jejak tulisan si kaki kecil

Review Aplikasi Jagat

Konten [Tampil]
Hai, kawan si Kici!

Sering kali aku penasaran tuh, kok bisa ya orang-orang memantau lokasi keluarganya walaupun jarak mereka jauh. Atau sekedar istri yang memantau lokasi suaminya saat akan pulang ke rumah sehingga bisa bersiap-siap terlebih dahulu.

Nah, aku menemukan nih, aplikasi bernama Jagat. Aplikasi ini bisa memudahkan kita untuk berinteraksi secara virtual dengan cara yang asyik dengan keluarga walaupun jarak kita cukup jauh. Selain itu, kita juga bisa loh membangun sebuah pertemanan dengan aplikasi ini. Wah? Jadi penasaran gak tuh? Yuk, baca tulisan ini sampai selesai yaa!

Mengenal Aplikasi Jagat

Aplikasi jagat pertama kali diluncurkan pada Oktober 2022 oleh PT Avatara Jagat Nusantara. Kalau dilihat sekilas si kita mikirnya cuma sekedar aplikasi untuk melacak keberadaan seseorang. Ternyata aplikasi ini bisa dimanfaatkan lebih dari itu loh.

Pertama kali buka aplikasinya aku tuh berasa kaya lagi di dunia game. Tampilannya yang lebih berwarna daripada aplikasi pelacak lokasi lain. Ya ternyata memang aplikasi ini juga memiliki tujuan agar kita bisa merasakan berinteraksi virtual yang lebih menyenangkan dan tentunya kita bisa mencari teman melalui aplikasi ini.

Pernah kan merasakan bosan saat pandemi karena kita dibatasi untuk berinteraksi dengan banyak orang. Nah, aplikasi ini tuh bisa membantu kita membuat sebuah komunitas online tanpa terbatas oleh jarak. Kita bisa nih saling bertukar infomasi dan obrolan dengan teman-teman yang memiliki minat yang sama.

Review Aplikasi Jagat

Nah, kawan si Kici penasaran nggak si apa aja si fitur yang bisa kita dapatkan dari Jagat? Apalagi kan aplikasi ini ternyata bisa membuat kita berinteraksi dengan orang banyak tanpa terbatas jarak. Aku bakal kasih tau nih beberapa fitur aplikasi Jagat yang bisa kawan si Kici coba!

1. Location Sharing

Fitur ini tuh membantu kita untuk mengetahui keberadaan seseorang. Tentunya gak sebarang orang ya! Tetapi orang-orang yang memang sudah berteman dengan kita di Jagat. Tanpa orang tersebut harus membagikan lokasi, kita bisa memantau lokasi terkini dan tempat-tempat yang sedang dikunjunginya, jadi bisa membantu kita untuk mengetahui lokasi orang terdekat kita.

2. NOW

Siapa nih yang suka membagikan foto di media sosial? Nah, jagat ini juga memberikan kita ruang untuk kita mengupload foto secara real time. Namun, tenang saja kok, kita bisa mengatur siapa yang bisa melihatnya, apakah semua orang atau hanya orang yang berteman dengan kita di jagat. Seru kan? Siapa tau ternyata teman kita ada di lokasi yang sama ketika melihat foto kita.

3. Planet

Mencari konten dengan sebuah hastag tentunya bukan hal yang asing buat kita ya? Nah, aplikasi jagat ini memiliki fitur bernama planet yang memudahkan kita untuk menikmati konten yang sama sesuai dengan hastag.

Postingan NOW dengan hastag yang diberikan oleh pengguna akan dikumpulkan menjadi satu oleh jagat sehingga menciptakan sebuah tampilan visual yang bisa kita nikmati. Jadi kita bisa nih menjelajah sebuah tempat atau menemukan topik yang menarik melalui hastag.

Setiap planet yang ada bisa kita pilih sesuai minat atau kesukaan kita, seperti kita yang suka makanan atau olahraga kita bisa bergabung dengan planet yang sesuai.

Setelah kita bergabung maka di aplikasi jagat akan muncul orang-orang yang memposting kegiatan mereka melalui NOW sesuai hastag dan kita bisa berteman dengan mereka. Apalagi jika lokasinya dekat dengan kita, maka kita bisa nih menambah banyak teman yang memiliki hobi yang sama.

4. Group Nearby

Memiliki hobi tapi kesulitan untuk menemukan teman yang sefrekuensi? Nah, kita bisa loh mencari teman dengan hobi yang sama dengan kita melalui jagat! Manfaatkan saja fitur group nearby, kita bisa mencari komunitas yang sesuai dengan hobi kita.

Group nearby ini tentunya akan memudahkan kita bergabung dan menemukan dengan komunitas ketika datang ke tempat yang baru. Apalagi baru pindah dan nggak tau harus mencari teman sefrekuensi dimana. Nah, tinggal buka jagat aja terus cari teman di sekitar yang memiliki hobi yang sama dengan kita, jadi kita nggak kesepian lagi ketika datang ke tempat baru.

5. Add Friends

Layaknya sebuah aplikasi media sosial, jagat ini juga bisa membuat kita menemukan dan menambah teman loh! Kita bisa menambah teman dengan dua cara, yaitu melalui fitur NOW atau menambah teman sesuai rekomendasi dari aplikasi jagat.

NOW akan memudahkan kita menemukan teman jika orang tersebut membagikan foto secara publik sehingga kita bisa melihat foto yang diupload dan lokasinya. Jadi kalau ingin menambah teman yang dekat dengan lokasi kita, kita bisa loh mencari teman melalui fitur NOW ini.

Selain itu, jika kita bingung nih memulai mencari teman dari mana dan merasa teman kita sedikit. Kita bisa menambahkan teman sesuai rekomendasi dari jagat. Jadi kita bisa menemukan teman bahkan di lokasi yang jauh dari kita.

Salah satu manfaat yang aku rasakan ketika menggunakan jagat adalah bisa berteman dengan teman-teman blogger. Dengan aplikasi jagat ini aku bisa mengetahui di mana domisili para teman blogger karena selama ini hanya tau nama dan alamat blognya saja.

Tentunya aplikasi jagat ini juga memudahkanku untuk bisa berinteraksi dan janjian dengan blogger jika mengunjungi suatu tempat. Bahkan aku bisa memantau kebiasaan dan tempat-tempat yang dikunjungi oleh teman blogger sehingga bisa menjadi referensi untuk tempat yang bisa aku kunjungin juga.

Penutup

Apakah kawan si Kici tertarik untuk mencoba bermain Jagat? Yuk, kalian bisa download aplikasi ini di playstore ataupun app store dan nikmati pengalaman berinterkasi virtual yang asyik seperti di dunia nyata!
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar