jejak tulisan si kaki kecil

5 Cara Jualan Online untuk Pemula Agar Laris Manis!

27 komentar
Konten [Tampil]
Cara Jualan Online Agar Laris Manis

Hai, kawan si Kici!

Sebagai pemula yang baru berjualan pastinya penasaran dong gimana si cara jualan online untuk pemula agar mendapatkan pembeli? Nah, aku yang pernah mencoba berjualan online pun selalu mengulik dan mencari cara agar barang atau jasa yang aku juga menarik untuk dibeli!

Di era saat ini berjualan online memang menjadi pilihan untuk mencari pemasukan. Apalagi banyak orang yang kadang memilih untuk belanja online dibandingkan belanja langsung. Ya, gimana dong? Buat orang yang mager kaya aku kayaknya lebih nyaman belanja dari rumah aja.

Memanfaatkan banyak orang yang belanjar online tersebut, kita sebagai penjual perlu mengetahui beberapa hal sebelum memutuskan berjualan online. Berjualan online memang terlihat mudah dan banyak orang yang mencobanya. Namun, tak semuanya langsung berhasil dan ujungnya menyerah begitu saja.

Kali ini, aku akan membagikan beberapa cara yang aku lakukan ketika pernah berjualan buku secara online. Siapa tau bisa membantu kalian yang sedang memutuskan untuk mencoba berjualan secara online. Yuk, baca sampai selesai!

5 Cara Jualan Online untuk Pemula

Jualan Online

Buat kalian para pemula yang sedang memutuskan untuk jualan online, ada beberapa hal nih yang perlu diperhatikan. Apa aja si itu?

1. Menentukan Produk yang Dijual

Ketika memutuskan berjualan online tentunya kita akan mencari ide jualan. Lalu produk apa si yang sebaiknya kita jual? Kalau belajar dari beberapa orang yang memiliki bisnis yang sukses, produk tersebut harusnya produk yang kita sukai. Produk yang kita mau pakai. Entah itu memang produk produksi sendiri atau kita menjual produk orang.

Jangan sampai kita menjual produk yang kita sendiri saja enggan memakainya. Bagaimana orang mau percaya dan membelinya? Untuk mencari ide jualan ini, kita bisa memulai dari barang-barang atau hal-hal yang sangat dekat dengan kehidupan kita. Nantinya kita bisa memutuskan produk yang memang cocok untuk kita jual.

2. Mencari Unique Selling Point

Setelah menentukan produk yang akan dijual, kita juga perlu mencari unique selling point atau USP. Kenapa si ini perlu dilakukan? Jika ingin produk yang dijual dilirik oleh pembeli maka kita perlu menentukan alasan kenapa si harus beli produk kita. Apalagi jika produk yang kita jual sudah banyak di pasaran, maka kita perlu memberikan pembeda.

Tapi kalau kita menjual produk orang, gimana dong menentukan USP? Kita tetap bisa kok, dengan menawarkan pelayanan yang baik jika orang membeli produk di tempat kita. Bisa juga kita menawarkan harga yang lebih menarik dibandingkan harga yang ditawarkan orang lain.

3. Mengumpulkan data

Hal yang jarang dilakukan orang ketika memutuskan berjualan adalah mengumpulkan data. Hah? Data apa si? Agar kita bisa menemukan calon pembeli yang tepat ketika memulai berjualan, kita perlu menentukan siapa si target yang jualan online kita. Data yang kita dapat juga bisa menjadi ide jualan online kita.

Lalu bagaimana cara kita mengumpulkan data tersebut? Kita bisa memanfaatkan media sosial kita untuk melakukan survei. Bisa juga kita membuat kuesioner sederhana dan dibagikan kepada orang-orang terdekat kita. Hasil dari survei tersebut bisa menjadi ide jualan online kita nantinya.

4. Menawarkan promo menarik

Siapa si yang nggak suka promo? Sadar nggak si kalau orang yang baru jualan pertama kali pasti menawarkan promo untuk memperkenalkan produknya. Nah, nggak ada salahnya kita mencontoh hal tersebut ketika memutuskan untuk jualan online.

Tapi jangan sampai asal memberikan promo tanpa mempertimbangkan modal yang kita keluarkan. Sering kali kita asal memberikan promo lalu berujung tak bisa berjualan kembali akibat pemasukan yang didapatkan tak cukup untuk membeli produk atau bahan baku untuk dijual kembali.

5. Menggunakan eCommerce

Memanfaatkan eCommerce bisa menjadi salah satu cara untuk berjualan online. Apalagi menggunakan aplikasi jualan online sangat mudah dilakukan, kita cukup mengupload produk yang akan dijual. Tak perlu pusing memikirkan bagaimana memelihara website dan mengeluarkan uang untuk pemeliharaan bahkan perpanjang domain dan hosting.

Memanfaatkan Lazada untuk Berjualan Online

Yuk Jualan Online


Lazada, siapa sih yang nggak tau eCommerce tersebut? Tau nggak si kalau ternyata Lazada itu berdiri tahun 2012 dan menjadi salah satu aplikasi jualan online di Indonesia.

Lazada ini bahkan memiliki Komunitas Lazada Club Indonesia yang memiliki anggota lebih dari 23ribu orang. Jadi ketika kita memutuskan untuk berjualan di Lazada kita tak perlu pusing atau takut untuk berjualan karena akan memiliki tempat untuk sharing. Apalagi komunitas ini juga berisi berbagai seller dari berbagai industri dan tingkat pengalaman yang berbeda.

Selain komunitas yang memungkinkan para sellernya berkembang, Lazada juga menyediakan majalah digital yang dapat di akses pada situs Yuk Jualan Online. Situs ini menyediakan berbagai macam artikel yang dibutuhkan untuk kalian yang memang berjualan online.

Belajar Jualan dari Situs Yuk Jualan Online

Tau gak si kalau Lazada tuh memiliki situs yang bisa kita manfaatkan untuk belajar tentang bisnis. Wah situ apa tuh? Namanya Yuk Jualan Online!

Yuk Jualan Online adalah blog yang berisi banyak artikel tentang bisnis online. Kita bisa menemukan artikel yang membagikan tips bagaimana si caranya berjualan secara online. Bahkan kita juga bisa mendapatkan update terbaru terkait strategi untuk melakukan bisnis secara online.

Buat aku sendiri ada beberapa manfaat yang bisa aku dapatkan setelah membaca beberapa artikel di Yuk Jualan Online. Apa aja sih?

1. Mendapatkan ide jualan

Buat kalian yang masih bingung memulai jualan, bisa coba baca situs Yuk Jualan Online karena di sana kita bisa mencari ide untuk berjualan. Mulai dari jualan apa si cocok untuk mahasiswa atau jualan apa si yang belum ramai sehingga bisa menjadi ide yang menarik.

Jadi artikel yang ada di situs tersebut memang sangat bermanfaat bagi kita yang ingin jualan bahkan membantu kita untuk menentukan produk yang cocok untuk dijual.

2. Ide Nama Produk dan Toko

Sering nggak si kebingungan menentukan nama produk atau toko yang unik? Membedakan dengan yang lain dan membuat produk atau toko kita mudah diingat oleh pembeli. Nah, kita bisa membaca artikel di Yuk Jualan Online karena membahas terkait nama produk atau toko yang unik untuk jualan kita.

3. Cara Memanfaatkan Live Streaming

Sempat ramai diprotes oleh pedagang yang berjualan langsung. Daripada kita protes kenapa gak belajar aja cara berjualan di live streaming? Langsung aja ke situs Yuk Jualan Online karena banyak artikel yang membahas cara berjualan dengan live streaming. Jadi gak perlu bingung lagi deh gimana si memanfaatkan live streaming untuk berjualan.

Cara Menjadi Seller Lazada

Tertarik untuk jualan online di Lazada? Yuk, coba tiga langkah yang perlu dilakukan untuk menjadi seller Lazada!
  1. Mendaftar dengan nomor hp dan alamat email.
  2. Unggah dokumen berupa KTP atau NIB berbasis risiko (jika sebagai korporasi).
  3. Mengunggah produk yang akan dijual (minimal satu produk).

Mudah kan menjadi seller Lazada? Tak perlu ribet atau membayar mahal untuk memulai jualan online.

Penutup

Nah, gimana nih buat kalian yang sedang bimbang memutuskan untuk berjualan online atau tidak? Apakah cara jualan online untuk pemula yang aku bagikan ini bermanfaat dan menjadikan yakin untuk jualan online? Yuk, coba aja dulu daftar menjadi seller Lazada dan baca artikel bisnis yang bisa membantu di situs Yuk Jualan Online!
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

27 komentar

  1. Kalau punya USP kemungkinan bakalan bertahan besar banget ya kak. Karena kan kustomer akan selalu ingat tuh sama keunikan produk yang ditawarkan. Ini nih pentingnya dalam bisnis ada USP

    BalasHapus
  2. Untuk pemula, mengikuti e-commerce kelas atas seperti lazada bisa jadi solusi ya. Apalagi di lazada juga diajarkan banyak hal terkait penjualan online yang kekinian. Tinggal keuletan dan disiplin nih supaya jadi pebisnis jual beli online yang handal

    BalasHapus
  3. Lazada aplikasi yang selalu ada di HP. Udah lama banget buat belanja. Bukan hanya enak buat jualan online dengan banyak gratis dan bonus, tapi juga buat yang beli banyak keuntungan

    BalasHapus
  4. Mudah ini untuk menjadi seller di Lazada apalagi tersedia juga beragam artikel bisnis yang bisa membantu di situs Yuk Jualan Online di sana, yuk bisa yuk pemula berjualan online.

