jejak tulisan si kaki kecil

Cara Mengatasi Stress Kerja, Murah Dan Mudah Dilakukan

1 komentar
Konten [Tampil]
Cara Mengatasi Stress Kerja, Murah Dan Mudah Dilakukan

Hai, kawan si Kici!

Penasaran nggak si gimana cara mengatasi stress kerja? Bagi para pekerja tentunya pernah merasakan stress ketika bekerja. Ngaku nggak? Nggak usah malu deh 😁

Kalau dulu pas aku masih kecil mah enak ya liat orang dewasa bebas bisa ngapain aja. Nggak kaya aku yang masih kecil dan diatur ini itu. Ternyata kehidupan orang dewasa tuh nggak semudah dan seenak itu.

Bahkan kerja aja yang dibayar tuh bisa lho kita merasakan stress. Kok bisa? Iya, stress kerja adalah keadaan tertekan akibat beberapa hal yang bisa berdampak pada fisik dan psikis.

Apa Aja si Penyebab Stress Kerja?

Kalau tau kerja bikin stress, kita harus menghindarinya sebisa mungkin dong. Jadi kita harus tau hal apa yang bisa menjadikan stress kerja. Kalau gitu apa aja si penyebabnya?

Penyebab Stress Kerja

1. Tuntutan Atasan

Memiliki atasan yang menutut pekerjaan yang baik bisa menjadi salah satu penyebab stress. Walaupun nggak semua atasan adalah penutut karena jenis atasan akan berbeda-beda. Sayangnya nggak semua orang bisa cocok satu sama lain.

Jika kita sebagai bawahan merasa atasan penuntut dan tak bisa sepemikiran maka akan timbul stress ketika kerja. Apalagi sebagai bawahan tentu kita akan mencoba melakukan sesuatu agar bisa diterima atasan apalagi terkait pekerjaan yang kita lakukan. Beban itulah yang bisa menimbulkan stress akibat atasan yang penuntut.

2. Beban Kerja

Memiliki beban kerja yang cukup tinggi di kantor bisa menjadi penyebab stress. Apalagi jika kamu menjadi andalan di kantor. Duh, bisa-bisa banyak pekerjaan yang dilimpahan deh ke kamu. Sedangkan karyawan yang lain menanggung beban yang cukup sedikit. Masa si? Ada kok perbedaan beban kerja kaya gini. Cuma kadang kamu sadar aja.

Beban kerja yang tinggi juga bisa terjadi apabila jumlah karyawan dan jumlah pekerjaan tidak imbang. Hal itu menyebabkan setiap karyawan menanggung beban kerja yang banyak. Jadilah beban tersebut menjadi penyebab stress.

3. Lingkungan Kerja

Berada di lingkungan kerja yang tak nyaman dan berkonflik dengan karyawan lain tentu bisa menimbulkan stress. Apalagi kita akan berada di sana setiap hari tentu mau tak mau harus bertemu dengan karyawan itu juga. Duh pastinya nggak nyaman deh.

Sebisa mungkin kita mencoba menyamankan diri di lingkungan kerja dan tak memiliki konflik berkepanjangan dengan karyawan lain. Kalau terus-terus begitu bisa jadi melakukan pekerjaan jadi tidak optimal nantinya.

4. Masalah Personal

Memiliki masalah personal dengan sesama pekerja atau di luar kantor bisa menjadikan kita stress dan tidak optimal ketika melakukan pekerjaan. Apalagi jika kita tak bisa mengelola emosi dengan baik dan tidak bisa mengambil cuti, maka kita harus tetap berhadapan dengan rutinitas pekerjaan itu.

Bagaimana si Cara Mengatasi Stress Kerja?

Ketika kita sudah terlanjur mengalami stress kerja tentu kita perlu mencari cara untuk mengatasinya. Ada tiga hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi stress kerja tersebut.

Mengatasi Stress Kerja

1. Membaca Buku

Membaca buku yang ringan bisa membantu kitar mengatasi stress kerja. Pikiran kita akan lebih santai dan tidak terlalu dipaksa untuk memikirkan hal yang berat.

Salah satu penulis yang aku suka adalah Tere Liye. Bukunya cukup menghibur untukku. Apalagi banyak pelajaran yang diambil dari kisah-kisah yang tertuang. Sederhana tetapi memiliki makna yang mendalam.

2. Menonton

Cara lain untuk mengatasi stress adalah dengan menonton. Entah menonton drama atau youtube. Salah satu youtube yang menarik menurutku ya punya Raditya Dika. Nggak cuma sekedar hiburan terkadang terselip edukasi tentang investasi yang bisa untuk belajar bagi pemula.

3. Bermain Game

Siapa si yang nggak suka bermain game? Salah satu pilihan game online yang aku sudah adalah Plays.org. Game online tuh menjadi jalan ninja biar nggak bikin penuh memori. Apalagi pilihan game yang banyak, seperti puzzle, mahjong, solitaire, bahkan game yang membutuhkan logika pun ada. Pilihan yang banyak tentu membuat kita tak bosan memainkannya.

Salah satu game yang aku suka di play.org adalah Angry Zombies Level Destruction Game. Gamenya tuh mirip game angry birds yang pernah aku mainkan dulu. Bedanya kita lempar para zombienya itu pake tengkorak biar mereka pada jatuh kalau di angry birds kan pakai bom gitu.

Angry Zombies Level Destruction Game

Dalam satu level kita diberikan 8 tengkorak, jadi kita cuma punya 8 kesempatan untuk menjatuhkan zombie dan bisa menang. Kalau kehabisan ya gagal deh. Di level-level awal si memang cenderung lebih mudah karena kita bisa tau posisi zombie dengan tepat.

Namun, di level yang lebih tinggi tuh kita harus bisa memprediksi lokasi zombi ada di mana. Bahkan aku harus mengulang level yang tinggi karena kesulitas memprediksi lokasi zombi dan baru bisa menang setelah beberapa kali mencobanya.

Gamenya memang simpel tapi menurutku cukup menghibur apalagi kalau lagi merasakan stress kerja. Jadi kalau lagi kesel daripada melampiaskan pada hal-hal yang buruk mending melampiaskan pada zombi kan?

Gimana nih kawan si Kici? Kalau kalian bagaimana cara mengatasi stress kerja? Baca buku, menonton, atau main game di plays.org?
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

1 komentar

  1. wah iya nih akupuun juga suka ngegame sekrg kalo lagi luang karena in cukup mudah. dilakukan dari me time ku hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar