jejak tulisan si kaki kecil

3 Cara Mengatasi Gigi Bungsu Tumbuh Tertutup Gusi

Konten [Tampil]
3 Cara Mengatasi Gigi Bungsu Tumbuh Tertutup Gusi

Gigi bungsu tumbuh tertutup gusi tentu akan menimbulkan rasa yang tak nyaman. Bahkan tak jarang menimbulkan rasa sakit dan menimbulkan gusi bengkak. Hal tersebut akibat sisa makanan yang terjebak diantara gusi dan gigi bungsu yang sedang tumbuh. Posisi gigi bungsu yang terletak pada ujung belakang, membuatnya sulit dibersihkan dengan baik.

Gigi Bungsu Tumbuh Tertutup Gusi

Gigi bungsu yang tumbuh pada bagian rahang bawah terkadang ada yang tertutup gusi sebagian. Sehingga kita hanya bisa melihat sebagian gigi. Selain itu, gigi yang dapat dibersihkan dengan sikat gigi pun hanya sebagian yang tampak dan tak tertutup gusi. Sedangkan gigi yang tertutup gusi biasanya sulit dibersihkan.

Gigi bungsu yang tertutup gusi ini biasanya menjadi masalah jika ada sisa makanan yang tertinggal diantara gusi dan gigi. Makanan tersebut bisa menyebabkan infeksi akibat bakteri dan menyebabkan gusi bengkak. Lalu timbulkan rasa sakit yang tak tertahankan. Bahkan bisa membuat mulut sakit ketika dibuka.

Lalu bagaimana mengatasi gigi bungsu yang tertutup gusi sebagian itu?

1. Meminum Obat

Pertolongan pertama untuk mengatasi nyeri akibat gigi bungsu yang tertutup gusi adalah dengan meminum obat. Obat anti nyeri yang mudah di dapatkan di apotek adalah asam mefenamat. Obat tersebut dapat diminum untuk mencegah timbulnya rasa nyeri akibat sakit gigi.

Namun, perlu diperhatikan jika mengkonsumsi obat tersebut sebaiknya hanya 3 hari saja. Jika masih muncul rasa sakit jika tak meminum obat lagi. Maka sebaiknya pergi ke dokter untuk menentukan solusi terbaik dari rasa sakit yang ditimbulkan.

2. Memotong Gusi

Dokter akan menyarankan untuk memotong gusi yang menutup gigi jika masih merasakan sakit setelah meminum obat. Sebelum dilakukan tindakan biasanya dokter akan memberikan antibiotik berupa amoxcillin untuk mengatasi infekasi bakteri yang telah terjadi sebelumnya.

Memotong gusi tersebut dilakukan untuk membantu gigi bungsu tumbuh dan mencegah penumpukan sisa makanan diantara gigi dan gusi. Pemotongan gusi bisa dilakukan jika masih ada ruang untuk gigi bungsu tersebut atau adanya rencana gigi bungsu ditarik ke bagian depan menggunakan kawat gigi.

Tindakan pemotongan gusi tak serta merta membuat masalah bisa selesai. Adanya kemungkinan gusi kembali tumbuh dan menutup gigi sehingga perlu kembali dilakukan pemotongan gusi.

3. Operasi Gigi

Jika posisi gigi bungsu yang tertutup gusi tak bisa diatasi dengan pemotongan gusi maka operasi gigi akan disarankan oleh dokter. Operasi gigi dilakukan jika gigi impaksi dan sebaiknya dicabut untuk menghindari masalah yang lebih serius.

Walaupun bagi sebagian orang melakukan operasi gigi terlihat menakutkan. Pada kenyataannya efek yang ditimbukan operasi gigi sangatlah kecil dibandingkan gigi impaksi yang dibiarkan begitu saja. Tak jarang banyak efek negatif yang lebih berbahaya jika gigi impaksi dibiarkan. Gigi yang tumbuh miring bisa mendorong gigi di depannya sehingga susunannya menjadi berantakan. Bahkan bisa menimbulkan kista atau tumor.

Penutup

Gigi bungsu tumbuh tertutup gusi biasanya terjadi pada gigi geraham bawah. Gigi geraham yang tumbuh sebagian tertutup gusi yang mengakibatkan sisa makanan tertinggal di antara gusi dan gigi. Hal tersebutlah yang membuat infeksi dan bengkak. Jika ingin mengatasinya terdapat beberapa pilihan mulai dari meminum obat hingga melakukan operasi gigi.
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar