jejak tulisan si kaki kecil

Cabai Hiyung, Jadi Resep Rahasia Lezatnya Saus Sambal Ini!

Konten [Tampil]

Hai, kawan si Kici!

Siapa nih yang doyan pedas? Hmm, pasti kurang nikmat ya kalau makan tanpa sambal. Nah, kamu penasaran nggak sih kira-kira cabai apa yang dipakai sama produk sambal yang ada di Indonesia? Kok ya rasanya enak dan pedasnya cocok sama keluarga Indonesia.

Setelah googling, ternyata ada satu cabai yang sering dipakai jadi salah satu resep pembuatan produk sambal di Indonesia, namanya Cabai Hiyung. Saya pun jadi penasaran dengan cabai ini, dan hasilnya ada beberapa fakta menarik tentang Cabai Hiyung yang diulas di poin pembahasan selanjutnya.

3 Fakta Cabai Hiyung yang Harus Kamu Tahu

Cabai Hiyung ini memiliki beberapa fakta yang cukup menarik. Fakta inilah yang menjadikannya menjadi salah satu cabai pilihan untuk bahan baku pembuatan produk sambal di Indonesia. Kira-kira apa aja faktanya? Yuk simak!

1. Cabai Khas Kalimantan

Tau nggak si kalau Cabai Hiyung nggak bisa tumbuh di sembarangan tempat? Kok bisa sih? Ternyata cabai ini hanya bisa tumbuh di Desa Hiyung, Tapin, Kalimantan Selatan. Alasan inilah kenapa cabai ini dinamakan Cabai Hiyung.

Kalau ditanya apa bisa ditanam ditempat lain? Bisa sih tapi rasanya yang autentik akan hilang dan berubah. Bahkan tingkat kepedasannya bisa menurun.

2. Punya Rasa Pedas yang Cocok untuk Berbagai Makanan

Alasan mengapa cabai ini menjadi salah satu cabai dengan kualitas terbaik di Indonesia karena cabai ini digunakan sebagai bahan masakan mulai dari goreng sampai masakan berkuah, untuk memberikan rasa pedas pada makanan.

3. Budidaya Cabai Hiyung Unik

Faktor pendukung yang membuat Cabai Hiyung istimewa adalah penanaman di lahan rawa yang cukup luas dan tingkat keasaman tanah yang tinggi. Penanaman Cabai Hiyung juga lebih unik dibandingkan penanaman cabai rawit pada umumnya yakni dengan penggunaan mulsa.

Mulsa adalah material penutup tanaman budidaya untuk menjaga kelembaban tanah. Mulsa yang digunakan berasal dari rumput rawa yang ada di sekitar areal penanaman. Fungsinya adalah untuk menekan pertumbuhan gulma, mengurangi evaporasi tanah, dan melindungi tanaman dari terik matahari yang menyengat.

Pedasnya Cabai Hiyung Ternyata Jadi Salah Satu Resep Rahasia Lezatnya Sambal ABC


Sambal ABC yang memiliki tagline “Bukan Sambal Biasa” memang selalu memanjakan lidah. Apalagi Cabai Hiyung yang memiliki rasa yang autentik jadi salah satu resep rahasia pedas dan nikmatnya Sambal ABC.

Rasa pedasnya cocok untuk dinikmati dengan berbagai macam makanan seperti bakso, ayam goreng, tempe, tahu, dan makanan kesukaan kamu yang lainnya. Kalau penasaran lebih lengkapnya tentang Sambal ABC, cek link ini yuk!

Sambal ABC pun memiliki lima varian berbeda untuk dinikmati setiap orang. Ada Sambal Asli, Sambal Extra Pedas, Sambal Bawang Pedas, Sambal Manis Pedas, dan Sambal Ayam Goreng. Sehingga orang akan bisa memilih rasa sesuai selera dan tingkat pedas yang disukai.

Nah, tunggu apa lagi nih? Nggak mau langsung beli produk Sambal ABC? Buruan deh beli sekarang di Official Store ABC Heinz Indonesia yang ada pada e-commerce, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Blibli. Sambal ABC juga bisa dibeli di toko terdekat, selain online.

Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar