jejak tulisan si kaki kecil

Cara Mencegah Flu yang Ampuh dan Mudah Dilakukan, Catat!

Konten [Tampil]
Cara Mencegah Flu yang Ampuh dan Mudah Dilakukan, Catat!
Sumber: https://www.freepik.com/premium-photo/sick-asian-young-woman-sneezing-into-tissue-paper-while-covered-with-blanket-sitting-sofa-living-room_5611628.htm#query=Asian%20flu&position=7&from_view=search&track=ais

Hai, Kawan si Kici!

Tau gak si, kalau flu merupakan penyakit yang sering dialami masyarakat tetapi dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari? Lantas, bagaimana cara mencegah flu? Adapun flu adalah penyakit yang diakibatkan infeksi virus influenza.

Ketika terjangkit flu, penderita dapat mengalami beberapa gejala, seperti pilek, batuk, sakit tenggorokan, hingga demam.

Nah, gejala-gejala tersebut dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, flu sebaiknya dihindari.

Jadi, gimana nih cara kita mencegah flu? Yuk, simak artikel ini hingga akhir untuk mengetahui beberapa upaya pencegahan flu!

Cara Mencegah Flu

Flu merupakan penyakit yang sangat sering dialami orang-orang. Padahal, cara mencegah flu sangat mudah, yaitu dengan menjaga kesehatan dan kebersihan. Penasaran bagaimana seharusnya mencegah flu? Yuk, simak beberapa cara mencegah flu di bawah ini!

1. Melaksanakan Pola Hidup Sehat

Melaksanakan pola hidup sehat merupakan cara mencegah flu dan pilek hingga penyakit-penyakit lain. Jika terus menjaga kesehatan, seseorang tentunya akan terhindar dari penyakit karena daya tahan tubuh meningkat.

Nah, untuk melaksanakan pola hidup sehat, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, yaitu:
Mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang agar kebutuhan nutrisi terpenuhi.
Memperbanyak minum air putih agar kebutuhan cairan terpenuhi.
Rutin berolahraga agar fisik selalu sehat.
Tidur dan istirahat yang cukup agar tubuh fit dan penuh energi.

2. Vaksinasi Influenza

Cara lain mencegah flu adalah dengan vaksinasi influenza. Dengan vaksinasi, tubuh akan mendapatkan perlindungan maksimal sehingga risiko terjangkit flu berat berkurang. Adapun layanan vaksinasi bisa didapatkan dengan mudah di klinik maupun rumah sakit terdekat.

3. Cuci Tangan dan Gunakan Hand Sanitizer Antis

Cara mencegah flu selanjutnya adalah cuci tangan dan gunakan hand sanitizer. Menjaga kebersihan tangan sangat penting sebab alat gerak ini merupakan salah satu sumber pembawa kuman, bakteri, dan virus dalam tubuh.

Oleh sebab itu, rutin cuci tangan sebelum dan setelah melakukan aktivitas baik untuk mencegah terkena flu.

Selain itu, hand sanitizer juga dapat digunakan untuk memaksimalkan kebersihan tangan. Sebagai tipsnya, pilihlah hand senitizer dengan kandungan alkohol, minimal 70% sehingga efektif membunuh kuman dan memberikan efek perlindungan yang long lasting.

4. Gunakan Masker saat ke Luar Rumah

Menggunakan masker saat ke luar rumah merupakan upaya pencegahan flu lainnya. Sebab, masker bisa menurunkan penyebaran penyakit ketika berada di luar rumah. Adapun masker diyakini menurunkan risiko infeksi melalui droplet yang biasanya menyebar di udara.

5. Hindari Kontak dengan Penderita

Menghindari kontak dengan penderita dapat menjadi salah satu cara mencegah flu lainnya. Sebab, flu merupakan penyakit yang bersifat menular. Oleh karena itu, seseorang dapat terjangkit flu ketika berkontak langsung dengan penderitanya.

Agar terhindar dari risiko infeksi influenza, sebaiknya hindari kontak dengan orang-orang yang memiliki gejala flu, seperti pilek dan batuk. Flu biasanya terjadi selama seminggu sehingga hindari atau gunakan masker di sekitar mereka untuk beberapa waktu.

Sebagai catatan, jangan lupa untuk menghindari kontak dengan orang lain ketika sedang flu juga agar penyakit ini tidak menyebar.

Itulah beberapa cara mencegah flu yang dapat dilakukan. Intinya, menjaga kesehatan dan kebersihan adalah langkah utama dari upaya pencegahan flu.

Untuk upaya yang lebih maksimal, selalu jaga kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan sebelum dan setelah beraktivitas. Semoga artikel ini bermanfaat!

Sumber:
https://enesis.com/id/artikel/cara-mencegah-flu/
https://www.biofarma.co.id/id/announcement/detail/simak-5-cara-jitu-cegah-flu-di-musim-hujan#:~:text=Mengkonsumsi%20makanan%20bergizi%2C%20tidur%20yang,hujan%20agar%20terhindari%20dari%20flu!
https://www.alodokter.com/ketahui-7-cara-mencegah-flu-yang-ampuh
https://www.dettol.co.id/perlindungan-keluarga-dan-rumah/tips-perlindungan-dan-kesehatan/7-tips-mencegah-flu/
https://hellosehat.com/pernapasan/flu/pencegahan-flu/
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar