Jejak Tulisan Kaki Kecil

Drama Korea Hotel Del Luna, Hotel Khusus Para Hantu

Konten [Tampil]
Drama Korea Hotel Del Luna

Drama Korea Hotel Del Luna menceritakan tentang hotel yang sangat istimewa. Berada di tengah kota Seoul namun tak semua bisa mengetahuinya. Hanya para hantu dan manusia terpilih yang bisa mengetahui dan datang ke Hotel Del Luna.

Drama Korea Hotel Del Luna

Drama Hotel Del Luna adalah drama televisi Korea Selatan tentang yang tayang pada tahun 2019. Drama ini pernah memenangkan penghargaan Best Drama Series - Regional pada Asian Academy Creative Awards ke-2 tahun 2019.

Sinopsis Hotel Del Luna

Hotel Del Luna merupakan tempat persinggahan para hantu sebelum menuju alam baka. Hotel itu milik Jang Man-Wol sebagai hukuman untuk menebus dosa-dosanya. Jang Man-Wol telah terikat dengan hotel tersebut dalam waktu lebih dari 1000 tahun.

Dalam menjalankan hotelnya tersebut, Jang Man-Wol dibantu oleh tiga hantu yang menunda menuju alam baka dalam waktu cukup lama. Kim Sun-Bi, Choi Seo-Hee, dan Ji Hyun-Joong adalah staff yang membantu Man-Wol untuk melayani para tamu hantu. Sedangkan jika Man-Wol ingin berurusan dengan manusia, Man-Wol dibantu oleh manajer umum yang seorang manusia.

Manajer umum yang seorang manusia akan selalu berganti setiap beberapa periode. Manajer umum hotel ke-99 merupakan pilihan Mago. Selain itu, manajer tersebut juga hasil kesepakatan Man-Wol dan ayah Koo Chan-Sung akibat datang ke Hotel Del Luna saat masih hidup.

Koo Chan-Sung pada awalnya mencoba menolak permintaan Man-Wol tetapi hal tersebut tak membuat Man-Wol menyerah. Man-Wol memberikan hadiah ulang tahun yang membuat Koo Chan-Sung bisa melihat hantu. Melalui Koo Chan-Sung, Man-Wol menemukan cara agar bisa terbebas dari jeratan Hotel Del Luna.

Judul : Hotel Del Luna
Penulis Skenario : Hong Jung-eun dan Hong Mi-ran
Sutradara : Oh Choong-hwan
Tahun Tayang : 2019
Jumlah Episode : 16

Pemeran Hotel Del Luna

Siapa aja si yang terlibat dalam drama Hotel Del Luna?

1. IU sebagai Jang Man-Wol

Pemilik Hotel Del Luna lebih dari 1000 tahun. Man-Wol telah terikat pada hotel akibat dosa-dosa yang dilakukannya. Man-Wol hanya bisa lepas dan pergi ke alam baka jika menemukan orang yang lebih berdosa dari dirinya. Sayangnya Man-Wol tak mengingat dosa apa yang telah dilakukan.

2. Yeo Jin-Goo sebagai Koo Chan-Sung

Koo Chang-sung merupakan lulusan MBA Havard dan diterima di hotel terkenal korea. Akibat perjanjian ayahnya dengan Man-Wol menjadikannya dipilih sebagai manager Hotel Del Luna ke 99. Koo Chang-Sung berusaha mengatasi ketakutannya dengan hantu selama bekerja di hotel. Mimpi Koo Chang-Sung tentang Man-Wol membantu Man-Wol terlepas dari jeratan pohon bulan.

3. Shin Jung-Keun sebagai Kim Sun-Bi

Staff terlama yang bekerja pada Man-Wol. Bekerja sebagai bartender di sky bar hotel. Hidup pada masa dinasti Joseon dan dikenal sebagai cendekiawan Kim Shi-ik. Kim Sun-Bi menunda kepergian menuju alam baka untuk membersihkan namanya akibat dianggap telah menulis hal yang tidak layak saat hidupnya. Pada masa Joseon, menulis tentang rakyat jelata dianggap hina dan tidak pantas menjadi cendekiawan.

Pemeran Hotel Del Luna

4. Bae Hae-Sun sebagai Choi Seo-Hee

Staff yang mengurus kamar di Hotel Del Luna. Choi Seo-Hee hidup sebagai istri bangsawan dan melahirkan anak perempuan. Anak perempuan pada era Joseon tak bisa mewariskan nama keluarga, membuat anaknya dibunuh dan suaminya memiliki anak laki-laki dari perempuan lain. Choi Seo-Hee menjadi gila dan meninggal. Kejadian tersebut membuatnya menunggu penerus terakhir keluarga agar bisa pergi bersamanya ke alam baka.

5. P.O sebegai Ji Hyun-Joong

Seorang resepsionis hotel yang baik hati. Dirinya meninggal ketika menjadi siswa pada era perang korea. Ji Hyun-Joong telah menunggu selama 70 tahun agar bisa pergi ke alam baka bersama adiknya yang masih hidup. Ji Hyun-Joong mulai dekat dengan Kim Yoo-Na/Jang Soo-jung.

6. Kang Mi-Na sebagai Kim Yoo-Na/Jang Soo-jung

Seorang siswi kaya yang sombong. Dirinya tak sengaja membunuh temannya Jang Soo-jung dengan mendorongnya dari jembatan. Akibat hal tersebut menjadi alasan jiwanya pergi dan raganya kosong. Raga Yoo-Na akhirnya diambil alih oleh Soo-jung. Yoo-Na menjadi calon manajer setelah Koo Chan-Sung.
Pemeran Drama Hotel Del Luna

Drama Horor yang Mengingatkan Kematian

Drama yang sedikit berbau horor ini ternyata memberikan kesan yang cukup menampar bagiku. Sebelumnya drama comeback mister telah menyadarkan aku untuk selalu mengingat tentang kematian. Ternyata drama ini pun kembali mengingatkan aku tentang kematian.

1. Kematian bukan akhir

Drama yang mengingatkan akan kehidupan di dunia yang sementara dan kematian bukanlah akhir dari segalanya. Pada drama ini diceritakan jika Koo Chan-Sung mencoba menolong temannya yang ingin bunuh diri.

Seol Ji-won merupakan teman Koo Chan-Sung ketika kuliah di Havard. Seol Ji-won kembali hadir di kehidupan Koo Chan-Sung di Korea dan muncul sebagai tersangka pembunuhan berantai. Hal tersebut diketahui ketika Kim Yoo-Na melihat ada hantu di mobil Seol Ji-won dan mencoba menyelidikinya.

Adegan Koo Chan-Sung dan Seol Ji-won

Ketika polisi datang dan akan menangkap Seol Ji-won, dirinya meminta untuk bertemu dan berbicara dengan Koo Chan-Sung. Koo Chan-Sung mencoba berbicara dan mencegah Seol Ji-won yang akan bunuh diri.

Apa yang kau lakukan tak akan berakhir dengan kematian. Satu-satunya cara untuk menyelamatkan jiwamu adalah dengan tetap hidup dan membayar dosa-dosamu.
(Koo Chan-Sung)

Pernah nggak si kepikiran untuk memilih mati akibat lelah dengan segala hal di dunia ini? Padahal ketika kita meninggal dengan cara bunuh diri, akan ada dosa akibat perbuatan itu. Kematian hanya proses berpisahnya jiwa dan raga tetapi dosa akan tetap ada.

Perkataan Koo Chan-Sung pada Seol Ji-won adalah sebuah nasihat agar kita lebih menyadari dosa-dosa apa yang telah dilakukan dan berusaha untuk bertobat. Bukan malah mengakhiri hidup sebagai jalan keluarnya. Dengan menyadari kesalahan dan dosa maka kita bisa memohon kepada Allah agar bisa diampuni dan dihapuskan. Sehingga ketika kelak catatan perbuatan kita dibacakan, dosa tersebut tidak lagi disebutkan.

2. Kematian bisa kapan saja dan di mana saja

Siapa si yang tau kapan akan menghadapi kematian? Pada drama ini, ada tamu seorang ayah dan anaknya yang meninggal mendadak akibat tertabrak mobil. Kematiannya tentu tak pernah dibayangkan sebelumnya hingga meminta untuk dapat menikmati layanan khusus.

Hotel Del Luna melayani layanan khusus berupa telepon agar para hantu bisa berkomunikasi dengan manusia melalui mimpi. Ayah dan anak ini ingin memberitahukan dan pamit pada istrinya karena pergi secara mendadak.

Tamu Hotel

Dari kisah ayah dan anak tersebut, kita tak akan pernah tahu kapan dan di mana akan menghadapi kematian. Sebagai seorang hamba tentu kita berharap meninggal dalam keadaan baik. Bahkan perlu menyelipkan doa agar kematian yang diimpikan oleh setiap muslim bisa dirasakan oleh kita.

Para tamu yang muncul di drama korea Hotel Del Luna memberikan pelajaran bagi kita yang masih hidup. Tentang apa itu mengikhlaskan dibandingkan mempertahankan. Tentang memaafkan dibandingkan terus menyimpan dendam. Kalau kalian dapat pesan apa dari drama ini?
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

13 komentar

  1. Suka banhet sama Drama ini. Apapun dramanya kalo diperanin sama IU pasti no kalengkalenggg.

    BalasHapus
  2. Baru tau banget kalau drakor Hotel Del luna itu tentang perhantuan. Di cover dramanya ga sama sekali memperlihatkan hantu-hantuan. ke ke prank...
    penasaran nih dengan hotel transit hantu sebelum ke alam baka ini

    BalasHapus
  3. Idenya mirip dengan hotel Valhalla di bukunya Rick Riordan, tapi alur ceritanya jauh lebih bermakna dan banyak pelajaran yang bisa diambil.

    BalasHapus
  4. Drakor selalu menyelipkan makna di setiap kisahnya. Banyak pengetahuan bisa diambil meski hanya fiksi. Nonton drakor ini waktu itu nggak sampai habis. Mungkin kudu dilanjiut lagi nontonnya.

    BalasHapus
  5. Jadi pengen nonton lagi, tak udah gak sanggup maratonnya. Ini salah satu drama yang aku suka.

    BalasHapus
  6. Suka juga sama drakor ini. Jadi ingat terowongan terakhir menuju jembatan alam baka. Terowongan becek, dan hantunya naik mobil mewah buat nyebrang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini khas banget jadi lokasi perpisahan para tamu kalau mau menuju alam baka ya kak

      Hapus
  7. Walaupun drama horor tapi sepertinya tidak menakutkan ya mba

    BalasHapus
  8. Sejujurnya aku suka pemeran utama cowok dan ceweknya, tapi karena perhantuan udah deh langsung skip. Film2 bertema hantu2an yang berhasil kutonton sampai selesai cuma yang diperanin sama Taecyong eh siapa sih, itu lo yang jadi pemimpin Babel di Vincenzo. Itu pun nontonnya kuskip, skip wkwk.

    Lemah aku soal hantu2.. kemarin nonton Sell Your Haunted House juga akhirnya nggak kelar, hihi.

    BalasHapus
  9. Suka banget kalau Man Wol udah marah. Semua staf hotel bakal kaget. Untung stafnya hantu semua, jadi ga jantungan lagi tiap kali Man Wol ngamuk

    BalasHapus
  10. Nggak telaten nonton drakor. Anak gadis tuh yang pengemar berat drakor kadang ngajak-ngajak nonton. Apalagi nama-namanya kayaknya mirip semua... Susah bedain kalau nggak nonton beberapa kali. Jadi nyerah deh kalau bahas drakor

    BalasHapus
  11. Sering seliweran di medsos nih iklannya.
    Baru tahu ternyata jalan ceritanya tentang hantu... Heheheh

    BalasHapus
  12. Aku jadi penasaran sama drama ini mbaa.. hehehehe ga pernah nonton dan baru tahu..

    BalasHapus

Posting Komentar