jejak tulisan si kaki kecil

Penghasilan Blogger Pemula dari Adsense, Apakah Bisa?

9 komentar
Konten [Tampil]
Apakah bisa penghasilan blogger pemula dari adsense? Bisa aja si kalau mau belajar tapi kalau maunya rebahan aja si kayaknya susah ya 😂

Masa pandemi gini apalagi PPKM tuh godaan untuk bermalas-malasan sangat mendukung. Kemana-mana takut dan ribet harus pakai masker. Belum lagi sampai rumah harus langsung ganti baju dan bersih-bersih. Memikirkannya aja udah cape sendiri rasanya.

Jadilah, aku memaksakan diri agar tetap aktif dan produktif di saat ini dengan mengikuti kelas adsense. Sebenarnya tuh ini kedua kalinya aku ikut kelas adsense. Yang pertama gagal karena bareng sama tantangan ODOP. Napas ngos-ngosan kalau kejar-kejaran deadline. Belum jadi blogger sejati tuh aku, masih remah-remah aja. Jadi ya menyerah di jalan deh!

Penghasilan Blogger Pemula dari Adsense

Penghasilan seorang blogger bisa datang dari mana saja. Mulai dari lomba (kalau jago dan tau triknya), contect placement, review, atau adsense. Jadi tinggal pilih aja mau dapat penghasilan dari mana. Namun semua itu nggak datang tiba-tiba perlu ada prosesnya salah satunya dengan belajar.

Kali ini aku mencoba mengisi waktu agar tetap produktif untuk menulis di blog. Biar nggak ada sarang laba-laba diblog, jadilah menantang diri ikut kelas adsense untuk kedua kalinya. Sempat hampir menyerah dan nangis di pojokan tapi rasanya kok malu ya kalau ngulang untuk ketiga kalinya.

7 Tantangan Kak Alex

Pada kelas adsense, Kak Alex memberikan kita 7 tantangan (bisa cek ke youtube Alex Alfand) yang harus dikerjakan selama 30 hari. Tantangan akan diberikan secara bertahap dan kita bebas berdiskusi jika mengalami kesulitan.

Tantangan ini wajib diselesaikan jika ingin bertahan di dalam grup. Kalau nggak selesai ya harus mau say goodbye dan join ke batch selanjutnya. Tentunya diulang lagi deh dari awal.

Tantangan 1

Menulis 2 artikel dari kueri yang banyak dicari di blog kita. Kueri itu didapatkan dari gogole search console dengan melihat impressi tertinggi.

Tugas pertama ini tuh udah agak bikin bingung karena kita mau nggak mau harus nulis artikel yang mirip dengan artikel kita sebelumnya. Jadilah pusing mencari keyword yang masih berkaitan dengan kueri tersebut karena harus memiliki CPC.

Tantangan 2

Tantangan mix trend yang disesuaikan dengan niche blog tuh udah pernah aku dapatnya sebelumnya. Gampang-gampang susah karena harus memantau trend google setiap harinya.

Kadang dapat trend yang bagus tetapi nggak selesai satu hari buat nulis, besok ulang lagi deh dari awal. Jadi kalau udah dapat trend yang sesuai mending selesaikan hari itu juga. Biar nggak ngubek-ngubek keyword lagi.

Tantangan 3

Pernah nggak si cari hal-hal sekedar bagaimana cara membuat puisi? Aku tuh kadang suka nggak sadar kalau sering cari hal-hal umum kaya gitu. Jadilah tantanga ketiga itu membuat konten evergreen. Konten yang akan selalu dicari orang tanpa mengenal waktu. Kalau trend kan bakal ramai di waktu-waktu tertentu aja.

Tantangan 4

Menulis artikel yang berkaitan dengan suatu tempat, seperti wisata di kota A, makanan di kota B, penginapan di kota C. Artikel semacam itu bisa jadi rekomendasi ketika ada yang mencari sesuatu di sebuah kota.

Tantangan 5

Iklan tuh nggak cuma di youtube aja ternyata, waktu kita mencari sesuatu di google juga bisa menemukan artikel yang ada tulisan iklan. Dari iklan itu kita bisa mengambilnya menjadi keyword dan menulis artikel yang berkaitan dengan iklan itu.

Tantangan 6

Menulis artikel review produk atau jasa termasuk yang bisa menambah trafik. Tak jarang kita sendiri pun jika akan membeli sesuatu pasti akan mencari tau dulu kan? Apalagi kalau harganya cukup menguras kantong. Nggak mau dong asal beli dan ternyata nggak worth it.

Jadi kesempatan nih buat para blogger menambah trafik dengan menulis produk yang kita tau. Bisa juga memilih produk yang lagi ngehits jadi pasti akan dicari banyak orang untuk melihat reviewnya.

Tantangan 7

Tantangan terakhir sebagai penutup, kita kembali diminta menulis artkel berkaitan dengan impressi google search console. Kalau beruntung mungkin keyword akan berubah. Kalau enggak ya kita akan pusing untuk putar otak karena artikel ini pasti mirip dengan tantangan 1.

Content Planning Selama 30 Hari

Berhasil melewati tujuh tantangan nggak membuat kita bisa bernapas lega. Emang si kita masih bertahan di dalam grup. Sayangnya masih ada tantangan membuat content planning untuk 30 hari. Gampang si kalau asal bikin nggak pakai syarat apapun. Nggak sampai satu jam juga selesai.

Ternyata mendapatkan penghasilan dari adsense tuh ada triknya. Nggak boleh sembarangan nulis artikel. Jadilah content planning ini harus memenuhi beberapa syarat:

1. Volume

Keyword yang akan digunakan harus memiliki volume yang berarti artikel itu memang dicari orang. Sayangkan kalau udah nulis artikel panjang-panjang eh nggak ada yang nge-klik. Ya kecuali kalau blog cuma jadi wadah curcol, mau dibaca orang lain atau enggak ya bebas.

2. CPC

Cost per click bisa jadi salah satu jalan agar cepat memenuhi syarat gajian adsense. Jadilah artikel yang ditulis harus berdasarkan keyword yang memiliki CPC. Kalau enggak bisa makin lama deh gajiannya.

3. KD < 60%

Keyword difficult akan mempengaruhi posisi artikel kita di pencarian google. Semakin tinggi maka persaingan menuju page one akan semakin sulit. Sayang aja si udah cape-cape nulis tapi merangkak ke page one lama karena persaingan yang ketat.

4. Result < 3jt

Hasil pencarian dari sebuah keyword yang semakin banyak juga akan menambah kesulitan untuk mencapai page one. Makin banyak ya makin kecil peluangnya. Jadi harus pintar-pintar lah mencari celah jika jumlah pesaing banyak.

Gimana nih? Tertarik punya penghasilan blogger pemula dari adsense? Kuncinya mah mau belajar dan konsisten nulis di blog. Kalau kerjaannya mager dan rebahan aja ya paling dapatnya dalam mimpi 😜
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

9 komentar

  1. Terima kasih udah berbagi, jadi kecipratan ilmunya. Beberapa triknya ternyata udah saya praktekin, blog utama saya jadinya sering nulis anime, makanya bikin lagi blog baru buat nyari niche baru yg oke buat digarap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mas, banyak pilihan niche yang menarik kok mas

      Hapus
  2. Aku uda 11 tahun di dunia blog adsensku belum cair2, karena belum sampai ambang batas pencarian hehe

    BalasHapus
  3. ulasannya bagus dan bermanfaat. Terimakasih, Mbak. selamat malam.

    BalasHapus
  4. Belum pernah kefikiran dapat income dari sini 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  5. Aku kok masih galau mau daftar adsens, tolong sharing soal cara daftarnya donk Mba zakia 🤩

    BalasHapus
  6. Makasih kak infonya.. bermanfaat sekali untuk saya yang masih pemula. Mau ikutan kelasnya juga masih dibuka nanti September semoga rejekinya. Aamiin..

    BalasHapus
  7. Setelah kuliat lagi aku masih kosong di tantangan 1 dan 7 rupanya kemarin wkwk.. Emang berasa efeknya setelah ikut adsense baru ke blogspedia, kayak nyambung gitu pas bahas kw hrs pilih mana.

    BalasHapus

Posting Komentar