    BalasHapus
  5. setuju banget, sebagai seller kita juga harus membekali diri
    Walau Lazada sebagai marketplacegak hanya nyediain tempat jualan,
    juga mensupport penjualan seller

    BalasHapus
  6. Boleh banget nih tips nya, kalau jualan memang paling oke di ecommerce ya kak apalagi untuk pemula bisa jadi senjata untuk naikin penjualan

    BalasHapus
  7. Wah artikel yang bermanfaat banget, khususnya bagi yang pingin jualan online via lazada. Yuk cus praktekkan.

    BalasHapus
  8. Tambahin satu lagi dong: rajin ikutan live di Lazada.... Saya suka kagum sma para stremer belanja live.... effortnya luar biasa

    BalasHapus
  9. Saya seorang penjual online sejak jaman jualan di bbm, lalu pindah ke platform oren, ijo dan merah. Setelah baca ini pengen juga open di platform biru akh... ,😍

    BalasHapus
  10. Lazada emang platform jualan online yang recommended ya mba. Bisa berjualan dari rumah dengan cara yang mudah tapi bikin banyak cuan. Menerapkan tips jualan online seperti artikel ini, makin nyata hasilnya.

    BalasHapus
  11. wah keren nih ada wadah khusus untuk sharing-sharing tentang jualan onlen..tinggal niat dan kemauan aja ya yang dikuatkan untuk mengais rezeki di jaman sekarang ini

    BalasHapus
  12. wah Lazada keren nih, benar-benar membantu penjual online pemula seperti aku, jadi penasaran ingin coba jualan online juga di Lazada

    BalasHapus
  13. Mencari tahu apa yang menarim dari produk atau jasa yang sedang dibangun skillfull banget, sih. Apalagi jadi cerminan juga, selaku manusia diantara milyaran orang di muka bumi, uniknya kita apa? Istimewanya kita apa? Bedanya kita apa?

    Keren, sih, apapun punya kesinambungan untuk introspeksi diri, termasuk dalam memulai bisnis.

    BalasHapus
  14. Enak banget ya gabung jadi seller di Lazada, kita akan diberi pendampingan agar dapat beradaptasi dengan cepat dengan sistem jual beli online ini. Pantes saja disebut sebagai e-commerce nomor 1 di Indonesia

    BalasHapus
  15. Sebelum memulai usaha kita memang harus belajar terlebih dahulu ya bagaimana menjadi pebisnis newbie

    BalasHapus
  16. Lazada mulai berinovasi untuk membantu para pengusaha online pemula bisa mendapatkan peluang lebih di bisnis online

    BalasHapus
  17. Saya banget nih, Kak, mageran banget jadi lebih senang belanja online. Sekarang saatnya untuk jadi penjual juga, ya, karena ada Lazada yang mewadahi para penjual online pemula. Biar maen hapenya lebih berfaedah, bisa dapet cuan juga.

    BalasHapus
  18. Banyak banget peluang untuk dapet cuan di zaman modern ini ya, tinggal fokus saja pilih lalu kembangkan.

    BalasHapus
  19. Sekarang untuk jadi seller sangat mudah, apalagi dibantu sama lazada pasti jd makin semangat para pemula untuk memulai usahanya

    BalasHapus
  20. Aku belum punya toko nih di Lazada. Entahlah kenapa ya haha. Padahal Lazada termasuk banyak banget promonya. Emang bener kalau jualan online mau dapat pembeli itu ya harus memanfaatkan ecommerce. Aku perlu nambah ecommerce Lazada deh kayak biar makin bercuan.

    BalasHapus
  21. jujur nih, banyaknya situs jualan, aku baru jadi pembeli aja, banter-banter affiliate, huhu, saatnya kita yang jualan ya jangan beli melulu hehehe

    BalasHapus
  22. dengan banyaknya marketplace membuat saya yang malas kemana-mana makin tambah mager

    BalasHapus
  23. bisnis yang lagi besar banget peluang dan ekspansinya sepertinya memang bisnis online yaa. apalagi untuk pemula yang masih minim pengalaman, berjualan di ecommerce emang jadi jalan ninja utk bisa mencapai target.

    BalasHapus
  24. dengan menjadi seller lazada, makin mudah untuk berjualan dan mengembangkan bisnis. Sangat mendukung Bagi pemula yg belajar bisnis nih.

    BalasHapus
  25. Memanfaatkan e-commerce selain hemat karena ga perlu sewa toko, juga banyak untungnya. Misal promo campaign, free ongkir dan lain sebagainya.

    BalasHapus
  26. Sekarang era digital lebih enak, Semua dagangan bisa di jual secara online.

    BalasHapus

Posting Komentar