jejak tulisan si kaki kecil

Seperti Apa Jenis dan Cara Kerja Partnership Business?

1 komentar
Konten [Tampil]
Seperti Apa Jenis dan Cara Kerja Partnership Business?

Hai, kawan si Kici!

Siapa nih yang sedang mencari tau tentang Partnership Business? Untuk mendukung kesuksesan dalam bisnis, tidak jarang beberapa perusahaan melakukan partnership. Dalam kegiatan partnership, masing-masing pihak akan saling berpengaruh dalam hal operasional maupun keuangan perusahaan. Jika sukses, maka setiap pihak akan mendapatkan profit.

Kegiatan partnership merupakan kegiatan yang legal, untuk menganggap kegiatan ini sah, kita dan mitra cukup membuat surat perjanjian kerja yang telah disepakati kedua belah pihak.

Apakah kawan si Kici penasaran seperti apa cara kerja partnership? Yu, simak dalam ulasan kali ini!

Jenis-jenis Partnership Business

Sebelum kita membahas cara kerja partnership, kita harus tahu lebih dulu jenis-jenis partnership. Ini karena cara kerja partnership berbeda-beda pada setiap jenisnya. Berikut ini beberapa jenis partnership dalam bisnis.

1. General Partnership

Jenis ini merupakan adalah yang paling umum. Dalam jenis ini, kita tidak harus memiliki badan usaha yang terdaftar resmi. Proses kerja sama jenis ini langsung dilakukan setelah kita dan rekan menandatangani perjanjian kerja sama. Kemudian, kepemilikan dan profit bisnis akan dibagi antara pihak-pihak yang terlibat.

2. Limited Partnership

Jenis perjanjian kerja sama ini bersifat formal dan diotorisasi oleh negara. Para pelaku limited partnership memiliki general partner di mana ia bertanggung jawab mengelola bisnis serta memiliki beberapa limited partnership. yang mendukung pendanaan, namun mereka tidak secara aktif mengelola bisnis.

Maka dapat kita artikan bahwa limited partnership akan menginvestasikan dana kemudian memperoleh profit tapi mereka tidak bertanggung jawab terhadap liabilitas atau hutang.

3. Limited Liability Partnership

Dalam jenis ini, semua pihak yang terlibat dalam partnership juga terlibat dalam bisnis. Tapi setiap partner memiliki liabilitas yang berbeda-beda sesuai dengan peran mereka.

Setiap pihak yang menjalankan partnership jenis ini bisa bertanggung jawab pada liabilitas legal ataupun hutang yang terdapat dalam bisnis. Tapi, walau begitu, mereka tidak bertanggung jawab terhadap kesalahan yang dilakukan pihak lain.

4. Limited Liability Limited Partnership

Partnership adalah merupakan bentuk kerja sama yang dilakukan di beberapa negara bagian di Amerika. Contohnya negara bagian Arizona, Alabama, Utah, Ohio, New Mexico, serta Georgia. Sebenarnya, cara kerja partnership satu ini mirip seperti Limited Partnership yang memiliki satu general partner untuk mengelola bisnis.

Cara Kerja Partnership

Masing-masing jenis partnership memiliki cara kerja yang berbeda-beda. Dari perbedaan tanggung jawab sampai dengan hak masing-masing partner.

Oleh karena itu, ketika kita ingin menjalankan kemitraan, pastikan terlebih dulu menentukan jenis partnership yang sesuai. Selain itu, pertimbangkan juga mitra yang ingin kerja sama, apakah sebaiknya kita bekerja sama dengan bisnis baru atau bisnis yang sudah ada.

Jika kita sudah menentukan jenis partnership, pastikan kesepakatan kerja sama itu tercatat secara sah dalam bentuk kontrak perjanjian atau MoU. Ini penting untuk menguatkan hak dan tanggung jawab di mata hukum.

Bila semua hal sudah selesai, maka kerjasama pun bisa dijalankan sesuai dengan hal-hal yang sudah tertulis dalam kontrak perjanjian kerja sama. Mulai dari tanggung jawab masing-masing, sampai dengan pembagian keuntungan.

Guna melancarkan perhitungan pembukuan dalam kerja sama. Ada baiknya setiap bisnis menggunakan software akuntansi online yang memiliki sistem otomatisasi seperti software akuntansi RedERP.

Ada berbagai fitur lengkap dalam software akuntansi RedERP, seperti automatisasi jurnal dan buku besar, perhitungan pajak, manajemen & penjualan pelanggan, kelola arus kas, sampai multi-currency. Yuk, kunjungi situsnya untuk tahu lebih lanjut!
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

1 komentar

  1. Untuk sekarang sih belum kefikiran hal ini, dan malah baru tau ternyata banyak istilah-istilah untuk partnership gini.

    Kayak nya untuk sekarang lebih ke ngebantu temen aja, bikin usaha kecil''an yang semoga aja dengan ngebantu gini, bisa dapet pahala

    BalasHapus

Posting Komentar