Jejak Tulisan Kaki Kecil

Kisaran Biaya Operasi Gigi Impaksi Geraham Bungsu

Konten [Tampil]
Biaya Operasi Gigi Impaksi di Dokter Bedah Mulut

Biaya operasi gigi impaksi selalu menjadi pertanyaan bagi kebanyakan orang. Selain ketakutan akan rasa sakit ketika melakukan tindakan operasi, biaya yang tak sedikit juga menjadi pertimbangan orang untuk melakukan operasi gigi.

Gigi geraham bungsu sebenarnya bisa tidak dicabut jika tak menimbulkan masalah. Namun, kebanyakan gigi bungsu tumbuh dengan posisi yang miring. Hal tersebut terjadi akibat rahang terlalu sempit dan tidak memiliki ruang bagi gigi geraham yang tumbuh terakhir.

Posisi gigi dan tidak ada fungsi spesifik bagi gigi geraham bungsu itulah yang sering menjadi saran dokter gigi untuk dilakukan pencabutan. Hal tersebut untuk menghindari masalah yang lebih serius di kemudian hari. Dan biasanya pencabutan gigi geraham bungsu dilakukan oleh dokter bedah mulut karena kondisinya yang berbeda dibandingkan pencabutan gigi biasa.

Kisaran Biaya Operasi Gigi Impaksi

Posisi gigi geraham bungsu yang berada dipaling belakang membuat tindakan pencabutan tak semudah gigi lainnya. Tindakan pencabutan gigi bungsu tak jarang membutuhkan pembedahan gusi maka sebaiknya dilakukan oleh dokter bedah mulut bukan oleh dokter gigi umum.

Tindakan pencabutan gigi impaksi itulah yang membuat biayanya lebih mahal dibandingkan cabut gigi biasa. Lalu apa saja biaya yang akan dikeluarkan jika melakukan operasi gigi impaksi?

1. Konsultasi Awal

Saat merasakan nyeri di gigi bagian belakang maka bisa diakibatkan oleh gigi geraham bungsu. Untuk mengetahui penyebab pastinya tentu kita perlu berkonsultasi dengan dokter gigi. Terkadang gigi masih belum muncul dan tertutup gusi sehingga tak bisa dilihat hanya dengan mata telanjang.

Pada konsultasi awal ini biasanya dokter akan memberikan rujukan kepada kita agar melakukan rontgen panoramic. Agar gigi bungsu tersebut diketahui posisinya. Pada konsultasi awal ini biasanya akan mengeluarkan biaya 150rb-300rb tergantung tempat yang dikunjungi. Konsultasi ini bisa dilakukan 1-2 kali sebelum tindakan operasi.

2. Rontgen

Setelah mendapat rujukan dari dokter, kita bisa melakukan rontgen. Kita bisa memilih melakukan rontgen di rumah sakit agar hasilnya jelas. Jarang dokter menyarankan rontgen di klinik gigi karena keterbatasan alat untuk rontgen. Biaya rontgen panoramic berkisar 100rb-200rb.

3. Tes Darah

Melakukan tes laboratium diperlukan untuk mengetahui tekanan darah atau kelainan lainnya yang mungkin akan berpengaruh pada operasi gigi. Walaupun tergolong operasi kecil, tes darah tak jarang diminta oleh dokter untuk memastikan kondisi pasien dalam keadaan sehat. Untuk biaya melakukan tes darah di laboratorium berkisar 200rb-250rb.

4. Pencabutan Gigi

Setelah semuanya dalam kondisi baik maka dokter akan melakukan pecabutan gigi bungsu impaksi. Dalam prosedurnya dokter akan memberikan bius lokal yang membuat pasien tetap sadar namun tak merasakan sakit. Proses pencabutan bisa dilakukan dengan mencabut satu atau beberapa gigi dalam satu kali kunjungan tergantung saran dokter dan kesiapan pasien. Biaya cabut satu gigi impaksi berkisar 2 juta - 4 juta atau bisa lebih mahal jika di kota besar.

5. Obat

Mengalami sakit tentu tak lepas dari obat. Ketika melakukan konsultasi awal jika merasa tak nyaman maka dokter akan memberikan obat. Namun, jika baik-baik saja dokter hanya akan menyarankan menggunakan obat kumur untuk menjaga kebersihan area gigi dan mulut. Obat sebelum operasi berkisar 50rb-100rb.

Setelah tindakan operasi gigi, maka dokter akan kembali meresepkan obat untuk mengurangi rasa nyeri dan bengkak yang terjadi. Obat setelah operasi berkisar pada harga 200rb-350rb.

6. Kontrol dan Lepas Benang

Seminggu setelah tindakan operasi biasanya dokter akan meminta kita untuk kembali datang. Selain untuk melihat kondisi gusi, dokter juga akan melepas benang jahitan di gusi. Biaya kontrol dan lepas benang ini berkisar 100rb-200rb.

Penutup

Itulah perkiraan biaya operasi gigi impaksi jika akan menggunakan biaya pribadi tanpa ditanggung oleh asuransi. Dengan mengetahui perkiraan biaya tersebut maka bisa menjadi pertimbangan sebelum melakukan operasi gigi. Jika memang terlalu besar biayanya, operasi gigi impaksi bisa dilakukan dengan menggunakan BPJS dan kita hanya perlu sabar menunggu antrian.
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

6 komentar

  1. Mahal juga ya mbak kalo dikota besar. Kalo di daerah mungkin ga sampe segitu ya

    BalasHapus
  2. Hmm untung gigi geraham bungsu aku tumbuh baik dan teratur, coba kalo ga.. Hmm mikir biaya nya mayan juga ya, manyaaakk juga bisa bikin kantong bolong wkwkwk

    BalasHapus
  3. Huhuhu bener mahal ya..gigiku pun ada yg mesti di angkat, memang saat ini belum nyeri..pas tanya kisaran 1,5jt-2,5 jt per gigi mana 4 gigi yang mesti dicabut...lngsung mundur teratur, kl temenku pk bpjs naker sih ditanggung dia cabut lgsg 44nya dan rawat inap

    BalasHapus
  4. Lumayan bgtvya biayanya Mba, suami ada 6 gigi yg miring dj gusi...msih maju mundur mau dicabut >.<

    BalasHapus
  5. Ternyata untuk operasi gigi banyak tahapannya. Biayanya juga gede. Ga nyangka. Padahala biasanya sering dianggap sepele karena masalah gigi kebanyakan cuma sakit atau cabut aja

    BalasHapus
  6. ngilu jg ya kalau dibayangin , aku pernah rontgen panoramic jg, semoga gigi bungsu yg belum muncul tidak bermasalah nantinya :d

    BalasHapus

Posting Komentar