jejak tulisan si kaki kecil

Pola Hidup Sehat yang Harus Dibiasakan Setiap Hari

Konten [Tampil]
Pola Hidup Sehat yang Harus Dibiasakan Setiap Hari

Hai, kawan si Kici!

Tau nggak si baru aja kemarin aku membahas pola hidup sehat dengan salah seorang temanku? Ya aku bilang olahraga aja nggak cukup kalau mau kurus, pola hidup juga harus diperbaiki. Kan percuma ya kalau mati-matian olahraga tapi pola makannya rusak begitu. Berharapnya si kurus tapi malah nantinya tambah lebar deh!

Menjalankan pola hidup yang sehat memang masih proses panjang buatku. Aku belum sepenuhnya menerapkannya tetapi pelan-pelan menuju ke sana. Apalagi kalau mengingat umur yang makin bertambah, duh makin pusing deh karena makin banyak yang dikhawatirkan.

Kalau pas masih kecil mah makan ini itu nggak peduli ya. Bahkan lagi sakit sekali pun ya tetep makannya sembarangan. Alasannya mah yang penting enak di lidah bukan nyaman di perut. Terus ujungnya nyesel sekarang si karena memang pola hidup yang nggak sehat berpengaruh banget bagiku.

2 Alasan Memilih Hidup Sehat

Di umurku yang sekarang, hidup sehat tuh penting banget karena memang menjadi investasi di hari tua nanti. Ada beberapa alasan yang membuatku ingin menerapkan pola hidup yang sehat. Apalagi kalau melihat banyak orang yang berumur tetapi fisiknya tuh lebih tangguh dariku. Duh, bikin iri deh.

1. Penyakit Turunan Muncul Lebih Cepat

Dulu yang aku tau penyakit jatung, diabetes, dan penyakit yang sering disebut penyakit turunan itu akan dialami oleh orang di atas 50 atau 60 tahun. Namun, pada kenyataannya tak jarang orang yang berumur 20an sudah mengalami penyakit jatung.

Sebenarnya bukan penyakitnya yang diturunkan tetapi pola hidupnya yang diturunkan. Pola hidup yang tak sehat tentu akan membuat keturunannya mengalami apa yang pernah dialaminya dahulu. Apalagi keturunannya pasti memiliki gen bawaan yang mungkin memicu penyakit itu muncul jika pola hidup tak sehat.

Sebagai orang tak begitu suka pelajaran biologi, kayaknya materi tentang genetik tuh satu-satunya yang aku suka. Entah kenapa aku senang mempelajari tentang penyakit dan genetik ini. Membuatku sadar apa si penyakit yang mungkin diturunkan padaku dengan melihat riwayat orang tua dan kakek nenek.

Dengan menyadari penyakit akibat pola hidup yang diturunkan inilah membuatku lebih waspada dan menjaga agar tak mengalaminya. Apalagi mengalami di usia yang lebih muda dibandingkan usia yang seharusnya.

2. Makanan yang Semakin Bikin Khilaf

Makin ke sini tuh makin banyak muncul makanan kekinian. Kalau diliat dari segi rasa emang enak dan tampilannya menarik tetapi dilihat dari sisi kompisisinya kadang tuh malah memicu penyakit. Apalagi minuman kekinian jumlah gulanya bisa ngelus dada karena manis banget. Kayaknya bisa bikin diabetes deh.

Kalau sesekali si memang nggak apa-apa. Namun jika makanan dan minuman itu jadi kebiasaan duh jadi bikin geleng-geleng deh. Makannya agar tak mudah tergoda makanan kekinian itulah aku membiasakan pola hidup yang sehat. Jadi terfilter sama badan karena kebiasaan hidup yang sehat. Manis banget bikin mual. Nggak sehat bikin perut meronta-ronta.

5 Langkah Mudah Menuju Pola Hidup Sehat

Pola hidup yang sehat memang selalu aku coba terapkan. Pola ini tuh nggak semata untuk memperoleh tubuh yang kurus tetapi lebih ke tubuh yang sehat. Jadi menerapkan pola hidup yang sehat tuh tujuannya ya biar kita bisa tetap sehat secara fisik dan jiwa ketika tua nanti. Kalau memang jadi kurus ya itu bonus bukan tujuan pola hidup sehat yang utama.

1. Makan Buah dan Sayur

Buah dan sayur memang tak semua orang menyukainya. Hayoo ngaku aja deh! Namun buah dan sayur ini bisa menjadi kunci hidup lebih sehat. Jadi sebisa mungkin biasakan mengkonsumsinya dan temukan buah dan sayur yang cocok dengan lidah.

2. Istirahat yang Berkualitas

Nggak perlu tidur terlalu lama tetapi pastikan tidur kita berkualitas. Tak jarang tidur kelamaan juga nggak menjadi tidur kita berkualitas. Bangun-bangun malah nggak nyaman. Lebih baik tidur cukup dengan kualitas yang baik. Jadi kita bisa beraktivitas dengan optimal.

3. Minum yang Cukup

Tubuh yang sehat butuh terhidrasi dengan cukup. Jadi sebaiknya kita lebih sering minum air putih dibandingkan air dengan rasa. Salah satunya ya selalu minum air putih cleo agar terhindari dari dehidrasi.

4. Olahraga Teratur

Olahraga tuh nggak harus lama tetapi pastikan teratur. Bisa kok cuma 5-10 menit saja setiap hari. Itu akan lebih baik dibandingkan berjam-jam tetapi jarang dilakukan.

5. Kelola Stress

Stress memang tak bisa dihindari. Pasti ada aja kejadian yang bisa memicu stress apalagi semakin bertambahnya usia. Daripada mikirin gimana caranya nggak stress mending cari cara deh untuk mengelola setiap kali stress itu muncul.

Penutup

Menerapkan pola hidup sehat memang tak mudah. Namun bukan tidak mungkin untuk menerapkannya. Apalagi jika kita memiliki tujuan yang baik dan alasan kuat kenapa kita ingin menerapkan pola hidup yang sehat. Kalau kawan si Kici, kenapa si ingin menerapkan pola hidup yang sehat ini?
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

11 komentar

  1. aku tipe yang kalo diet ngurangin makan aja. Susah banget ngumpulin kemauan buat olahraga :(

    BalasHapus
  2. Bener bener susah" gampang ya, tapi wajib di terapkan supaya sehat selalu

    BalasHapus
  3. menurutku yang paling susah adalah mengelola stress :( aku anaknya suka kepikiran mulu

    BalasHapus
  4. bener banet mb, godaan makanan minuman jaman now ini makin menggiurkan meski tak sehat ya? hehe.. untuk urusan jam tidur dan olahraga, aku masih berantakan banget nih. perlu diperbaiki..

    BalasHapus
  5. Ingin banget menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, apa daya kadang tak kesampaian secara paripurna, karena kadang harus lembur yang menyebabkan waktu tidur atau istirahat kita berkurang, tapi asal ga keseringan aja kali ya Mbak Kia.
    Semoga semakin termotivasi untuk menerapkan pola hidup sehat dengan artikel Mbak Kia ini

    BalasHapus
  6. Setuju nih, makanan sering bikin khilaf. Susah banget menghindar dari makanan kekinian yang terus bergantian muncul. Penasaran aja kepengin coba. Kayaknya kudu kontrol bagian ini biar pola hiduo sehatnya kesampaian.

    BalasHapus
  7. Ingin menikmati masa tua dengan tidak sakit2an mbak. Biar kedepannya juga bisa melihat anak dewasa punya anak kitanya masih sehat bugar.

    BalasHapus
  8. PR bgt nih buatku atur waktu tidur dan minum air putih, padahal aku korban minuman kekinian trnyata bisa memicu penyakit turunan lebih cepat ya

    BalasHapus
  9. Waduh, ada banyak banget nih yang perlu dibenahi. Biasanya nih, ketika salah satunya kurang baik, yang lain juga ikut tidak baik. Misal nih, gara-gara stres, jadi makan menuruti emosi, jadi susah tidur nyenyak, jadi nggak mood buat olahraga. Hihihi..

    BalasHapus
  10. Kalau saja bisa pola hidup sehat tanpa olahraga....
    Hahahaha
    Males banget ya

    BalasHapus
  11. Kerasa banget ya mbak kalau tubuh nggak pernah olahraga. Jadi gampang sakit dan jadi makin naik bbnya.

    BalasHapus

Posting Komentar