Jejak Tulisan Kaki Kecil

6+ Ide Liburan di Rumah, Emang Bisa Ngapain Aja Ya?

22 komentar
Ide Liburan di Rumah
Mencari ide liburan di rumah untuk menyambut liburan akhir tahun? Tapi emang bisa ya liburan cuma di rumah aja? Kayaknya nggak asyik deh!
 
Eits, tunggu dulu. Coba aja dulu ide berikut, siapa tau ada ya cocok kan?! 😉

Corona yang Masih Menghantui

Desember memang hampir berakhir, tapi belum ada tanda-tanda virus corona akan segera menghilang. Seolah masih betah berada di tengah-tengah kehidupan manusia. Padahal sebentar lagi libur akhir tahun akan segera tiba.

Biasanya orang akan berbondong-bondong pergi liburan entah kemana saja. Hampir semua tempat wisata dan penginapan akan penuh dengan orang-orang yang ingin sejenak pergi dari rutinitas. Tapi corona yang masih menghantui, apa mungkin bisa berlibur dengan tenang? Pergi ke tempat umum yang mungkin ramai orang asing, tak tahu apakah mereka bebas dari virus corona atau malah membawanya.

7 Ide Liburan di Rumah

Liburan di rumah memang akan membosankan jika hanya melakukan rutinitas yang sama. Mungkin bisa mencoba hal-hal baru yang jarang dilakukan dari ide di bawah ini!

1. Menghabiskan Buku Favorit

Buat pecinta buku, mungkin liburan kali ini waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama buku favorit. Membaca buku-buku yang mungkin jadi wishlist tetapi belum sempat terjamah karena aktivitas yang begitu padat. 
Membaca buku
Tak sempat membeli di toko buku? Tenang sekarang sangat mudah membeli buku online. Atau bisa juga membaca ebooknya. Selain hemat, membaca ebook dapat meminimalisir barang di rumah dan juga sampah nantinya.

Selama pandemi ini, membuatku kembali untuk menjelajahi dunia penuh buku. Walaupun tidak terlalu banyak buku yang aku habiskan, tetapi aku senang bisa kembali memiliki waktu membaca buku. Apalagi banyak buku favorit baru yang terbit di tengah pandemi. Mungkin hikmah dari di rumah saja membuat para penulis lebih banyak menghabiskan waktu untuk membuat karya. Sehingga bisa dinikmati oleh penggemarnya.

2. Membuat Bioskop di Rumah

Siapa yang rindu menonton film di bioskop? Tapi rasanya masih khawatir jika harus menonton film di bioskop. Walaupun banyak bioskop yang sudah buka dan menerapkan protokol kesehatan. Jika sudah sangat rindu maka kita bisa membuat bioskop sendiri di rumah.

Semakin banyaknya penyedia streaming film mulai dari yang gratis dan berbayar, seperti netflix, viu, vidio, dan masih banyak lagi. Sehingga tak akan membuat kita bingung untuk menonton film. 
Menonton film
Layaknya menonton film di bioskop, maka kita dapat memanfaatkan peralatan yang ada di rumah. Televisi yang mungkin jarang digunakan bisa dimanfaatkan untuk menonton film. Atau jika memiliki proyektor mini, maka dapat memanfaatkan tembok polos sebagai layar yang menampilkan gambar.

Walaupun aku bukan orang yang sering menonton film bahkan jarang mengikuti update film, tetapi menonton bisa menjadi obat ketika bosan. Banyak film-film baru yang layak di tonton ataupun drama yang membuatku juga ikut menontonnya. Ya, tak ada salahnya ikut menonton apa yang kebanyakan orang suka.

3. Bereksperimen di Dapur

Tak perlu harus menjadi masterchef untuk jago masak. Hanya perlu menjadi master home chef yang berani bereksperimen di dapur. Berbekal resep dan tutorial yang dapat ditemukan dengan mudah di internet, maka akan menjadikan kita master home chef yang serba bisa. 
memasak
Dari mulai makanan mpasi, makanan nusantara, jajanan pasar, masakan western, semua bisa kita temukan di internet, seperti cookpad, resepidea, allrecipes, atau bisa juga mencari di youtube hingga instagram. Kuncinya hanya berani mencoba walaupun terkadang gagal. 

4. Do It Yourself

Banyak hal yang bisa dilakukan sendiri tanpa harus membeli apalagi jika barang-barang tersebut cukup menguras kantong. Beberapa waktu lalu pun aku iseng membuat hiasan dari macrame. Walaupun memang membutuhkan waktu sekitar 2 minggu untuk membuatnya tetapi aku cukup puas dengan hasilnya. Dengan berbekal tutorial di youtube, maka aku bisa hemat hingga lebih dari 50% dibanding aku membeli hiasan macrame yang sudah jadi.
Crafting
Mungkin kalian pun bisa memikirkan untuk membuat sesuatu sendiri ketika ingin membelinya. Seperti yang suka berkebun bisa memanfaatkan sisa makanan di rumah untuk membuat pupuk. Atau hobi membeli baju, bisa jadi iseng belajar menjahit dan membuatnya sendiri. Dari yang awalnya ingin membeli sesuatu akhirnya bisa membuat sendiri dan mungkin bisa juga di jual nantinya.

