jejak tulisan si kaki kecil

Yuk, Kenali Penyebab Gigi Berlubang dan Prosesnya!

Konten [Tampil]
Proses Gigi Berlubang

Hai, kawan si Kici!

Sebenarnya apa si penyebab gigi berlubang? Kadang kala kita tuh nggak sadar loh kalau kebiasaan atau apa yang kita lakukan ternyata menjadi penyebab gigi menjadi berlubang. Ha? Masa si?

Nah, biar nggak keblabasan nih, kita tuh perlu banget paham apa si yang menjadi penyebab lubang di gigi itu muncul.

5 Penyebab Gigi Berlubang

Sebenarnya ada banyak penyebab kebiasaan atau hal yang bisa menjadikan gigi berlubang. Namun, kali ini kita akan membahas lima penyebab gigi bisa menjadi berlubang. Kira-kira apa aja si?

1. Jarang Menggosok Gigi

Malas menggosok gigi menjadi salah satu penyebab gigi bisa berlubang. Cuma malas aja bisa berdampak gak baik loh untuk gigi. Minimal tuh gosok gigi dua kali sehari dan pastikan untuk menggosok gigi sebelum tidur agar gigi bersih dan tidak jadi sarang kuman.

Jika memang ingin benar-benar menjaga kebersihan gigi dan terhindar dari lubang maka sebaiknya menggosok gigi setiap setelah makan. Selain itu, perlu membersihkan gigi menggunakan dental floss untuk memastikan sela-sela gigi benar-benar bersih.

2. Hobi Makan Makanan Manis

Makanan yang manis memang enak banget di mulut tapi sayangnya kebiasaan itu bisa menjadi penyebab gigi menjadi berlubang. Apalagi jika kita hobi mengkonsumsi makanan ataupun minuman manis maka sangat mungkin menjadikan gigi berlubang.

Kok bisa ya makanan manis menjadikan gigi berlubang? Nah, ternyata rasa manis bisa membantu bakteri dalam memproduksi asam dan nantinya menjadi plak ketika bercampur dengan air liur. Pastikan jika kita memang suka mengkonsumsi makanan atau minuman manis masa perlu rajin-rajin membersihkan gigi.

3. Gerd

Penyakit lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) ternyata bisa menjadi salah satu yang menyebabkan gigi berlubang. Ya gimana enggak kan? Kalau punya masalah lambung tuh kadang asam lambung naik ke kerongkongan bahkan masuk ke dalam mulut. Rasanya tuh gak nyaman banget.

Ternyata selain perasaan tak nyaman ketika asam lambung naik, asam itu bisa mengikis lapisan gigi paling luar. Jika terjadi terus menerus maka lapisan akan menjadi pemicu gigi berlubang.

4. Faktor Usia

Gigi berlubang memang bisa terjadi pada siapa saja tetapi yang paling rentan mengalami gigi berlubang adalah usia anak-anak dan lansia. Kok bisa?

Anak-anak biasanya menyukai makanan yang manis dan masih susah untuk diajak menggosok gigi. Nah, kebiasaan itulah yang menjadi penyebab gigi bsia berlubang.

Sedangkan lansia biasanya terjadi akibat gigi dan gusi yang sudah mulai menurun fungsinya. Selain itu, tak jarang kebiasaan mengkonsumsi obat bisa menjadikan air liur berkurang sehingga plak pada gigi tidak bisa bersih maksimal.

5. Gangguan Makan

Bagi orang yang memiliki gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia ternyata juga rentan mengalami gigi berlubang. Gangguan makan ini bisa menyebabkan berkurangnya produksi air liur sehingga mulut terasa kering. Nah, kondisi ini tuh bisa menjadikan gigi berlubang karena plak gigi tak bisa bersih dengan baik.

Proses Gigi Berlubang

Penasaran gak si gimana si gigi bisa berlubang? Selain penyebab gigi berlubang kita juga perlu memahami proses gigi berlubang agar bisa terus menjadi kebersihan gigi.

Kalau dilihat dan dirasakan kayaknya gigi tuh keras ya? Kok bisa berlubang? Nah, penyebab yang telah dijelaskan di atas tuh bisa mengikis bagian terluar gigi. Ketika terkikis lama kelamaan maka bisa menjadi jalan masuknya bakteri.

Gigi yang sudah terkikis bagian luar yang seharunya menjadi pelindung akan mempermudah bakteri masuk dan membuat lubang pada gigi. Jika dibiarkan maka lama-kelamaan lubang akan membesar dan gigi akan mudah rapuh lalu habis tersisa akarnya saja.

Nah, gimana nih masih mau melakukan kebiasaan-kebiasaan yang menjadi penyebab gigi berlubang?
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar