jejak tulisan si kaki kecil

Drama Korea Pinocchio: Sindrom Cegukan saat Berbohong

5 komentar
Konten [Tampil]
Drama Korea Pinocchio: Sindrom Cegukan saat Berbohong

Siapa nih yang udah nonton drama korea Pinocchio? Drama ini mungkin terinspirasi dari cerita anak yang berjudul pinokio. Kalau di dongeng, Pinokio akan menjadi panjang hidungnya ketika berbohong. Di drama ini, orang yang memiliki sindrom pinokio akan cegukan ketika berbohong. Sehingga orang yang memiliki sindrom Pinokio dianggap selalu benar ucapannya.

Menarik banget ya? Orang jadi nggak bisa bohong. Bahkan bisa langsung terdeteksi begitu saja tanpa menggunakan alat. Terus orang-orang jadi terlalu percaya deh sama sindrom pinokio. Apakah yakin pemiliki sindrom pinokio selalu benar?

Drama Korea Pinocchio

Drama yang mengangkat kisah tentang reporter dan sindrom pinokio. Drama ini tayang pertama kali di SBS tahun 2014. Drama ini mendapatkan penghargaan Outstanding Korean Drama pada10th Seoul International Drama Awards tahun 2015.

Sinopsis Pinocchio

Drama ini menceritakan tentang keluarga Ki Ha-myung yang bahagia. Ki Ha-myung memiliki seorang kakak, ibu, dan ayah yang bekerja di pemadam kebakaran. Kebahagiannya itu ternyata hanya terjadi sementara. Ayah Ha-myung meninggal dalam peristiwa kebakaran dan dianggap sebagai penyebab kecelakaan yang menimpa petugas pemadam. Ibunya yang tak sanggup menanggung rumor memutuskan bunuh diri. Ha-myung pung terpisah dari sang kakak.

Ha-myung ditemukan seorang diri mengapung dilautan oleh kakek Choi Gong-Pil. Kakek Gong-Pil menganggap Ha-myung adalahnya anaknya bernama Dal-po yang telah meinggal lama akibat tenggelam. Ha-myung pun mulai hidup sebagai Dal-po dan tinggal bersama Kakek Gong-Pil.

Beberapa bulan kemudian, anak Kakek Gong-Pil lainnya datang. Choi Dal-Pyeong datang ke rumah ayahnya bersama anaknya, Choi In-ha karena masalah di kota. Choi In-ha adalah penderita sindrom pinokio dan membuatnya tak bisa berbohong. Dal-po yang awalnya menyukai In-ha menjadi membencinya akibat tau ibu In-ha yang seorang reporter. Ibu In-ha yang dahulu menjadi salah satu penyebar rumor ayah Dal-po.

Dal-po hidup dengan pura-pura bodoh dan bekerja sebagai supir taksi. In-ha pun mengejar mimpinya menjadi reporter dan selalu ditolak akibat memiliki sindrom pinokio. Ketika In-ha hampir menyerah, Dal-po yang membenci reporter pun memutuskan berjuang bersama In-ha menjadi reporter.

Apakah Dal-po yang seorang supir taksi bisa menjadi reporter? Adakah stasiun televisi yang menerima kondisi In-ha sebagai pengidap sindrom pinokio?

Drama Pinocchio

Judul : Pinocchio
Penulis Skenario : Park Hye-ryun
Sutradara : Jo Soo-won dan Shin Seung-woo
Tahun Tayang : 2014-2015
Jumlah Episode : 20

Pemain Drakor Pinocchio

Siapa aja si pemain drama Pinocchio?

1. Lee Jong-suk sebagai Choi Dal-po/Ki Ha-myung

Ha-myung adalah identitas aslinya dan berubah menjadi Dal-po karena sebuah tragedi. Dirinya hidup dan bersembunyi sebagai Dal-po. Dal-po yang dikenal bodoh sebenarnya pintar dan sangat membenci stasiun televisi. Misinya menjadi reporter adalah untuk membalas dendam keluarganya.

2. Park Shin-hye sebagai Choi In-ha

In-ha adalah salah seorang yang memiliki sindrom pinokio. Sindrom itu membuatnya tidak bisa berbohong karena jika berbohong maka dirinya akan cegukan. In-ha memiliki cita-cita menjadi reporter.

3. Kim Young-kwang sebagai Seo Beom-jo

Beom-jo adalah seorang anak yang lahir dari keluarga berada. Beom-jo yang selama hampir 13 tahun menyamar menjadi ibu In-ha karena telepon ibu In-ha yang tertinggal di rumah Beom-jo. Beom-jo pun akhirnya memutuskan menemui In-ha dan juga ikut dalam seleksi menjadi reporter.

4. Lee Yu-bi sebagai Yoon Yoo-rae

Yoo-rae adalah seorang fan yang selalu hidup sebagai mata-mata. Dirinya menggunakan kemampuan itu ketika menjadi reporter.
Pemain Drakor Pinocchio

Sindrom Cegukan dalam Drama Pinocchio

Ketika melihat drama ini tentu sindrom pinokio menjadi pertanyaan bagi banyak orang. Emang benar ya ada sindrom pinokio?

Ternyata ada dong sindrom pinokio dalam dunia psikologis. Kalian bisa menemukannya dengan istilah geolotophobia. Menurut Michael Titze (1996) di wikipedia, sindrom pinokio terjadi pada orang yang takut ditertawakan ketika memasuki lingkungan. Orang ini akan melihat sekeliling dan mengalisisnya terlebih dahulu apakah akan ada potensi untuk ditertawakan.

Beda banget ya sama In-ha yang cegukan saat berbohong? Jadi sindrom pinokio yang sebenarnya tuh lebih ke masalah psikologis orang. Sindrom ini termasuk dalam fobia sosial. Ngerasa gak si tubuh langsung kaku kaya terbuat dari kayu akibat ketakutan? Rasanya susah buat digerakin gitu.

Menariknya sindrom ini tuh salah satu dampak dari bullying. Emang si bercanda tuh perlu tapi kalau keterluan bisa menimbulkan dampak negatif yang merugikan orang lain. Kasian nggak si sama orang yang mengalami sindrom pinokio? Dirinya selalu merasa ketakutan kalau diketawain orang lain.

Sindrom pinokio selalu merasa dirinya diejek atau dilecehkan ketika orang lain tertawa. Makannya mereka selalu nggak tenang disebuah lingkungan apalagi itu baru. Takut kalau ada orang yang menertawakan dirinya tanpa sebab.

Jadi beda ya sindrom pinokio di drama korea Pinocchio dan dunia nyata. Kalau ada yang punya sindrom pinokio di dunia nyata bisa datang aja ke ahli agar bisa mengatasinya. Kalau di drama, In-ha bisa mengatasi cegukannya dengan berkata jujur.




Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

5 komentar


  1. Nyesal juga ya, saya terlanjur tidak familiar dengan drakor. Selamat pagi, Mbak Zakia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ngikutin drakor karena butuh hiburan dan bahan tulisan di blog bu. Jadi sebisa mungkin habis nonton ya dibikin tulisannya hehehe

      Hapus
  2. Udah kepengen nonton drakor pinokio ini, temen juga menyarakan sesekali nonton deh. Setelah baca sinopsis ini jadi semakin tertarik

    BalasHapus
  3. drama lama yang di bahas oleh seorang penulis, aku dulu yang sempat percaya gak percaya dengan sindrom itu akhirnya sadar juga, ternyata sindrom itu benar-benar ada di dunia nyata hahah ya...walau denggan spesifikasi berbeda.. heuheuehu

    BalasHapus
  4. Nonton drama ini udah lama bangeeet aaah jadi flashback. Dulu waktu nonton Pinocchio enggak terlalu fokus sama sindrom cegukan dia, tapi malah menggebu-gebu pengen jadi wartawan hehe. Makasih tulisannya, Kak!

    BalasHapus

Posting Komentar