jejak tulisan si kaki kecil

5 Cara Mencegah Gigi Berlubang yang Mudah Dilakukan!

Konten [Tampil]
Tips Merawat Gigi

Hai, kawan si Kici!

Bagaimana si cara mencegah gigi berlubang? Apalagi gigi berlubang tuh bisa menyebabkan perasaan yang tidak nyaman. Tak hanya sakit tetapi jika bisa menganggu aktivitas sehari-hari jika terus-terusan kambuh.

Gigi berlubang terjadi karena adanya bakteri penghasil asam yang nantinya merusak lapisan gigi. Lalu bagaimana si cara mencegah agar gigi tidak berlubang atau setidaknya lubang yang terjadi tidak semakin parah?

5 Cara Mencegah Gigi Berlubang

Kali ini aku akan membagikan tips yang mudah dilakukan untuk mencegah gigi berlubang. Kira-kira apa aja si yang bisa kita lakukan?

1. Rajin Menggosok Gigi

Langkah mudah pertama kali yang bisa kita lakukan adalah dengan menggosok gigi. Apa susahnya si? Apalagi gosok gigi tuh cuma sebentar 5-10 menit bisa selesai kan?

Dengan rajin menggosok gigi maka gigi kita akan terasa bersih dan nyaman. Kalau enggak, pastinya tuh kaya ada yang menganjal gak si? Ya minimal 2 kali sehari kita menggosok gigi. Pastinya si sebelum tidur wajib banget untuk gosok gigi.

Kalau mau lebih terjaga lagi giginya, setiap setelah makan kita bisa menggosok gigi atau minimal kumur-kumur saja.

2. Membersihkan Gigi dengan Dental Floss

Menggosok gigi ternyata kadang masih ada yang suka tertinggal atau nyelip-nyelip gitu. Nah, salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah makanan yang nyelip itu adalah menggunakan dental floss atau benang gigi.

Emang menggunakan benang gigi tuh hal yang jarang dilakukan. Kayaknya aku juga gak begitu dibiasakan tetapi kalau liat orang di instagram atau orang luar negeri mereka ada loh yang rutin pake dental floss ini. Biasanya dilakukan setelah gosok gigi untuk memastikan jika gigi kita sudah benar-benar bersih.

3. Menggunakan Obat Kumur

Ternyata menggunakan obat kumur tuh bukan sekedar iklan aja loh kawan si Kici! Beneran direkomendasikan oleh dokter gigi untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut kita. Walaupun kadang obat kumur tuh rasanya gak enak tapi setelah menggunakannya akan terasa bersih.

Paling enggak kita menggunakannya sekali sebelum tidur untuk memastikan gigi dan mulut kita bersih. Sehingga ketika bangun tidur napas kita sedikit lebih enak aromanya daripada biasanya.

4. Membatasi Makanan Manis dan Asam

Salah satu makanan yang bisa menjadi penyebab gigi berlubang adalah makanan manis dan asam. Jadi kita perlu untuk mengurangi mengkonsumsi kedua makanan ini. Jika memang mengkonsumsinya maka sebaiknya kita menyikat gigi kita agar tak ada sisa makanan yang tertinggal dan menjadi penyebab gigi berlubang.

5. Rutin ke Dokter Gigi

Takut ke dokter gigi? Duh, kita tuh harus berteman dengan mereka jika memang ingin gigi kita tetap sehat. Kita takut ke dokter gigi karena sering kali datang ketika gigi sudah bermasalahan. Padahal ketika gigi kita baik-baik saja kita boleh loh ke dokter gigi untuk sekedar berkonsultasi dan mendapatkan saran untuk merawat gigi.

Selain itu, ketika gigi kita baik-baik saja, kadang kala kita perlu membersihkan karang gigi kita. Nah, kadang kala karang gigi ini bisa menutup lubang-lubang kecil yang tak terlihat dan nantinya menjadi lubang yang besar. Jadi perlu banget nih buat rajin ke dokter gigi hanya sekedar cek kondisi gigi dan mulut kita.

Penutup

Itulah beberapa cara mencegah gigi berlubang yang bisa kita lakukan. Mudah bukan? Mencegah gigi berlubang tuh penting banget dilakukan karena jika sudah berlubang dan parah, bukan hanya sakit yang bisa kita rasakan tapi biaya yang dikeluarkan pun akan semakin besar.

Yuk, jaga gigi kita agar sehat dan bersih sehingga tak menganggu aktivitas dan tetap nyaman untuk makan!
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar