jejak tulisan si kaki kecil

Cara Mengobati Ruam Popok pada Bayi, Aman dan Mudah!

Konten [Tampil]
Cara Mengobati Ruam Popok pada Bayi, Aman dan Mudah!

Hai, kawan si Kici!

Gimana si cara mengobati ruam popok pada bayi? Apalagi buat ibu baru, duh pasti bingung ya gimana cara mengatasinya. Apalagi ruam ini tuh nggak nyaman banget.

Ruam Popok

Sebenarnya apa si itu ruam popok? Ruam popok ini adalah kondisi yang terjadi dengan tanpa bercak merah atau lecet pada pantan, paha, ataupun alat kelamin. Biasanya bayi akan merasa tak nyaman dan sakit ketika disentuh.

Cara Mengobati Ruam Popok pada Bayi

Nah, masih penasaran cara mengatasi ruam popok? Yuk, coba lakukan beberapa hal berikut!

1. Rutin Ganti Popok

Popok bayi sebaiknya rutin diganti karena jika lembab akan menjadikan kulit lebih mudah mengalami iritasi lalu timbulah ruam.

2. Pilih Popok yang Nyaman

Popok untuk bayi perlu dipilih yang pas, tidak terlalu kecil atau sempit yang membuat kulit susah bernafas. Jika terlalu besar juga bisa menyebabkan popok kendor dan tak bisa menampung kotoran bayi dengan baik.

3. Bilas Pantat Bayi dengan Air Hangat

Membersihkan pantat bayi dengan tisu basah memang praktis tetapi lebih dianjurkan membilasnya dengan air yang hangat. Membilas dengan air akan menghindari kulit bayi iritasi karena kulit yang sensitif.

4. Pastikan Kulit Bayi Kering Sebelum Menggunakan Popok

Setelah dibersihkan, pastikan kulit sudah kering karena jika belum kering maka kulit akan lembab ketika menggunakan popok. Jadi pastikan lap kulit bayi dengan kain atau tisu agar tak lembab dan bisa menyebabkan kulit iritasi saat menggunakan popok.

5. Beri Jeda Penggunaan Popok

Kita perlu memberikan jeda ketika menggunakan popok apalagi jika bayi hanya berada di rumah. Biarkan beberapa waktu bayi tak menggunakan popok agar kulit bisa bernapas lega.

6. Berikan Salep

Jika memang ruam sudah sangat mengganggu tak ada salahnya kita mengoleskan salep pada pantat dan sekitarnya. Pilihnya salep yang cocok dan khusus untuk mengatasi ruam akibat penggunaan popok bayi.

Penutup

Nah, itulah beberapa cara mengobati ruam popok pada bayi. Kira-kira apa si yang akan kawan si Kici lakukan jika bayi mengalami ruam popok? Boleh loh sharing pengalaman di kolom komentar!
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar