jejak tulisan si kaki kecil

7 Tips Memilih Bengkel Motor Terbaik agar Tak Salah Pilih

22 komentar
Konten [Tampil]
Bengkel Motor


Hai, kawan si Kici!

Gimana si caranya memilih bengkel motor terbaik? Apalagi aku sebagai cewek tuh kadang suka ragu, bener gak ya ini bengkelnya? Nanti aku diboongin lagi. Nah, kali ini aku bakal kasih tips memilih bengkel khususnya untuk motor.

7 Tips Memilih Bengkel untuk Motor

Ada beberapa pertimbangan yang perlu dijadikan acuan ketika memilih bengkel motor, kira-kira apa aja ya?

1. Harga yang Transparan

Setiap kali ada masalah sama motor, aku tuh suka nanya sama temen yang paham dunia permesinan. Berapa si harga suku cadangnya? Wajarnya harga jasanya berapa?

Sadar gak si? Kalau ternyata ada beberapa bengkel yang kadang tuh memang lebih fokus pada jualan suku cadang bukan kepuasan pelanggan. Mereka bisa mark up harga suku cadang dan jasa yang menurut orang yang paham mesin jadi tidak wajar. Mahal banget si, begitulah komennya ketika aku menyebutkan harga.

Jadi ketika akan memilih bengkel ada baiknya kita mencoba mencari perbandingan untuk menemukan harga yang wajar tuh berapa. Ya berharap si bengkel itu memberikan harga yang memang tak terlalu mahal. Setidaknya sudah memberikan estimasi harga yang akan dikeluarkan di awal.

2. Mekanik yang Profesional

Pernah gak merasa motornya gak enak terus bilang ke bengkel yang biasa kita kunjungi tapi setelahnya keluhan itu masih terasa? Aku pernah tuh, mereka gak ngasih tau kenapa malah bilang baik-baik saja. Ya mau gak mau aku percaya dong.

Ternyata ketika dipakai oleh temanku, dia bilang perlu ganti ini nih biar enak. Setelah aku bilang ke bengkel buat ganti sesuatu yang direkomendasikan temanku, ternyata beneran jadi enak loh.

Hmm, ternyata memilih mekanik yang memang paham itu penting si. Jangan sampai nih keluhan kita gak ada solusinya.

3. Peralatan yang Mendukung

Jika memang cuma sekedar isi angin si memang tak membutuhkan bengkel dengan peralatan yang banyak. Tetapi jika perlu ganti spare part apalagi sampai dibongkar itu motor mau gak mau kita perlu mempertimbangkan bengkel dengan peralatan yang mendukung.

4. Ketersediaan Suku Cadang

Suku cadang yang lengkap tentu bikin kita nyaman memilih bengkel karena ketika perlu mengganti sesuatu kita tinggal ganti gak perlu nyari atau bahkan menunggu. Apalagi jika kondisinya sudah wajib ganti, masa kita harus menunggu dan tidak bisa menggunakan motor.

5. Adanya Garansi

Siapa si yang gak suka kalau ada garansi? Dengan adanya garansi kita lebih percaya apalagi jika baru satu dua hari kok sudah bermasalah maka kita bisa komplain dan tak perlu mengeluarkan biaya. Namun, garansi kadang membuat bengkel jadi lebih berhati-hati ketika mengerjakan dan berharap tak ada komplain karena masalah dalam waktu dekat.

6. Jam Operasional

Sebagai pekerja tuh suka sebel deh kalau jam operasional bengkel terbatas. Ya kalau lokasinya dekat dengan kantor mungkin kita bisa mlipir. Nah, ini kalau lokasinya jauh gimana dong? Masa harus pas weekend ketika ingin memperbaiki atau servis motor.

Kalau jam operasional lebih panjang bahkan sampai malam tentu, kita bisa dong membawa motor kita setelah pulang kerja. Jadi gak usah nunggu weekend atau pas libur.

7. Opsi Metode Bayar Beragam

Bawa cash tapi masih kurang atau bahkan lupa bawa cash? Nah, kalau bengkelnya menyediakan berbagai cara untuk membayarnya entah itu transfer, QRIS atau yang lainnya tentu kita akan lebih tenang dan gak pusing lagi.

Planet Ban, Bengkel Motor Terbaik

Salah satu rekomendasi bengkel yang sesuai dengan tips di atas adalah Planet Ban. Padahal awalnya aku kira, hanya berjualan ban aja sesuai dengan namanya. Ternyata kita bisa loh servis di sana juga. Pilihan servisnya pun cukup beragam mulai dari servis mesin, servis throttle body, servis CVT/rantai dan servis injeksi

Jadi planet ban ini gak hanya jual ban saja ya, ada banyak suku cadang lain yang bisa kita beli juga seperti oli motor, kampas rem, busi, dan masih banyak lagi. Kita bisa cek kelengkapan suku cadang dan harganya di website resmi planet ban. Jadi gak perlu jauh-jauh untuk memperkirakan harga yang perlu dikeluarkan.

Promo Planet Ban

Menariknya kita akan mendapatkan banyak benefit ketika memilih planet ban, seperti gratis jasa memasang ban, servis, ganti oli, pengisian cairan anti bocor dan pengisian nitrogen. Makannya yuk, coba deh servis di planet ban terdekat apalagi ada voucher potongan hingga 150k!
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

22 komentar

  1. Alasan aku kalo service kendaraan, udah kenal dan dekat tentunya. Jadi udah tau kendala dari motor

    BalasHapus
  2. Kadang bikin males singgah ke bengkel, montir yang tangani motor kita itu takut nggak profesional. Motor malah lecet dan rusak. untung sekarang sudah ada Planet Ban yang timnya profesional semua.

    BalasHapus
  3. Setuju banget, dengan adanya garansi maka petugasnya juga akan lebih hati-hati dan teliti. Ibaratnya gak mau kerja dobel kan. Ini keunggulan Planet Ban dibandingkan bengkel lainnya. Yang bikin hepi lagi opsi pembayarannya beragam. Daebak!

    BalasHapus
  4. Mekanik yang handal, sabar dan jujur, itu penting banget ya, apalagi kalau yang ke bengkel mamak-mamak buta urusan motor kayak saya, butuh banget dilayanin mekanik yang nggak bosan saya banyak tanya :D

    BalasHapus
  5. Kalau ke tempat servis motor metode bayarnya ada yang selain tunai juga jadi bikin praktis sih. Karena memungkinkan aja kan lagi gak bawa uang tunai atau kurang

    BalasHapus
  6. Aku juga servis motor di Planet Ban, promonya membantu banget, ditambah pilihan pembayarannya bisa menggunakan e-wallet, praktis.

    BalasHapus
  7. sekarang jamannya cashless jadi asik kalo ada bengkel cara bayarnya beragam ga harus cash konvensional. asal jangan ngutang yaa beragmanya hehehe...

    BalasHapus
  8. No 1 dan 2 adalah harga mati alias tidak boleh dikesampingkan. Saya juga beberapa kali servis ringan di Planet Ban dan cukup puas.

    BalasHapus
  9. Jadi inget anakku nomor 3 nih
    Dia yang paling rajin ngurusin sepeda motor
    Setiap pulang ke Bandung, pasti langsung bawa motor ke Planet Ban

    BalasHapus
  10. Perawatan motor memang tak boleh diabaikan ya. Apalagi jika motor ini jadi andalan transportasi aktif sehari-hari. Harus dirawat dan selalu dalam kondisi prima. Planet Ban bisa jadi salah satu solusi.

    BalasHapus
  11. Semakin sering baca ulasan tentang Planet Ban, semakin ingin request ke manajemannya, kapan mereka buka cabang di Medan, hahaa

    Mupeng loh dengan biaya servis yang terjangkau dan sparepart yang lengkap begitu...

    BalasHapus
  12. Dengan merawat motor sesuai dengan timingnya motor akan lancar jalannya dan terasa seperti motor baru terus ya

    BalasHapus
  13. Aku pernah kecewa terkait poin no. 2 belum lama ini. Datang dengan satu keluhan, beberapa hari kemudian keluhan yang sama kembali terjadi, padahal itu bengkel resmi dealer. Giliran diperbaiki di bengkel lokal, malah bagus dan jauh lebih muraaahhh!

    Terkait Planet Ban, nggak semua unit Planet Ban menyediakan servis lengkap ya? Karena sebelum ke bengkel yang mengecewakan itu, aku sempat mampir ke Planet Ban, tapi mereka nggak menyediakan layanannya.

    BalasHapus
  14. Bener kak, aku mau tambal ban atau nambah angin aja suka ragu-ragu buat milih tempatnya, apalagi bengkel hehe. Soalnya salah-salah bisa kena tipu dan biaya membengkak. Untung aja ada Planet Ban yang transparan soal biaya servis dan jam operasionalnya juga lebih lama dari bengkel lain

    BalasHapus
  15. Biaya jasa pemasangan suku cadang ini yang sering jadi pertimbangan juga kalau suami ke bengkel mbak. Jadi dia lebih suka beli suku cadangnya saja, terus dipasang sendiri di rumah.

    BalasHapus
  16. Bener banget mb. Kalau jak operasional bengkel tuh penting banget. Buat yg kerja nggak bisa kl ke bengkel jam kerja. Jadi skg bengkel2 banyak yg cm sampe jam 17.00 aja. Terpaksa weekend kudu ke sana.

    BalasHapus
  17. Yeaay~ asiik..
    dapet info sekaligus rejeki BW ke artikel ka Zakia karena jadi tau kalau Planet Ban sedang ada potongan hingga 150K. Banyak gratisannya pula, kayak gratis jasa memasang ban, servis, ganti oli, pengisian cairan anti bocor dan pengisian nitrogen. Mantaap!

    BalasHapus
  18. Yang membuat Planet Ban ini selalu jadi andalan solusi untuk kendaraan bermotor untukku tuh karena outletnya banyak, terutama untuk lokasi Bandung

    BalasHapus
  19. Jangan sampai salah memilih langganan bengkel. Banyak item yang harus dilakukan pengecekan dan tentunya tidak sembarangan. Apalagi ini berperan penting untuk menjaga keselamatan diri dan keluarga

    BalasHapus
  20. Jarang-jarang nih bengkel kendaraan menyediakan pembayaran dengan Qris. Untuk saya yang sering sengaja cashless akan sangat terbantu.

    BalasHapus
  21. Tips yang bagus. Harga yang transparan memang penting ya, karena kadang ada bengkel yang nodong harga. Bikin deg-degan juga kalau perginya cuma sendirian :D Dari rumahku Planet Ban ini cukup jauh sih, semoga nanti buka cabang yang dekat.

    BalasHapus
  22. menurutku yang paling pertama kalau lagi servis motor itu harganya harus transparan dan diobrolin di depan karena kalau enggak bisa aja bengkelnya curang tiba-tiba mahal aja,

    BalasHapus

Posting Komentar