jejak tulisan si kaki kecil

Donasi Baju Bekas Jakarta, Ubah Bekas Jadi Bernilai

1 komentar
Konten [Tampil]
Mencari tempat donasi baju bekas Jakarta? Pasti bajunya banyak nih menumpuk di lemari dan ingin menguranginya. Ya kan daripada menumpuk di lemari mending diberikan pada orang yang membutuhkan. Jadi barangnya lebih bermanfaat dan bernilai.

Tempat Donasi Baju Bekas Jakarta

Jakarta yang dikenal sebagai ibukota tentu menyimpan banyak tempat untuk berdonasi baju. Jadi untuk kalian warga Jakarta dan sekitar nggak perlu pusing kalau mau donasi. Tinggal pilah pilih aja tempat terdekat.

1. Infaq Dakwah Center

Infaq Dakwah Center memilii program sedekah barang. Program yang didalamnya terdapat sedekah baju bekas layak pakai untuk keperluan kegiatan lain seperti dakwah, pendidikan/beasiswa, pemberdayaan umat, dan sosial fisabilillah.

Lalu bagaimana caranya baju bekas itu bisa bermanfaat bagi kegiatan lain? Tentunya baju bekas itu akan dijual dan hasilnya digunakan untuk kegiatan lain yang tak kalah bermanfaat. Selain dijual, baju bekas itu juga ada yang disumbangkan kepada orang yang membutuhkan, seperti korban bencana alam, anak yatim, para dhuafa, dan masih banyak lagi.

Cara Sedekah Baju Bekas

  1. Barang dikirimkan langsung atau dikirim via Pos/TIKI/JNE ke Kantor Yayasan Infaq Dakwah Center (IDC) Jl. Veteran No. 48 Kota Bekasi (Kompleks SD Islam An-Najah, Samping Masjid Agung Al-Barkah Bekasi).
  2. Dijemput oleh Laskar Sedekah Barang IDC (wilayah Jabodetabek) dengan menghubungi admin di whatsapp 08122700020.

2. Ehipassiko Foundation (EF)

Ehipassiko Foundation (EF) merupakan yayasan yang memiliki layanan berkah bekas. Layanan ini bertujuan menyalurkan dan memanfaatkan sumbangan baju bekas kepada yang membutuhkan.

Ketentuan Layanan Berkah Bekas

  1. Sumbangan baju bekas layak pakai.
  2. Sumbangan dikirim ke cabang EF Jakarta di Jl. Asem Raya 306, Duri Kepa, Jakarta Barat.
  3. Sumbangan dapat diterima pada hari sabtu pukul 13.00-17.00 atau sesuai perjanjian.
  4. Hubungi admin Kitti (081807111239 ) terlebih dahulu ketika akan mengirimkan sumbangan

3. Sedekah Baju

Sedekah baju adalah program dari Yayasan Cinta Dakwah. Program yang awalnya hanya untuk memenuhi kebutuhan anak yatim di pesantrenyatim.com. Namun jumlah donasi yang semakin banyak dan datang terus menerus membuat program ini tak sekedar memenuhi kebutuhan anak yatim tetapi juga orang lain yang membutuhkan.

Cara Mengikuti Sedekah Baju

  1. Kumpulkan baju bekas layak pakai yang ada di rumah
  2. Kemas barang dengan rapi
  3. Kirim atau datang langsung ke Kantor Bogor di Jl. Bangbarung Raya No.107, Tegal Gundil, Bogor Utara, Kota Bogor
  4. Konfirmasi melalui telepon (0251)8577128 atau whatsapp 081262722007

4. Clothes For Charity Jakarta

Clothes For Charity menerima sumbangan baju bekas dan diharapkan dapat berlangsung dalam jangka waktu lama. Donasi bisa dilakukan kapan saja dengan prosedur yang cukup mudah.

Baju bekas yang diterima akan diberikan pada apak pemulung, panti dan berbagai pihak yang membutuhkan atau dijual dalam bazar amal. Hasilnya digunakan untuk pendidikan gratis anak binaan Yayasan Gemilang Indonesia. Selain itu,

Syarat Sedekah Baju Bekas

  1. Baju bekas layak pakai yang masih memiliki nilai jual
  2. Warna tidak kekuningan atau kusam
  3. Baju tidak robek/bolong dan kancing masih utuh
  4. Bukan baju dalam
  5. Bukan baju untuk atribut perusahaan/lembaga/partai
  6. Pakaian dicuci bersih

Cara Sedekah Baju Bekas

  1. Mengisi form
  2. Mengirim/mengantar donasi ke cabang Jakarta di Jalan Jatipadang Utara No 2 RT 10/RW 07 Jatipadang, Pasar Minggu, Jaksel (Dekat Lapangan Doyok, Samping Tiara Laundry).
  3. Konfirmasi ke admin 085162571494 jika sudah mengirim donasi, dengan format:
  • Nama :
  • No HP :
  • Tanggal Pengiriman :
  • Cara Pengiriman : (diantar/ojek online/nama ekpedisi)
  • No Resi / Info lain :

5. Bberes.id

Salah satu tempat yang menerima baju bekas bahkan yang tak layak pakai adalah Bberes.id. Baju bekas akan disortir mana yang layak dan tidak. Baju yang layak akan diberikan pada yang membutuhkan. Sedangkan yang tak layak pakai akan dilakukan penanganan khusus agar tak menumpuk di TPA.

Cara Berdonasi Baju Bekas

  • Kumpulkan baju segala kondisi
  • Boleh dalam keadaan apapun, jika belum bersih wajib menyertakan uang untuk laundry
  • Pakaian semua kondisi itu bisa dikirim ke jalan Surya Kencana No 61 RT 001 RW 005, Pamulang Barat, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten.
  • Bisa menggunakan layanan jemput untuk wilayah Jabodetabek
  • Bisa ke mengantarkan langsung ke dropbox di Rsia Bina Medika Bintaro
  • Info lebih lanjut bisa hubungi 082193885277.

6. PAY & Do IT

PAY & Do IT menerima pakaian bekas layak pakai. Baju tersebut akan diberikan kepada korban bencana atau dijual dalam bazar murah. Hasil penjualan akan digunakan untuk gerakan PAY & Do IT Buat Mereka Tersenyum.

Baju yang akan disumbangkan harus dalam kondisi layak pakai, belum rusak/robek, dan bersih. Donasi bisa dikirim ke basecamp di daerah Kosambi Cengkareng, Jakarta atau dijemput dengan biaya 200rb. Untuk informasi lengkapnya bisa menghubungi 082122292094.

Jakarta sebagai kota besar tentu tak membuatku heran jika memiliki banyak tempat donasi baju bekas. Bahkan terima baju bekas berbagai kondisi juga. Hal ini dilakukan untuk mengurangi sampah yang menuju TPA. Jadi pilih tempat donasi baju bekas Jakarta yang mana nih?
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

1 komentar

  1. Halo,
    salam kenal! saya barusan googling untuk yayasan nomor 1, kok banyak berita miringnya ya..

    BalasHapus

Posting Komentar