jejak tulisan si kaki kecil

Apa Saja si Akibat Gigi Berlubang? Dampak dan Bahayanya!

Konten [Tampil]
Bahaya Gigi Berlubang yang Dibiarkan

Hai, kawan si Kici!

Tau gak si akibat gigi berlubang tuh apa si? Sejujurnya dulu waktu gigiku berlubang dan sakit, aku takut ke dokter gigi. Rasanya dokter gigi tuh selalu menakutkan. Bertahun-tahun tuh aku biarin aja gigi berlubangku hingga akhirnya parah.

Nah, suatu waktu ada informasi tentang kanker gusi yang bikin aku lebih takut lagi. Akhirnya aku pun memutuskan untuk berani ke dokter gigi.

Akibat Gigi Berlubang yang Dibiarkan

Berdasarkan pengalamanku, ada beberapa hal yang pernah aku rasakan ketika mengalami gigi berlubang. Nah, kali ini kita bahas yuk, apa saja si dampak jika gigi berlubang dibiarkan begitu saja?

1. Timbulnya Rasa Sakit

Rasanya nyeri atau sakit adalah hal pertama yang akan dirasakan ketika gigi berlubang. Awalnya memang masih jarang terasa tetapi ketika lubang semakin besar maka sakit akan lebih sering timbul dan durasinya pun akan lebih lama.

Rasa sakit yang timbul tentu akan menjadikan perasaan tak nyaman. Malas makan bahkan mengganggu aktivitas.

2. Adanya Nanah

Lubang gigi yang semakin besar bisa menjadikan banyak bakteri menumpuk di gigi. Nah, hal itu bisa menjadikan munculnya kantong nanah di gigi. Kaya ada yang menonjol tetapi empuk dan ketika pecah ternyata berisi nanah.

Tentunya hal ini tidak akan terjadi jika gigi berlubang dirawat sejak awal. Kantong nanah ini akan timbul seiring besarnya lubang dan rasa sakit yang timbul pun akan semakin membuat kita tak nyaman.

3. Radang Gusi

Radang gusi bisa terjadi jika lubang gigi sudah sampai ke gusi. Radang gusi atau gingivitis akan mudah menjadikan gusi bengkak dan berdarah. Bisa jadi nih radang gusi ini menjadi kanker gusi karena gejalanya yang sama. Nah, pastikan ketika gusi kita mudah berdarah terjadi bukan karena kanker gusi ya!

4. Gigi Patah

Lubang yang semakin dalam yang hanya ditengah menjadinya pinggir-pinggir gigi mudah rapuh. Bisa jadi nih gigi patah ketika kita menguyah atau berbicara. Aku pernah merasakan ketika tiba-tiba ada bagian kecil gigi yang patah karena lubang yang sudah parah.

Gigi yang patah ini tentu akan terus terjadi hingga gigi tersisa akar saja. Mau gak mau nih akar yang tersisa harus dicabut juga karena akan tetap menimbulkan rasa sakit karena menumpuknya bakteri di sana.

5. Struktur Gigi Berubah

Ketika gigi berlubang dan habis hanya tersisa akar, ternyata bisa menjadikan susunan gigi berubah. Memang tak akan nampak jika dilihat sekilas tetapi jika kita rongent mulut kita akan terlihat susunan yang berubah.

Gigi yang ada disebelahnya bisa bergeser dan menjadinya adanya ruang lalu gigi menjadi renggang. Selain itu, gigi bawah yang hilang akan menjadikan gigi bagian atas turun dan lama-lama bisa menjadikannya bermasalah juga.

6. Stroke dan Jantung

Dampak yang paling berbahaya adalah gigi berlubang bisa menjadikan stroke dan jantung. Ha? Kok bisa? Ternyata ketika gigi berlubang hingga mencapai gusi bisa menjadikan bakteri masuk ke dalam tubuh melalui gusi yang luka.

Penutup

Gigi berlubang ternyata tak bisa disepelekan begitu saja ya kawan si Kici! Kita mungkin takut datang ke dokter membayangkan peralatannya yang mengerikan. Namun, ketika kita tau akibat gigi berlubang mulai dari ringan hingga parah, apa kita akan tetap membiarkan gigi berlubang semakin parah? Enggak dong? Yuk, pastikan gigi yang berlubang itu tetap dirawat dengan baik ya!
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar