Jejak Tulisan Kaki Kecil

5 Makhluk Mitologi dalam Drama Tale of the Nine Tailed

Konten [Tampil]
Drama Tale of the Nine Tailed

Drama Tale of The Nine Tailed mengenalkan kita pada makhluk mitologi yang ada di Korea. Bukan hanya Indonesia saja yang memiliki cerita tentang makhluk mitologi, ternyata korea pun ada. Jadi tak jarang ada drama yang mengangkat tentang cerita makhluk mitologi korea tersebut.

Drama Tale of the Nine Tailed

Tale of the Nine Tailed merupakan drama televisi Korea Selatan tentang kisah Gumiho yang tayang pada tahun 2020.

Sinopsis Tale of the Nine-Tailed Fox

Menceritakan tentang seorang Gumiho bernama Lee Yeon yang telah hidup 1000 tahun. Lee Yeon pernah menjadi seorang penjaga gunung Baekdudaegan pada masa lampau tetapi dikehidupan sekarang Lee Yeon hidup di tengah kota. Lee Yeon bekerja di kantor imigrasi setelah kehidupan berakhir bersama Taluipa dan Hyun Ui-Ong.
Episode 1 tale of the gumiho
Ketika sedang menjalankan misi untuk membunuh seekor rubah yang menyamar menjadi manusia, Lee Yeon tak sengaja bertemu dengan Nam Ji-ah, seorang produser televisi. Ji-ah merasa ada yang berbeda dengan Lee Yeon. Lalu berusaha mencari jejaknya melalui payung merah yang selalu dibawa Lee Yeon.
Episode 1 tale of the nine tailed
Ji-ah pun mulai menyadari tentang kejadian kecelakaan saat dirinya kecil berhubungan Lee Yeon. Ji-ah meminta bantuan Lee Yeon untuk menemukan orang tuanya yang menghilang. Lee Yeon yang awalnya menolak berujung menuruti permintaan Ji-ah. Hal tersebut dilakukan Lee Yeon karena Ji-ah adalah reinkarnasi dari Ah-Eum, cinta pertama Lee Yeon saat menjadi penjaga Baekdudaegan.
Yeon dan Ji-ah
Kedekatan Ji-ah dan Lee Yeon tentu tak didukung oleh semua orang. Lee Rang, adik tiri Lee Yeon sangat membenci Ji-ah karena dirinya membuat Lee Yeon mencampakkan Lee Rang bahkan menghabisi nyawanya. Selain itu, kisah Lee Yeon dan Ji-ah akan terulang tragis seperti masa lalu dengan kehadiran Imoogi.
Tale of the gumiho
Judul : Tale of the Nine Tailed
Penulis Skenario : Han Woo-ri
Sutradara : Kang Shin-hyo dan Jo Nam-hyung
Tahun Tayang : 2020
Jumlah Episode : 16

Pemeran Tale of the Gumiho

Siapa aja si yang terlibat dalam drama korea Tale of the Gumiho?

1. Lee Dong-wook sebagai Lee Yeon

Lee Yeon adalah seorang Gumiho yang pernah menjadi roh penjaga Gunung Baekdudaegan. Memiliki adik tiri bernama Lee Rang. Pada masa sekarang bekerja di kantor imigrasi setelah kehidupan berakhir demi bisa bertemu kembali dengan Ah-eum, cinta pertamanya yang meninggal.

2. Jo Bo-ah sebagai Nam Ji-ah / Ah-eum

Nam Ji-ah adalah seorang produser salah satu stasiun televisi. Ji-ah adalah reinkarnasi dari Ah-eum, kekasih Lee Yeon pada masa lalu. Ah-eum yang seorang putri sebuah kerajaan mengizinkan imoogi merasuki dirinya. Akibat Imoogi yang berada di dalam dirinya tersebut, Ah-eum meminta Lee Yeon membunuhnya demi menyelamatkan banyak orang.

3. Kim Bum sebagai Lee Rang

Lee Rang adalah adik tiri Lee Yeon. Seorang Gumiho yang juga manusia karena ibu Lee Rang adalah seorang manusia. Rang sangat menyayangi Lee Yeon karena Lee Yeon yang menyelamatkan ketika Rang dalam bahaya ketika masih kecil. Namun semua berubah sejak kedatangan Ah-eum. Rang merasa Yeon mencampakkannya dan mulai membenci kakaknya itu.

4. Hwang Hee sebagai Koo Shin-joo

Teman setia Lee Yeon, seorang gumiho yang menjadi seorang dokter hewan. Sejak Lee Yeon pernah menyelamatkannya dari roh penjaga Shin-joo sebelumnya, Shin-joo pun berjanji untuk setia pada Yeon. Shin-joo menyukai Yoo-ri sejak pertama kali bertemu.
Pemeran utama tale of the gumiho

5. Kim Soo-jin sebagai Bok Hye-ja

Pemilik restoran pengantin siput yang masakannya sangat lezat. Bok Hye-ja adalah seorang janda yang berumur ratusan tahun. Suaminya yang seorang manusia telah meninggal akibat diterkam oleh harimau.

6. Kim Yong-ji sebagai Ki Yoo-ri

Seorang gumiho asal rusia yang diselamatkan Rang ketika disiksa di kebun binatang. Yoo-ri menjadi sangat patuh pada Rang sebagai caranya berterima kasih.

7. Lee Tae-ri sebagai Imoogi / Terry

Imoogi, musuh bebuyutan Yeon, yang magang di tempat Ji-ah bekerja dengan menggunakan nama Terry. Pada awalnya dia adalah seorang naga yang akan menjadi roh penjaga, tetapi gagal dan berujung menjadi ular. Di kehidupan sebelumnya Imoogi hidup dalam tubuh ayah Ah-eum lalu berpindah ke tubuh Ah-eum.

8. Jung Si-yul sebagai Kim Soo-oh

Seorang anak kecil yang diadopsi oleh Lee Rang. Reinkarnasi dari anjing Lee Rang di masa lalu. Seekor anjing pemberian Lee Yeon yang mati akibat kebakaran hutan.
Pemeran tale of the gumiho

5 Makhluk Mitologi yang Muncul

Dalam drama The Tale of a Gumiho ada beberapa makhluk mitologi yang muncul. Dari drama ini aku jadi mengetahui jika Korea memiliki banyak makhluk mitologi seperti di Indonesia. Lalu makhluk apa aja si yang muncul?

1. Gumiho

Gumiho menjadi tokoh utama di drama ini. Terdapat beberapa gumiho yang muncul dalam cerita yang diperankan oleh Lee Dong-wook, Kim Bum, Hwang Hee, dan Kim Yong-ji. Gumiho atau yang dikenal sebagai rubah ekor sembilan memang bisa berubah menjadi laki-laki ataupun perempuan.
Gumiho
Selama ini aku mengenal sosok gumiho adalah sosok yang jahat dan memakan manusia. Namun, dalam cerita ini sosok gumiho tidak menggambarkan kejahatan tersebut. Walaupun di episode awal terdapat gumiho yang berubah menjadi wanita dan telah membunuh banyak manusia. Menjadikan ada dua versi sosok gumiho yang berbeda.

2. Imoogi

Sosok naga yang berubah menjadi ular akibat gagal menjadi roh penjaga. Imoogi dalam cerita ini diperankan oleh Lee Tae-ri dan Jo Bo-ah. Terry adalah imoogi yang hidup kembali berkat bantuan Rang. Sosoknya yang tumbuh dengan cepat dengan menghisap darah para wanita hingga menjadi mumi.
Korban imoogi
Terry bukan seutuhnya imoogi karena separuhnya tinggal dalam tubuh Ji-ah. Terry hadir karena imoogi tak bisa seutuhnya memiliki tubuh Ji-ah. Imoogi dalam tubuh Ji-ah muncul ketika Ji-ah terluka dan mengeluarkan darah.
Imoogi
Imoogi masih memiliki misi yang sama yaitu bisa hidup dalam tubuh Yeon. Terry sangat berambisi bisa hidup dalam tubuh Yeon dan menikah dengan Ji-ah karena Terry menyukai Ji-ah.

3. Ureonggaksi

Ureonggaksi atau pengantin siput dalam drama ini diperankan oleh Kim Soo-jin. Bok Hye-ja diceritakan merupakan seorang janda yang memiliki restoran pengantin siput. Dirinya telah hidup ratusan tahun dan pernah menikah dengan seorang manusia. Suaminya meninggal akibat ketakutannya dengan harimau.
Ureonggaksi
Bok Hye-ja selalu merindukan suaminya hingga dirinya menyadari jika atasan Ji-ah adalah reinkarnasi dari suaminya. Choi Tae-suk selalu datang ke restoran pengantin siput karena merasa makanan tersebut mengingatkannya pada sesuatu. Rasa nyaman yang mungkin pernah dirasakannya dimasa lampau membawanya bertemu kembali dengan istrinya.

4. Bulgasari

Sosok yang menyukai kepingan koin dan membawa mimpi buruk pada lingkungannya. Bulgasari diperankan oleh Son Woo-hyun. Jung Hyun-woo yang seorang bulgasari bekerja di perusahaan tempat Ji-ah bekerja. Sosoknya diketahui oleh Yeon ketika Ji-ah dan teman-temannya mengalami mimpi buruk.
Bulgasari
Yeon meminta Ji-ah untuk menjebak Hyun-woo ke dalam ruangan gelap dan melempar koin. Keadaan tersebut menjadikan Hyun-woo menunjukkan sosok aslinya yang seorang bulgasari.

5. Eoduksini

Eoduksini adalah sosok yang membawa mimpi buruk bagi orang lain hingga meninggal. Diperankan oleh Shim So-Young, Eoduksini tampil sebagai penjual jus yang selalu bertanya "Apa ketakutan terbesarmu?". Mimpi buruk tersebut pernah terjadi pada suami Bok Hye-ja hingga meninggal tanpa ada hal yang bisa Bok Hye-ja lakukan untuk menyelamatkan suaminya.

Eoduksini kembali datang untuk membawa mimpi buruk bagi Choi Tae-suk, Lee Rang, dan Nam Ji-ah. Yeon pun diminta untuk memilih menyelamatkan Rang atau Ji-ah karena keduanya dalam keadaan bahaya dan hanya bisa memilih salah satu. Yeon memilih menyelamatkan Rang itu ternyata bisa menyelamatkan Ji-ah tanpa harus hadir dalam mimpinya.
Eoduksini
Pada akhirnya Eoduksini terjebak dalam ketakutannya sendiri karena namanya yang dilupakan. Yeon mengatakan pada Eoduksini jika dirinya sengaja memanggil Eoduksini dalam mimpinya. Perkataan Yeon tentang Rang yang melupakan Eoduksini menyelamatkan orang-orang dari pengaruh Eoduksini.

Drama Tale of the Nine Tailed memang mengangkat tentang kisah gumiho tetapi munculnya makluk mitologi lain menambah keseruan ceritanya. Apakah kalian menemukan makluk mitologi lain dalam drama ini?
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

16 komentar

  1. Tau soal gumiho ini dari drakor juga, tapi drakor lama yg pemerannya ada Lee Seunggi. Kalau siluman rubah ekor sembilan dari Naruto haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya drakor tentang gumiho tuh banyak tapi aku baru pernah nonton yang ini aja.

      Hapus
  2. Setiap negara pasti ada makhluk mitologinya ya.. Kerennya film-film Korea ini bisa menggabungkan mitologi dengan dunia modern. Kalau di Indonesia kira-kira seperti apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. GGS masuk mitologi indonesia nggak si mba? :D

      Hapus
    2. Ya Allah mba... GGS. Aku langsung ngakak loh pas bacanya. Harus banget GGS ya? :D

      Hapus
    3. yang terlintas dipikiranku ya itu mba kalau nggak elang terbang :D

      Hapus
  3. Salfok sama Kim Bum yang jadi Lee Rang. Awet Muda banget. Dulu waktu serial F4 versi Korea wajahnya kaya gitu-gitu aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganteng sekarang si pak hehe
      Aku awalnya salfok sama Lee Rang karena ngerasa familiar.

      Hapus
  4. Belum nonton drakor yang ini. Mau nonton maju mundur terus. Setelah diceritain ada mitologinya. Jadi kepingin ngebandingin mitologi Korsel sama mitologi Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini lagi ada di NET si bu, cuma episodenya udah akhir-akhir. Muncul mitologi soalnya Ji-ah jadi produser khusus acara urban legend yang ada di korea bu.

      Hapus
  5. oh ini ceritanya bagus ya mbak? Sepertinya pengen nonton juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan mba, seru si waktu bagian eoduksini. Soalnya dia malah terjebak sama ketakutannya sendiri.

      Hapus
  6. Pas tau ada Bulgasari, aku kebayang nama kue (wlpn tahu kayaknya gk ada nama kue ini, wkwkwk). Lucu aja gitu kalau namanya Bulgasari.


    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo buat kue baru dan kasih nama Bulgasari mba :). Aku malah jadi inget tepung. Hahaha...

      Hapus
    2. Iya aku pun mikirnya nama tepung mba

      Hapus
  7. wah aku baru ngerti ada makhluk apa sj di drakor in, aku nontonnya ga full sampe habis sih cuma beberapa episodenya aja hehe

    BalasHapus

Posting Komentar