jejak tulisan si kaki kecil

Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta Saja!

Konten [Tampil]
Hai, kawan si Kici!

Siapa nih yang sedang mencari peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta? Terkadang menjadi ibu rumah tangga tuh suka diremehkan makannya banyak yang ingin mencari kegiatan dan berharap menghasilkan uang.

Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga tuh nggak ada salahnya untuk usaha. Apalagi peluang untuk usaha bagi ibu rumah tangga tuh banyak. Jadi nggak usah bingung deh.

Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta

Nah, buat kalian yang mau usaha dan modal terbatas. Bisa banget nih coba beberapa usaha dibawah ini.

1. Jasa Print

Membuka jasa print tuh bisa jadi salah satu peluang usaha. Apalagi kalau anaknya sekolah. Pastinya ada tuh tugas print dan tak jarang anak suka mendadak memberi tahunya. Jadi manfaatkan itu dengan menawarkan mengirim file dan nantinya akan diberikan ketika bertemu di sekolah.

Bisa juga tawarkan jasa print foto yang juga bisa ditawarkan untuk foto ala-ala fotobox, pas foto, dan foto lainnya. Jadi jasa printnya lebih bervariasi.

Modal untuk usaha ini bisa dibawah satu juta. Kita hanya perlu printer dengan harga sekitar 500rb dan kertas cetak dengan harga sekitar 200rb-300rb. Tentunya bisnis ini bisa berjalan jika kita sudah memiliki modal laptop atau komputer yang digunakan untuk membuka file sebelum mencetaknya.

2. Makelar

Suka mengobrol dan banyak relasi? Bisa nih memanfaatkan untuk jadi makelar. Ibu-ibu tuh biasanya jago lah masalah tawar menawarkan barang. Makelar ini nantinya mencari pembeli dan kemudian dipertemukan dengan penjual yang memiliki barang.

Biasanya nih makelar tuh berhubungan dengan properti, kendaraan, atau hal lain yang harganya lumayan. Jadi komisi yang didapatkan pun cukup lah untuk membeli barang incaran.

Kita hanya perlu skill komunikasi dan merayu cukup tinggi karena komisi didapatkan ketika barang terjual.

3. Jasa Titip Anak

Sering banget deh dapet curhatan di twitter tentang menitipkan anak. Nah, daripada ngedumel mending tuh memanfaatkannya sebagai bisnis. Lumayan kan kita dapat uang, orang lain yang sibuk pun bisa menitipkan anaknya.

Jasa penitipan anak ini setidaknya hanya butuh modal mainan anak. Harganya pun bervariasi mulai dari puluhan hingga ratusan sesuai dengan kebutuhan. Kita juga bisa menyediakan berbagai buku dan kursi untuk anak usia mendekati sekolah.

4. Jasa Setrika

Siapa yang menjadikan setrika baju itu me time? Kenapa nggak sekalian memanfaatkan untuk bisnis. Banyak loh orang yang malas setrika baju karena alatnya belum ada di pasaran. Kalau cuci baju mah pake mesin cuci bisa.

Membuka jasa setrika ini kita membutuhkan keranjang dengan harga berkisar 200rb untuk beberapa buah, pewangi pakaian dengan harga berkisar 100rb untuk satu bulan, plastik dengan harga berkisar 100rb untuk satu bulan, dan listrik dengan biaya berkisar 200-250rb per bulan. Nah, untuk meja kita bisa memanfaatkan yang ada atau bisa juga setrika di bawah dengan alas.

Gimana tertarik gak untuk membuka jasa setrika ini? Modal awalnya pun cukup murah sekitar 500rb atau bisa disesuaikan lagi pastinya bisa lebih murah atau mahal tetapi tak akan lebih dari 1 juta.

5. Bisnis MLM

Suka ngobrol dan menawarkan barang, maka bisnis MLM bisa menjadi salah satu pilihan. MLM tuh biasanya rame dikalangan perempuan terutama ibu rumah tangga karena bisa berjualan tanpa perlu stok barang.

Modal untuk bisnis MLM biasanya biaya perndaftaran atau membeli sejumlah barang dengan nominal tertentu. Semua itu tergantung dari kebijakan MLM. Selain itu, kita juga perlu modal kuota internet untuk mempromosikan barang. Tentunya dibutuhkan konsistensi promosi agar kita dapat menikmatinya hasilnya.

6. Jasa Titip

Jasa titip bisa menjadi salah satu bisnis yang cukup menguntungkan. Kita hanya perlu melihat apa saja si produk khas daerah yang bisa dikirim ke luar kota. Jasa ini bisa dilakukan dengan bekerja sama dengan UMKM setempat karena belum semua pemilik UMKM melek digital dan berjualan secara online.

Bisnis ini hanya modal kuota internet, biaya transportasi, dan alat packing. Namun, jika kita bisa bekerjasama dengan baik dengan pemilik produk, bisa loh hanya modal internet sebagai bahan promosi dan berhubungan dengan pembeli. Kita hanya perlu meneruskan pesanan ke pemilik produk.

7. Makeup Artist

Perempuan tuh biasanya ada yang jago make up dan menikmatinya sebagai sebuah karya. Nah, jika kamu suka make up dan memiliki peralatan yang cukup lengkap, kenapa tidak memanfaatkan untuk menawarkan jasa make up artist?

Membuka jasa MUA bisa dijadikan pilihan untuk pernikahan, wisuda, foto maternity, dan lainnya. Kita hanya modal kuota internet jika memang peralatannya sudah lengkap. Jika belum mungkin bisa melengkapinya dan juga menambah koper make up serta ring light.

8. Jual Pulsa

Siapa si yang tak membutuhkan pulsa? Kayaknya pulsa udah jadi kebutuhan sehari-hari. Jadi kenapa tidak menjadinya bisnis? Apalagi kita bisa melebarkan jenisnya menjadi jual kuota, bayar listrik, dan lainnya sebagainya.

Biasanya kita bisa bebas mendepositkan berapa setiap kali mengisinya. Jadi bisa pas 1 juta atau bisa juga kurang. Menjual pulsa tuh butuh keberanian untuk menagih karena sangat rawan untuk hutang. Jadi buang tuh rasa nggak tegaan, takutnya deposit habis tetapi uang diterima kurang. Nantinya akan susah untuk mengisi deposit yang baru.

9. Dropship barang

Bisnis dropship bisa menjadi pilihan untuk modal terbatas. Biasanya kita tak perlu stok barang jadi hanya model kuota internet saja. Bisnis ini kita perlu rajin mempromosikan dan mencari pembeli yang tertarik dengan produk kita.

Tak perlu malu jika memang hanya mampu memulai dengan dropship. Banyak kok dropshipper yang sukses padahal memulainya dari bisnis ini. Kita hanya perlu percaya diri dan menjelaskan produk dagangan kita dengan baik agar pembeli tertarik.

10. Les privat

Suka mengajar atau memiliki anak yang pintar? Biasanya bisa menjadi cara untuk menawarkan jasa les privat. Apalagi jika memiliki anak yang pintar di sekolah, pastinya ibu-ibu lain akan lebih mempercayakan anaknya untuk dibimbing.

Bisnis ini hanya butuh modal papan tulis, meja, lipat, dan karpet. Nantinya jika memang modalnya kembali dan menghasilkan keuntungan yang cukup, bisa loh menyewa sebuah ruangan yang lebih besar agar bisa menampung lebih banyak murid.

11. Preloved

Punya banyak barang dan bingung mau di kemana kan? Jika memang masih bagus dan layak digunakan kenapa tidak dijual kembali saja? Hitung-hitung mengurangi space dan tentunya kita bisa membeli barang lain yang dibutuhkan.

Modalnya? Ya hanya kuota internet saja untuk mempromosikan barang dan berkomunikasi dengan calon pembeli. Jika sukses bisa loh sekalian membuka jasa titip jual barang-barang preloved.

Penutup

Itulah beberapa pilihan peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal 1 juta. Menurut kalian peluang mana yang menarik untuk dilakukan?
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar