jejak tulisan si kaki kecil

Daftar Tempat Wisata Labuan Bajo yang Wajib Dikunjungi

Konten [Tampil]
Mencari wisata Labuan Bajo? Eh emang udah tau Labuan Bajo dimana? Labuan Bajo itu terletak di Nusa Tenggara Timur. Salah satu pulau di Indonesia yang memiliki keindahan alam dan terkenal dengan komodonya.

Labuan Bajo tuh nggak kalah sama Bali. Sayangnya kebanyakan orang masih lebih familiar Bali dibandingkan Labuan Bajo. Padahal mah dekat lho dari Bali. Tinggal nyebrang pakai kapal atau memilih naik pesawat juga bisa.

Tempat Wisata Labuan Bajo

Jika tertarik datang ke Labuan Bajo, perlu nih sekalian wisata ke beberapa tempat yang menarik. Kalaupun datang ke sana karena urusan kerjaan, sayang lho kalau nggak mlipir untuk liburan tipis-tipis. Ada beberapa tempat yang bisa dipilih sebagai lokasi wisata di Labuan Bajo.

1. Pantai Waecicu

Pagi-pagi main di pantai asyik nih kayaknya. Kalau nggak main pas sore menjelang sunset, duh bisa hunting foto sekalian deh. Salah satu pantai yang menarik dikunjungi adalah Pantai Waecicu. Pantai ini memiliki pemandangan indah dengan pasirnya yang putih dan bersih sepanjang 1km.

Airnya yang termasuk tenang juga cocok dijadikan tempat wisata keluarga. Jadi anak-anak bisa bebas bermain air dan pasir di Pantai Waecicu. Pantai Waecicu terletak di utara Labuan Bajo dan tidak jauh dari Bukit Amelia. Dari pertigaan Bukit Amelia kalian bisa memilih belok kiri dan akan menemukan gerbang Pantai Waecicu.

Kegiatan Wisata di Pantai Waecicu

Tak hanya memiliki pemandangan indah, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan ketika berlibur ke Pantai Waecicu. Apa aja sih?

  • Serunya Berenang
Main di pantai nggak lengkap kalau nggak main air. Bahkan di Pantai Waecicu kita bisa berenang lho. Asyik banget ya? Menikmati berenang dengan ikan kecil warna warni berasa di dalam aquarium raksasa.

  • Menelusuri Pesona Pantai
Jika kalian tak pandai berenang maka pilihan lain untuk menikmati pesona Pantai Waecicu adalah dengan perahu dayung. Di pantai ini menyediakan jasa sewa perahu dayung. Jadi kita bisa melihat dengan dekat dan berkeliling pulau kecil di sekitar pantai

  • Santai di Bungalow
Pilihan lain jika malas berenang atau mendayung perahu, maka kita bisa bersantai di bungalow yang ada. Terdapat sekitar 20 bungalow yang bisa menjadi tempat melihat flora dan fauna di Pantai Waecicu, seperti rusa, babi, biawak atau monyet. Tak ada ada juga burung yang bernyanyi dengan merdunya. Duh enak banget deh apalagi ditambah sepoi-sepoi angin.

  • Spot Sunset Terbaik
Para fotografer dadakan yang suka hunting foto juga bisa lho di Pantai Waecicu. Pantai Waecicu menjadi spot sunter terbaik yang didapatkan dari jembatan tempat nelayan menyandarkan perahu. Ada pula ikan kecil dibawah jembatan yang bisa dijadikan spot untuk hunting foto.

2. Pulau Komodo

Melihat komodo adalah salah satu hal yang bisa dilakukan di Labuan Bajo. Komodo bisa dilihat di habitat asli bernama Pulau Komodo. Pulau Komodo juga menyimpang flora, seperti kayu sepang yang digunakan untuk pewarna makanan dan pohon nitak yang digunakan untuk obat.

Ketika mengunjungi Pulau Komodo diharapkan dalam keadaan fit karena harus berkeliling untuk menikmatinya. Bahkan tak jarang liburan di Pulau Komodo diisi dengan mendaki Gunung Ara yang memiliki tinggi 538 meter diatas permukaan laut. Jalur pendakian ini aman untuk pemula karena sudah dirancang dan menghabiskan waktu sekitar 3-4 jam.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Pendakian

  • Menyiapkan air minum yang cukup agar tidak dehidrasi.
  • Tidak pergi sendirian sebaiknya bersama dengan orang yang berpengalaman, seperti pemandu wisata.
  • Tidak memberi makan atau menganggu komodo karena komodo bisa menjadi agresif dan bergerak cepat.
  • Membawa tongkat dengan cabang dua karena komodo takut dengan tongkat.
  • Menggunakan sepatu karena ada banyak lubang ular dan beberapa termasuk jenis yang beracun.
  • Perempuan yang datang bulan wajib melapor karena komodo akan agresif dengan bau darah.
  • Gunakan lotion anti nyamuk.
  • Dilarang merokok atau menyalakan api karena padang rumput savana mudah terbakar apalagi musim kemarau.

3. Bukit Amelia

Bukit Amelia berada dekat dengan Villa Amelia. Berawal dari milik pribadi lalu dijadikan tempat wisata umum. Bukit Amelia termasuk curam sehingga perlu hati-hati saat mendakinya dan tentunya membutuhkan tenaga ekstra. Walaupun begitu, pemandangan dari atas bukit yang indah akan membayar semuanya.

Aktivitas di Bukit Amelia

Kira-kira kalau di Bukit Amelia kita bisa ngapain aja ya?

  • Wahana Pendakian
Mendaki Bukti Amelia adalah aktivitas utama di sini. Untuk mendaki Bukit Amelia cukup membayar 30ribu rupiah dan perbekalan yang cukup agar sampai puncak. Pemandangan yang indah akan terlihat dari pulau dan laut yang ada di sekitar bukit. Pokoknya nggak akan menyesal deh mendaki bukit ini karena pantai bak kirstal dan hutan menghiasi sekitar jalur pendakian.

  • Pesona Sunset
Jika memilih mendaki sore hari maka kita akan dapat melihat sunset yang indah di Bukit Amelia. Kondisi bukit yang sepi dan hanya terdapat sabana juga membuat bintang lebih terlihat jelas. Tentu pemandangan malam yang jarang dapat di saksikan digemerlap lampu ibukota.

Jadi, apakah tertarik liburan ke tempat wisata Labuan Bajo? Bisa lah bikin list dulu tempat yang dikunjungi duhulu sampai nanti kita bisa liburan dengan normal kembali.
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar