jejak tulisan si kaki kecil

Doa Keselamatan Berkendara agar Aman Saat Mudik!

Konten [Tampil]
Doa Keselamatan Berkendara agar Aman Saat Mudik!

Hai, kawan si Kici!

Siapa nih yang udah mulai persiapan mudik? Ada baiknya kita membaca doa keselamatan ketika berkendara. Apalagi bagi umat Muslim tuh wajib mengawali setiap aktivitasnya dengan doa termasuk ketika akan berpergian menggunakan kendaraan.

Rasulullah SAW semasa hidupnya juga senantiasa membaca doa ketika hendak safar dengan mengendarai unta atau kuda. Membaca doa ketika akan berkendara bertujuan untuk meminta keselamatan kepada Allah SWT. Sehingga perjalanan bisa lancar dan terhindar dari marabahaya.

Doa Keselamatan Ketika Akan Berkendara

Nah, aku tuh sudah merangkum dari berbagai sumber artikel tentang doa yang sebaiknya kita lantunkan ketika akan berpergian lengkap beserta dengan artinya. Penasaran ngga kira-kira doa apa aja si yang seharusnya kita baca ketika akan berkendara? Yuk, simak penjelasannya!

Doa Ketika Keluar Rumah

Sejak kecil, kita pasti diajarkan untuk berdoa ketika akan keluar rumah. Namun ketika besar, masih sering membacanya nggak tuh? Apa malah lupa? Padahal udah hafal diluar kepala dari kecil. Masih tau nggak si apa doanya?

"Bismillaahi Tawakkaltu ‘Alalloh, Laa Hawla Wa Laa Quwwata Illaa Billaah"
Artinya: Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada-Nya, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya.

Doa ini tuh dimaksudkan jika kita bertawakal kepada Allah karena kita akan pergi keluar rumah. Siapa si yang tau apa yang akan terjadi kedepannya? Makannya kita meminta perlindungan agar bisa terhindar dari marabahaya seperti kecelakaan karena kita sebagai hamba tak memiliki kekuatan kecuali atas izin Allah.

Doa Ketika Naik Kendaraan

Ketika kita akan naik ke atas kendaraan apapun sebaiknya kita juga memanjatkan doa kepada Allah. Entah itu kendaraan yang berada di darat, laut, dan udara, kita sebaiknya meminta pertolongan agar dihindarkan dari bahaya juga meminta ampunan dosa. Sehingga kita bisa lebih tenang selama di perjalanan. Doa apa si yang harus kita baca?

"Bismillah, Bismillah, Bismillah

Alhamdulillah

Subhaanalladzii Sakh-Khoro Lanaa Haadzaa Wa Maa Kunnaa Lahuu Muqriniin

Wa Innaa Ilaa Robbinaa Lamun-Qolibuun

Alhamdulillah, Alhamdulillah, Alhamdulillah

Allohu Akbar, Allohu Akbar, Allohu Akbar

Subhaanaka Innii Qod Zholamtu Nafsii, Faghfirlii Fa-Innahuu Laa Yaghfirudz Dzunuuba Illaa Anta"

Doa ini memiliki arti sebagai berikut :

Dengan menyebut nama Allah

Segala puji bagi Allah

Mahasuci Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Rabb kami.

Mahasuci Engkau, sesungguhnya aku telah menzalimi diriku sendiri maka ampunilah aku, karena tidak ada yang mengampuni dosa-dosa selain Engkau.


Doa Ketika Sudah Berada Di Atas Kendaraan

Hal terakhir yang sebaiknya kita baca ketika berkendara adalah doa ketika diatas kendaraan. Doa ini adalah meminta agar perjalanan bisa lancar. Siapa si yang bisa menebak apa yang akan terjadi? Kadang kita sudah merencanakan perjalanan sebaik mungkin tetapi ada saja halangannya. Mungkin kita belum meminta pada Allah pada dilancarkan dan perjalanan terasa lebih singkat.

Penasaran apa si doa yang perlu kita baca? Inilah doa yang sebaiknya kita lantunkan ketika berada di atas kendaraan.

"Allohu Akbar, Allohu Akbar, Allohu Akbar.

Subhaanalladzii Sakh-Khoro Lanaa Haadzaa Wa Maa Kunnaa Lahuu Muqriniin.

Wa Innaa Ilaa Robbinaa Lamun-Qolibuun. Allohumma Innaa Nas-Aluka Fii Safarinaa Haadzaa Al-Birro Wat Taqwaa Wa Minal ‘Amali Maa Tardhoo.

Allohumma Hawwin ‘Alainaa Safaronaa Haadzaa, Wathwi ‘Annaa Bu’dahuu.

Allohumma Antash Shoohibu Fis Safar, Wal Kholiifatu Fil Ahli. Allohumma Innii A’uudzubika Min Wa’tsaa-Is Safari Wa Ka-Aabatil Manzhori Wa Suu-Il Munqolabi Fil Maali Wal Ahli."


Doa ini memiliki arti, yaitu:

Allah Mahabesar, Allah Mahabesar, Allah Mahabesar.

Mahasuci Allah yang telah menundukkan untuk kami kendaraan ini, padahal kami sebelumnya tidak mempunyai kemampuan untuk melakukannya, dan sesungguhnya hanya kepada Rabb kami, kami akan kembali.

Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan, ketakwaan, dan amal yang Engkau ridhai dalam perjalanan kami ini.

Ya Allah, mudahkanlah perjalanan kami ini, dekatkanlah bagi kami jarak yang jauh.

Ya Allah, Engkau adalah rekan dalam perjalanan dan pengganti di tengah keluarga.

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesukaran perjalanan, tempat kembali yang menyedihkan, dan pemandangan yang buruk pada harta dan keluarga.


Doa Ketika Melewati Jalan yang Menurun dan Menanjak

Pernahkah kita melewati jalan yang menurun dan menanjak? Apalagi jika dipegunungan, pastinya tanjakan dan turunan ini cukup ekstrem bagi kita yang berasal dari kota. Tak jarang menimbulkan rasa takut dan was-was jika terjadi sesuatu.

Sebagai muslim, ketika perasaan itu muncul maka ucapkan "Subhanallah" ketika melewati jalanan yang menurun. Sedangkan ketika melewati jalanan yang menanjak maka ucapkan "Allahu Akbar". Insya Allah perasaan kita akan lebih tenang dan tak lagi aneh-aneh memikirkan yang tidak-tidak.

Penutup

Nah, itulah kumpulan doa keselamatan ketika kita berkendara sesuai ajaran Islam yang bisa dibaca oleh umat Muslim. Selain itu, kita bisa mengunjungi Indozone untuk doa khusus saat menggunakan kendaraan darat, laut, dan udara. Semoga perjalanan mudik kawan si Kici kali ini lancar dan bisa selamat sampai tujuan ya! Sehingga bisa berkumpul dan merayakan lebaran bersama keluarga.
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar