jejak tulisan si kaki kecil

Tips Membuka Toko Buah Online yang Laris, Catat Yuk!

Konten [Tampil]
Tips Membuka Toko Buah Online yang Laris, Catat Yuk!

Hai, kawan si Kici!

Toko buah bukan bisnis baru yang bisa kamu coba. Pasalnya, sudah sejak lama, bisnis ini ada, terlebih lagi peminat buah dari tahun ke tahun juga semakin meningkat. Jadi, tak heran jika bisnis toko buah menjadi peluang usaha yang menjanjikan dan menguntungkan.

Tips Memulai Usaha Toko Buah

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membuka usaha toko buah, agar mendapatkan keuntungan yang kamu harapkan. Ikuti beberapa tips memulai usaha toko buah di bawah ini. Seperti:

1. Menentukan Lokasi Toko

Langkah pertama sebelum membuka usaha adalah mencari lokasi yang strategis. Kamu bisa menyewa sebuah toko di sekitar kompleks, depan RS, atau pinggir jalan yang ramai. Rumah sakit bisa menjadi pilihan yang cocok, karena banyak orang mencari makanan sehat sebagai buah tangan saat menjenguk kerabat. Display beberapa buah yang masih bersih agar menarik konsumen.

2. Melakukan Riset Pasar

Tips dagang buah selanjutnya adalah melakukan riset pasar. Gunanya untuk mengetahui jenis buah yang paling banyak diminati dan potensi adanya kompetitor. Selain itu, riset pasar juga perlu kamu lakukan untuk mencari suplier buah yang berkualitas.

Membuka toko buah berarti harus memastikan buah yang dijual berkualitas dan masih segar. Untuk mendapatkan buah berkualitas, maka harus mencari supplier yang cocok. Supplier yang bagus akan memasok produk buah berkualitas.

Semakin berkualitas buah-buahan yang kamu jual, maka akan banyak pelanggan datang, peluang dagangan laris manis juga terbuka lebar.

3. Memastikan Pasokan Buah Tetap Stabil

Selanjutnya adalah memastikan supplier dapat memasok buah secara konsisten. Oleh karena itu, kamu bisa mencari perkebunan terdekat yang akan memasok buah segar. Selain buah lebih segar, membeli dari perkebunan terdekat juga bisa menghemat biaya operasional. Tentu ini akan memberikan keuntungan tersendiri, bukan?

Tidak semua pemilik usaha toko buah mempunyai rekanan perkebunan, kamu juga bisa mendapatkan produk berkualitas dari distributor besar. Sehingga dapat menjamin pasokan buah dapat terus terjaga.

4. Menjual Buah Yang Bervariasi Jenisnya

Pastikan kamu menjual jenis buah yang bervariasi. Tujuannya agar pembeli merasa puas dengan kondisi toko buah milikmu. Usahakan kamu menyediakan buah yang sering dicari orang, misalnya jeruk, apel atau semangka.

5. Mengecek Kondisi Buah Secara Berkala

Tidak selamanya buah akan terus segar, lama-kelamaan produk layu dan busuk. Oleh karena itu, penting bagi pemilik usaha untuk mengecek kesegaran buah secara berkala. Pastikan kondisi buah selalu segar, jika ada sebagian buah yang mulai membusuk, maka pisahkan. Jika perlu bungkus buah dengan nilon transparan. Agar tidak rugi, kamu bisa berjualan jus buah dari beberapa produk yang tidak laku.

6. Promosi Di Media Sosial

Di era digital seperti sekarang ini, berjualan online memang bukan hal baru. Berjualan online berpeluang akan mendapatkan pelanggan lebih luas. Kamu bisa mempromosikan buah-buah melalui media sosial, seperti instagram, fb atau lainnya.

Analisa Bisnis Toko Buah

Berbisnis toko buah, artinya kamu harus mengetahui beberapa hal termasuk menganalisis modal awal yang dibutuhkan. Berikut adalah estimasi analisa usaha buah-buahan, sebagaimana berikut :
  • Untuk kebutuhan sewa lokasi sekitar sekitar Rp. 5.000.000
  • Timbangan buah Rp. 350.000
  • Etalase buah kisaran harga Rp. 3.000.000
  • Rak buah Rp. 2.000.000
  • Kursi dan beberapa meja, sekitar Rp. 2.500.000
  • Pisau
  • Mesin Pendingin Rp. 2.000.000
  • Banner Rp. 150.000
  • Lainnya Rp. 500.000
Perkiraan di atas dapat kamu sesuaikan lagi dengan kondisi dan kebutuhan.

Usaha Toko Buah Online Di Sayurbox

Tertarik membuka usaha toko buah, tapi belum ada modal untuk mengawalinya? Tenang, karena kini ada Sayurbox. Sayurbox memberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin menjadi reseller atau dropshiper. Dengan begitu, kamu bisa menjual buah-buahan tanpa perlu memikirkan lokasi, serta kualitas produk.

Karena produk yang Sayurbox diambil langsung dari para petani, sehingga terjamin kualitas dan harganya pun jauh lebih murah. Dengan demikian, keuntungan yang kamu dapatkan akan lumayan. Klik https://www.sayurbox.com/category/fruits-1-cdd2074a untuk melihat beberapa macam buah di Sayurbox.
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar