, kita tetap harus membaca informasi layanannya karena beberapa jasa menawarkan paket unlimited dengan syarat dan ketentuan tertentu.

Paket ini juga termasuk ke dalam salah satu paket yang ditawarkan dengan biaya mahal. Pasalnya, fitur dan pelayanannya pun tergolong lengkap. Selain itu juga memiliki sejumlah kelebihan-kelebihan sebagai berikut:
  • Menawarkan ruang penyimpanan yang lebih besar.
  • Layanan unlimited biasanya merupakan produk layanan yang paling baik.
  • Sangat cocok sekali untuk jenis website berskala besar dengan traffic yang tinggi.
  • Pelayanannya juga bisa digunakan untuk berbagai jenis domain.

Layanan Managed

Untuk kalian yang suka instan dan mudah, managed merupakan salah satu pilihan yang paling tepat. Pasalnya, kita tidak perlu repot memikirkan hal-hal yang bersifat teknis. Hanya satu hal yang perlu dilakukan yaitu membayarnya saja.

Layanan ini cocok untuk pemula dan baru terjun dalam pembuatan website atau blog. Selain itu juga punya banyak kelebihan sebagai berikut:
  • Tidak perlu mengelola sendiri karena sudah ada tim yang membantu.
  • Harga yang ditawarkan relatif lebih murah.

Namun sesuai dengan harganya yang murah, akses yang bisa didapatkan pun terbatas. Selain itu, kita juga tidak bisa melakukan setting secara mendalam maupun memasang aplikasi pada server.

Jenis Reseller

Jenis yang satu ini hanya khusus untuk kalian yang ingin berbisnis di bidang web developer. Layanan reseller ini memungkinkan untuk menjual layanan tersebut ke pengguna lain dengan berbagai jenis layanan bersifat shared.

Jenis Reseller

Saat ini penggunanya pun sudah dimudahkan dengan adanya control panel yang bisa membantu pengguna untuk mengontrol semua akun shared, penyimpanan, RAM, hingga tagihan. Sama seperti jenis yang lainnya, layanan ini juga punya sejumlah kelebihan. Berikut apa saja kelebihannya.
  • Mampu memangkas biaya lebih besar.
  • Penggunaan lebih fleksibel dengan akun milik kita.
  • Memiliki kontrol penuh.
  • Membuka peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Akan tetapi layanan ini tidak cocok untuk semua kalangan yang ingin membangun website. Jadi kita harus mempertimbangkannya terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Selain itu, pelayanannya pun terbatas. Bahkan kita juga harus bertanggung jawab untuk memperbaikinya sendiri jika ada permasalahan. Begitu juga dalam tanggung jawab mengatur penagihan pada klien.

Itulah beberapa daftar layanan cloud hosting terbaik yang saat ini sedang ramai diperbincangkan di kalangan web developer dan kawan si Kici bisa mendapatkannya dari Hostinger. Bagaimana, sudah menentukan ingin memilih yang mana?
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar