jejak tulisan si kaki kecil

Pelatihan dan Pengembangan SDM Perusahaan, Emang Penting?

17 komentar
Konten [Tampil]
Pelatihan dan Pengembangan SDM Perusahaan

Hai, kawan si Kici!

Siapa nih yang pemilik perusahaan lalu sedang bimbang memikirkan tentang pelatihan dan pengembangan SDM?

Sebagai seorang karyawan tentunya aku pernah merasa bosan melakukan rutinitas pekerjaan yang terkesan itu itu saja. Nah, perasaan bosan itu lama kelamaan bisa menjadikan burn out dan membuat malas bekerja. Apalagi jika aku menemukan masalah dalam pekerjaan dan belum menemukan solusi walaupun sudah berkonsultasi dengan senior.

Perasaan bosan dan jenuh itu ternyata perlu diatasi bukan sekedar hanya healing atau liburan semata. Namun, perlu melakukan upgrade ilmu agar memiliki tantangan baru dan cara baru dalam bekerja. Bahkan dengan upgrade ilmu tersebut bisa membantu kita menyelesaikan masalah yang selama ini menjadi kendala.

Tujuan Pelatihan dan Pengembangan SDM Perusahaan

Pemilik perusahaan memang biasanya tak memikirkan terkait upgrade ilmu bagi karyawannya karena ada bagian HR yang mengurusnya. Namun, bagi kalian yang sedang merintis sebuah perusahaan, pelatihan SDM perusahaan perlu dipertimbangkan sedari awal.

Memang sepenting itu ya melakukan pelatihan SDM? Hmm, penting sih kalau memang perusahaannya ingin bisa bertahan dengan perkembangan yang ada. Nah, maka dari itu karyawan pun perlu diberikan pelatihan yang tepat agar bisa mengikuti perkembangan salah satunya teknologi.

Dari yang awalnya semua serba manual maka karyawan perlu dilatih bagaimana memanfaatkan teknologi agar bisa bekerja lebih efisien. Perubahan yang mengikuti perkembangan jaman yang ada tentu bisa membuat perusahaan bisa terus bertahan dan tidak tergerus oleh zaman.

Manfaat Pelatihan dan Pengembangan SDM Perusahaan

Manfaat Pelatihan Karyawan

Setelah mengetahui apa sih manfaat melakukan pelatihan karyawan, kita perlu mengetahui apa saja sih manfaatnya? Yuk, simak beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh karyawan sekaligus perusahaan yang ada!

1. Mengikuti Perubahan

Berasa nggak sih kalau setiap waktu jaman itu berubah? Apalagi era digital ini, kayaknya perkembangan cukup pesat terjadi. Nah, salah satu manfaat training karyawan adalah untuk bisa mengikuti tren yang ada. Salah satunya memanfaatkan teknologi dalam melakukan pekerjaan.

Selain teknologi, ilmu pengetahuan pun berkembang. Sehingga dengan perubahan ilmu pengetahuan sesuai dengan pekerjaan akan bisa membantu dalam mengatasi masalah dalam pekerjaan.

2. Produktivitas Meningkat

Ketika mengikuti perkembangan tren terbaru maka karyawan bisa meningkat produktivitasnya. Akan ada hal baru yang ditemukan ketika mempelajari hal baru sehingga lebih semangat dalam menyelesaikan pekerjaan yang ada. Apalagi jika ilmu baru yang dipelajarinya bisa membantunya mengatasi masalah pekerjaan yang selama ini menggangunya.

3. Meningkatkan Prestasi Karyawan

Siapa yang tidak senang jika memiliki karyawan yang berprestasi? Karyawan yang memiliki dedikasi menyelesaikan pekerjaan dengan efektif dan efisien dengan memanfaatkan perkembangan yang ada.

Nah, training karyawan ini bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan prestasi karyawan. Dengan pelatihan karyawan, kita bisa menemukan potensi karyawan dan memaksimalkannya untuk melakukan pekerjaan. Sehingga nantinya karyawan bisa berkembang dan memberikan prestasi yang tentunya bermanfaat bagi perusahaan.

4. Memotivasi Karyawan

Jenuh dengan rutinitas pekerjaan itu memang wajar. Namun jangan sampai dibiarkan dan berujung burn out. Untuk merefresh semua itu dibutuhkan pelatihan yang bisa menjadi motivasi baru bagi karyawan. Sehingga karyawan tersebut bisa lebih produktif karena mendapatkan pengetahuan dan semangat baru dalam melakukan pekerjaan.

5. Mempererat Hubungan Karyawan

Konflik di dalam perusahaan memang kadang terjadi jika komunikasi kurang lancar. Nah, pelatihan dan pengembangan ini bisa loh dimanfaatkan untuk menjadi salah satu cara untuk mempererat hubungan antar karyawan.

Siapa tau kan dengan adanya pelatihan, karyawan jadi lebih mengenal satu sama lain dan juga bisa lebih memahami potensi dan kelemahan yang ada. Sehingga mereka bisa bekerja sama lebih baik ketika dalam bekerja.

Upgrade Ilmu dengan QuBisa

Bootcamp QuBisa

Salah satu obrolan influencer yang menurutku cukup mendukung program upskill untuk karyawan adalah Raditya Dika. Entah kenapa Radit tuh menurutku bos yang cukup baik bagi karyawannya. Radit mengatakan jika senang memfasilitasi karyawan untuk berkembang dengan mengikuti pelatihan yang memang sesuai dengan jobdescnya.

Nah, buat kalian yang tertarik untuk mengembangkan ilmu atau karir bisa nih intip aplikasi QuBisa. Kalau dulu aku pernah mengulas tetang QuBisa yang dijadikan pilihan ketika mendapatkan kartu prakerja. Sekarang bisa juga loh memanfaatkannya sebagai lembaga pelatihan karyawan ketika merasa kok gak berkembang ketika mulai jenuh bekerja.

Ada berbagai macam kelas yang ditawarkan oleh QuBisa mulai dari webinar, bootcamp, kursus, microlearning hingga artikel. Namun, jika ingin mengembangkan skill setelah bekerja, kelas bootcamp lebih cocok untuk dipilih. Kelas ini memang membutuhkan budget yang lumayan tetapi kelasnya pun lebih intens dan ada grup diskusinya.

Eiits, kelas bootcamp ini tidak hanya ditunjukkan untuk karyawan saja tetapi bisa juga loh untuk kalian yang sedang mencari kerja. Apalagi beberapa kelas bootcamp menawarkan bagaimana membuat CV yang menarik dna cara menghadapi HR. Menarik gak sih?

Penutup

Setelah bekerja nyatanya kita tuh masih bisa loh mengikuti pelatihan dan pengembangan SDM, apalagi manfaat yang dirasakan pun akan mempengaruhi dinamika dalam bekerja. Tak hanya untuk karyawan tetapi perusahaan pun bisa merasakan manfaat program upskill untuk karyawan  .

Nah, tunggu apalagi yuk download aplikasi QuBisa sebagai lembaga pelatihan karyawan di Aplikasi QuBisa untuk iOS atau Aplikasi QuBisa untuk Android! Mumpung ada promo loh untuk beberapa kelas bootcamp di QuBisa.
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

17 komentar

  1. Sekarang untuk pengembangan skill karyawan tidak harus berupa workshop dengan mendatangkan ahlinya ke kantor, ya. Bisa se-fleksibel belajar dari rumah lewat Qubisa ini.

    BalasHapus
  2. Update ilmu dan skill memang penting sekali untuk karyawan. Mungkin dulu masih dilakukan secara konvensional tapi sekarang bisa dari rumah aja dengan aplikasi ya

    BalasHapus
  3. Aku juga paling nggak suka bekerja gitu-gitu aja tanpa adanya perkembangan diri untuk aku lebih baik. Pelatihan dan pengembangan SDM ini penting banget sih, dua-duanya jadi saling menguntungkan.

    Wah Raditya Dika mah emang keren banget sih, jadi pengen kerja sama Radit haha.

    BalasHapus
  4. QuBisa bisa didownload di android dan IOS ini suatu kelebihan ya mbak. Baru nemu aplikasi pelatihan dan pengembangan SDM yang bagus untuk diikuti oleh karyawan maupun perusahaan. Fleksible juga.

    BalasHapus
  5. wah komplit ya mbak pelatihan dari QuBisa apalagi ada aplikasinya di android dan iphone, pasti sangat mempermudah karyawan untuk upskill

    BalasHapus
  6. Aku dah coba dowload QuBisa mbak, ternyata bener ya banyak pelatihan yang bisa diikuti, ada yang free dan berbayar, tergantung kebutuhan aja

    BalasHapus
  7. Perusahaan yang ideal pastinya akan sangat memikirkan perkembangan sumber daya manusia yang ada didalamnya dan akan berusaha untuk terus meng upgrade melalui pelatuhan dan pengembangan SDM.
    QuBisa bisa menjadi salah satu alternatif terbaik untuk ikhtiar perusahaan agar setiap karyawan up date dengan perkembangan zaman

    BalasHapus
  8. Ditempat ngajar ku skrg ga terlalu banyak iht dan pelatihan upskilling, jadi mau coba beberapa pelatihan di QuBisa biar ada asupan ilmu dan informasi baru, butuh banget biar ilmu ga gitu-gitu aja

    BalasHapus
  9. Pengembangan SDM diperlukan bgt utk kemajuan perusahaan

    BalasHapus
  10. QuBisa itu bisa dilakukan secara online. Kebayang kan kalau harus menempuh jarak cukup jauh, sedangkan kita juga tetap harus bekerja. Pastinya akan sangat menguras waktu dan tenaga.

    BalasHapus
  11. Salah satu keunggulan dari pelatihan QuBisa itu bisa dilakukan secara online. Kebayang kan kalau harus menempuh jarak cukup jauh, sedangkan kita juga tetap harus bekerja. Pastinya akan sangat menguras waktu dan tenaga.

    BalasHapus
  12. Zaman masih kerja, tiap tahun aku merancang mau ikut pelatihan apa yang bisa buat upgrade skill. Tapi sayangnya belum kenal Qubisa hihi..Aku tertarik ikut bootcampnya nih..materi bikin cv yang menarik tuh selalu jadi misteri menurutku hihi.

    BalasHapus
  13. Jadi terlirik dengan QuBisa.. Banyak sekali pelatihan sebagai pengembangan kemampuan yang dipilih.

    BalasHapus
  14. Seneng banget ada Qubisa ini. Soalnya programnya banyak, bisa ikut secara personal atau profesional dalam arti karyawan perusahaan. Bener2 bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan kalo memang niat mau upgrade skill. Semangat kerjanya mbak Zakiaaa hihi :D

    BalasHapus
  15. Wah, seru yaaa. Bisa upgrading yang lebih fleksibel tapi tetap punya output bagus bagi para karyawan. Bener-bener sangat bermanfaat ini QuBisa.

    BalasHapus
  16. Wah jaman sekarang upgrade skill semakin mudah dan praktis ya, tak peduli jarak dan waktu tetap bisa belajar. Ngga hanya karyawan yang bisa jadi lebih update, perusahaan juga pasti menikmati benefitnya

    BalasHapus
  17. penting banget! mutualisme kok dengan mengembangkan skill karyawan. untungnya sekarang ada online course kaya QuBisa ini, di mana pelatihan bisa fleksibel dari mana aja. meminimalisir budget pelatihan juga, tidak perlu keluar uang transport dan hotel hihi

    BalasHapus

Posting Komentar