5. Belajar Hal Baru

Banyaknya bermunculan kelas-kelas online tentunya akan membuat kita bisa banyak belajar hal baru. Mulai dari agama, bebenah, finasial, masak, mpasi, dan masih banyak lagi. 
Belajar
Untuk yang suka belajar hal baru tentunya ini akan sangat menyenangkan. Jika ingin belajar tentang agama bisa ikut bengkel diri atau hsi misalnya. Ingin belajar tentang finansial bisa ikut mommenkeu. Jika ingin belajar bebenah bisa ikut gemar rapi. Ingin belajar blogging bisa ikut blogspedia ataupun growthing. Dan masih banyak pilihan kelas sesuai dengan keinginan. Maka pandemi tak akan menghalangi kita belajar hal baru. 

6. Bermain di Kebun

Demam tamanan hias sepertinya kembali menyerang orang-orang. Bagi kalian yang suka berkebun atau ingin membuat rumah lebih hijau, maka bisa mencoba untuk belajar tentang tanaman. Tak usah membeli yang mahal, beli saja yang sesuai budget. Atau bisa juga memanfaatkan apa yang ada di rumah. 
Berkebun
Dengan berkebun setidaknya rumah akan menjadi lebih segar karena ada tanaman. Mata yang lelah karena terlalu banyak terpapar gadget pun dapat beristirahat memandang tanaman hijau. Siapa tau hobi berkebun tersebut bisa menghasilkan jika kita bisa mengemasnya dengan lebih menarik.

7. Menggerakkan Badan

Liburan di rumah saja tak boleh membuat kita malas dan selalu rebahan. Setidaknya ada beberapa hari dalam satu minggu kita berolahraga. Tak perlu ikutan tren naik sepeda jika memang akan menghabiskan uang banyak dan nantinya tergeletak begitu saja setelah pandemi berakhir. 
Olahraga
Kita bisa memanfaatkan banyak tutorial di youtube mulai dari workout, zumba, ataupun olahraga lain sesuai keinginan. Atau jika ingin mengejar target tertentu, biasanya tersedia aplikasi yang membantu kita menurunkan berat badan, mengecilkan perut, dan banyak lagi tujuan sesuai keinginan.

Menurut kalian apakah hal-hal di atas bisa menjadi ide liburan di rumah? Atau ada ide lain yang bisa mengatasi kebosanan selama pandemi ini? 

Walaupun pandemi belum menunjukkan tanda akan berakhir dan membuat bosan semakin terasa, tetapi tetap harus waspada. Tak ada salahnya memang sesekali keluar rumah untuk menghilangkan bosan. Tetapi banyak hal yang harus diperhatikan dan dijaga agar tak membawa virus yang mungkin berbahaya bagi orang lain.
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

22 komentar

  1. Content plannya sukses, eksekusi langsung. Patut di contoh ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah bu, sukses di hari pertama ODOP. Setelahnya ngos-ngosan

      Hapus
  2. aku suka eksperimen di dapur juga

    bisa buat pudding pepaya, padahal sebelumnya belum pernah buat pudding

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah, bisa di share resepnya mba. Tapi aku nggak suka pepaya nih :(

      Hapus
  3. mba, bagus bgt tulisannya.. ku juga lagi belajar hal baru : ngeblog hehe


    https://kalderaproject.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Ide nya sangat mantul nih buat contoh ,makasih kak atas inspirasi ide" liburan dirumahnya

    BalasHapus
  5. waaah mbak zakia sambil menyelam minum air nih. sekali nulis langsung selesai odop blogspedia dan ngeblog bareng di bengkel diri hihi. mantuuul!

    BalasHapus
  6. Wah, iya.. bioskop dadakan pun jadi andalan saya dan anak-anak di rumah akhir-akhir ini hehe.. Btw, blognya bagus Mba.. suka liat layout dan ilustrasi2nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, bioskop dadakan jadi cara mengurangi bosan :)

      Hapus
  7. Wiii... asiknih berkebun dan menyatu dengan alam mbaa, bisa dipraktekin buat liburan tahun baru nanti

    BalasHapus
  8. Aku kayaknya mau nyobain ber-diy ria lah, apalagi model macrame emang lagi hits ya, bikin spot foto lebih instagramable wkwk
    Aku ga ke pikiran yah buat bikin sendiri, thank tulisannya mbak sebagai pengingat aku🤗

    BalasHapus
  9. Waah jadi keinget masih banyak buku yang belum aku baca, hehe. Ternyata banyaak banget ya yang bisa kita lakukan untuk mengisi libur panjang walaupun cuma di rumah aja😊🤗

    BalasHapus
  10. aqu pilih bikin bioskop dirumah, secara aqu tuh syuka bngt ke bioskop oh my jd kangen bioskop

    BalasHapus
  11. Aku juga suka belajar hal baru. Kayak sekarang, ngeblog

    BalasHapus
  12. Wkwkw bioskop dadakan, itu jalan aku pas liburan kak

    BalasHapus
  13. Wah iya nih aku blum belajar hal baru dri kuliah online, hsi itu apa ya mba?

    BalasHapus
  14. Alhamdulilah sudah semua dicoba, dan hasilnya cukup menyenangkan. Terutama target baca buku yang menumpuk mulai bisa diselesaikan. Walau masih banyak yang belum juga, haha.

    BalasHapus
  15. Mba Zakia tulisannya selalu berbobot. Masyaa Allah.

    Dari tujuh poin ini, yang udah pernah aku coba adalah poin 1 & poin 5 ... Hehehe

    BalasHapus
  16. Abisa baca tulisan mba Zakia nomor 1, aku langsung liat tumpukan buku-buku yang belum selesai dibaca

    BalasHapus

Posting Komentar