Jejak Tulisan Kaki Kecil

Drama Korea Reply 1988, Kisah tentang Cinta Pertama

Drama Korea Reply 1988

Siapa si yang tak penasaran dengan kisah pertemuan dengan pasangan sebelum menikah? Drama korea reply 1988 ini pun mengangkat kisah pertemuan perempuan dengan sang suami. Cerita mengenang masa mudanya dengan para sahabat dan tak pernah mengira jika salah satu sahabatnya akan menjadi suaminya. Memang ya jodoh tak ada yang bisa menebak.

Drama ini tak hanya tentang kisah cinta tetapi juga kehangat keluarga yang mungkin berbeda dengan zaman sekarang. Bagaimana tidak? Zaman itu kita belum mengenal telepon pintar, maka akan menjadi pertanyaan, "apa yang dilakukan untuk menghabiskan waktu?"

Drama Korea Reply 1988

Drama Reply 1988 merupakan seri TvN "Reply" ke-3. Drama yang mengangkat cerita tentang mengenang kembali kisah di masa muda dan menebak siapa yang menjadi suami dari tokoh perempuan. Drama ini mendapatkan penghargaan sebagai Best Content Award Drama dan Grand Prize Drama pada tvN10 Awards tahun 2016.

Sinopsis

Bercerita tentang 5 orang sahabat bernama Deok-sun, Choi Taek, Sun-woo, Jung-hwan, dan Dong-ryong. Mereka tinggal di komplek yang sama sejak kecil, bahkan keluarganya pun dekat satu sama lain. Menghabiskan waktu bersama di kamar Taek membuat mereka dekat dan sangat mengenal masing-masingnya.

Geng Ssamundong

Keluarga Deok-sun tinggal di rumah yang ada di basement. Walaupun ayahnya bekerja di bank tetapi keluarganya miskin akibat ayah Deok-sun menanggung hutang seseorang. Meski begitu, Deok-suntumbuh menjadi anak yang percaya diri, ceria, dan baik hati. Banyak tetangga yang menyukai Deok-sun dibanding Bo-ra, kakak Deok-sun karena dikenal galak.

Keluarga Duk Seon

Choi Taek pindah ke komplek tersebut sejak ibunya meninggal. Tinggal berdua dengan ayahnya yang pendiam. Choi Taek dikenal sebagai dewa sejak menjadi pemain baduk profesional. Sejak fokus menekuni baduk, Choi Taek memilih berhenti sekolah dan hanya memiliki Deok-sun, Sun-woo, Jung-hwan, dan Dong-ryong sebagai temannya.

Keluarga Choi Taek

Sun-woo tinggal bersama ibu dan adik perempuannya sejak ayahnya meninggal. Sun-woo anak yang penurut dan sayang dengan adiknya. Laki-laki teladan di sekolahnya dan cukup pintar di sekolah.

Keluarga Sun Woo

Jung-hwang tinggal bersama ayah, ibu, dan kakak laki-lakinya. Keluarganya mendadak menjadi kaya ketika Jung-bong, kakaknya, memenangkan sebuah undian. Walaupun Jung-hwang terlihat kasar dan dingin, tetapi hatinya sayang penyayang.

Keluarga Jung Hwan

Ryu Dong-ryong merupakan anak dari seorang guru dan wanita karir yang selalu sibuk. Dong-ryong selalu merasa kesepian sehingga lebih banyak menghabiskan waktu bersama teman-temannya.

Mereka berlima tumbuh bersama sejak kecil dan sering menghabiskan waktu bersama hingga dewasa.

Reply 1988

Judul : Reply 1988
Penulis Skenario : Lee Woo-jung
Sutradara : Shin Won-ho
Tahun Tayang : 2015
Jumlah Episode : 20

Pemeran Utama Reply 1988

Yuk mengenal pemain utama reply 1988!

1. Lee Hye-ri sebagai Sung Deok-sun/Sung Soo-yeon

Deok-sun anak kedua di keluarga. Tak memiliki prestasi akademis bahkan berada pada urutan ke 999 di sekolahnya. Walaupun hidup serba kekurangan tetapi Deok-sun tak pernah malu dan bahkan selalu ceria. Memiliki nama panggilan lain Soo-yeon sejak ibunya pergi ke peramal dan memintanya untuk mengganti nama agar bisa kuliah.

2. Park Bo-gum sebagai Choi Taek

Pemain baduk yang jenius dan jarang kalah. Taek termasuk yang pendiam dan selalu baik pada siapapun. Hampir semua orang di komplek menyukai Taek karena sifatnya yang rendah hati.

3. Go Kyung-pyo sebagai Sun-woo

Siswa teladan dan ketua kelas di sekolahnya. Kakak yang sangat menyayangi adiknya dan patuh dengan ibunya. Rajin belajar agar mendapatkan beasiswa di Fakultas Kedokteran sesuai keinginan ibunya.

Pemeran Reply 1988

4. Ryu Jun-yeol sebagai Kim Jung-hwan

Memiliki panggilan Jung-pal oleh teman-temannya. Walaupun terkesan dingin dan kasar, Jung-hwan memilliki hati yang baik. Bahkan mencoba mewujudkan cita-cita kakaknya melalui dirinya karena kakaknya memiliki penyakit jantung.

5. Lee Dong-hwi sebagai Ryu Dong-ryong

Seperti Deok-sun, Dong-ryong tak memiliki prestasi akademik. Tetapi selalu memiliki pengetahuan dan nasihat yang baik untuk teman-temannya. Dong-ryong sangat menyukai menari seperti ayahnya.

Pemeran Drakor Reply 1988

Review Drakor Reply 1988

Reply 1988 menjadi salah satu drama yang membuatku ikut baper dan galau. Bahkan ikut menangis dan tertawa di setiap adegannya. Drama yang cukup dekat dengan kehidupan sehari-hari walaupun durasinya cukup panjang.

Baru-baru ini kita sempat diributkan oleh drama start up dengan dua tim, yaitu Tim Nam Do-san dan Tim Han Ji-pyeong. Bahkan hastag tersebut ramai di twitter sehingga aku yang tak mengikuti drakor itu bisa mengetahuinya. Tapi ternyata jauh sebelum itu, ketika drakor reply 1988 tayang pun muncul dua tim, yaitu Tim Choi Taek dan Tim Jung-hwan. Banyak yang meyayangkan jika akhirnya Deok-sun menikah dengan Choi Taek. Begitu pula denganku yang berharap suami Deok-sun adalah Jung-hwan.

Jung Hwan dan Duk Seon

Bagaimana tidak? Sedari awal kita tahu jika Jung-hwan menyukai Deok-sun diam-diam. Walaupun sikapnya dingin dan kasar terhadap Deok-sun, semua itu dilakukan untuk menutupi perasaannya. Bahkan beberapa kali Deok-sun melakukan aktivitas bersama mulai bersembunyi berdua ketika dikejar oleh ayah Dong-ryong dan menonton acara musik bersama. Hingga mau datang ketika Deok-sun memintanya untuk datang ke tempat makan bersama teman sekolah Deok-sun.

Geng Ssamundong Drakor Reply 1988

Ketika Deok-sun mengatakan akan mengikuti kencan buta pun Jung-hwan melarangnya. Dari situ Deok-sun menganggap Jung-hwan menyukainya dan mulai mendekati Jung-hwan. Sayangnya Jung-hwan harus patah hati ketika mengetahui jika Choi Taek juga menyukai Deok-sun. Perlahan Jung-hwan merelakan Deok-sun untuk Choi Taek. Walaupun Jung-hwan sempat menyatakan perasaannya pada Deok-sun di depan Sun-woo dan Dong-ryong ketika mereka dewasa.

Untuk kalian yang mungkin masih tak rela jika Deok-sun akhirnya memiliki Choi Taek, mungkin harus memahami kembali ceritanya. Walaupun Choi Taek jarang menghabiskan waktu bersama Deok-sun akibat sibuk dengan pertandingan baduk, bahkan kita tak mengira jika Choi Taek menyukai Deok-sun. Tapi Choi Taek dan Deok-sun diceritakan saling perhatian dan melengkapi. Deok-sun selalu memperhatikan kondisi Choi Taek apakah kurang tidur, kedinginan, atau bahkan kelaparan.

Choi Taek dan Duk Seon

Di episode awal-awal pun ada adegan dimana Deok-sun yang akan berangkat sekolah dan bertemu Choi Taek yang sedang berdiri di depan rumah. Deok-sun mengatakan, "Minum susu yang banyak dan cepatlah besar, Taek kecilku. Agar bisa segera menikahku." Mungkin itu awal Choi Taek menyadari jika Deok-sun lebih dari sekedar teman.

Choi Taek dan Duk Seon Drama Reply 1988

Memang jika dibanding Jung-hwan yang pintar dan lebih bisa segalanya, Choi Taek hanya peduli dengan baduk dan tak bisa melakukan hal sepele bahkan hanya membuka makanan kemasan. Tapi Choi Taek lebih berani menunjukkan perasaannya pada Deok-sun dan mengakuinya pada teman-temannya. Dibandingkan Jung-hwan yang sering kali ragu dan malah berkata kasar pada Deok-sun. Itulah yang menjadikan Deok-sun akhirnya memilih Choi Taek.

Kisah mengenang kembali masa lalu di drama korea reply 1988 sangat menarik untuk dinikmati. Tak hanya sekedar cerita cinta, tapi juga tentang persahabatan, kehangatan keluarga, dan interaksi antar tetangga yang mungkin jarang ditemui sekarang. Tertarik menontonnya? Apakah kamu akan jadi tim Choi Taek atau tim Jung-hwan?
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

2 komentar

  1. Eh kayak filmnya Nirina Zubir dan Ringgo itu ga ya mbak? mirip-mirip pamerannya 5 sekawan, 1 cewek 4 cowok hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda pak, kalau get married itu kan nggak nikah sama sahabatnya ya. Kalau ini semacam cerita nebak dari 4 cowok itu siapa yang jadi suaminya gitu pak.

      Hapus

Posting Komentar