jejak tulisan si kaki kecil

7 Tips Memilih Bantal yang Baik untuk Tidur Berkualitas

Konten [Tampil]
7 Tips Memilih Bantal yang Baik untuk Tidur Berkualitas
sumber: https://www.pexels.com/photo/side-table-near-bead-frame-3682238/

Hai, kawan si Kici!

Pernahkah Anda merasa sakit leher atau pusing saat bangun tidur? Bisa jadi hal tersebut disebabkan karena Anda salah memilih bantal. Jangan dianggap sepele, nyatanya bantal berperan penting untuk waktu istirahat. Lalu bagaimana cara memilih bantal yang baik untuk tidur?

Bantal yang tidak cocok akan mengganggu kualitas tidur yang nantinya dapat mempengaruhi mood seharian. Inilah kenapa Anda harus memperhatikan ukuran, bentuk, bahkan posisi tidur saat hendak membeli bantal. Dan berikut ini adalah tips membelinya!

7 Tips Memilih Bantal yang Baik untuk Tidur

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang nyenyak, nyaman, dan tenang, Anda perlu memilih bantal yang sesuai kebutuhan. Bantal yang bagus juga akan mencegah timbulnya sejumlah masalah kesehatan, khususnya bagi Anda yang memang memiliki penyakit tertentu.

Sesuaikan Bantal dengan Postur Tubuh

Tahukah Anda, memilih bantal yang baik untuk tidur harus disesuaikan dengan postur tubuh. Jika Anda bertubuh kecil, maka pilihlah bantal berukuran standar atau small agar nyaman dan tidak kebesaran saat digunakan.

Bukan tanpa alasan, bantal yang salah ukuran justru berpotensi menyebabkan ketegangan otot khususnya di area leher dan juga bahu. Anda pun perlu mengganti bantal yang sudah dipakai sekitar 1–2 tahun agar tidak berjamur.

Sesuaikan Ukuran Bantal

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ukuran bantal juga wajib Anda perhatikan dalam menemukan bantal agar tidak sakit leher. Pilihlah bantal yang pas dengan ukuran tempat tidur.

Umumnya ada dua ukuran bantal yang biasa digunakan. Untuk ukuran kasur single dan twin, cobalah pertimbangkan ukuran 43×63 cm. Sedangkan ranjang king size lebih cocok bantal berukuran 50×70 cm.

Pilih Bantal Sesuai Kebiasaan Tidur

Uniknya, setiap kebiasaan tidur memiliki jenis bantal yang berbeda. Jika Anda terbiasa tidur telanjang, gunakanlah bantal tipis yang tidak terlalu keras untuk mencegah tekanan pada tulang punggung.

Adapun untuk Anda yang sering tidur mendengkur, Anda bisa mencoba pakai bantal khusus dengan cekungan di bagian tengah. Tujuannya adalah agar menjaga kepala bagian atas sedikit miring.

Perhatikan Isi Bantal

Tips memilih bantal yang baik untuk tidur selanjutnya adalah dengan memperhatikan isi bantal. Pasalnya hal ini menunjang kenyamanan Anda saat tidur. Apalagi jika Anda memiliki alergi, isi bantal harus disesuaikan dengan kondisi tubuh.

Ada beberapa isi bantal yang bisa Anda pilih, seperti kapuk, memory foam, lateks, busa, atau dacron. Tentukanlah bahan ternyaman yang sesuai kebutuhan Anda agar tidak salah pilih nantinya dan jangan lupa untuk merawatnya dengan baik.

Pertimbangkan Aliran Udara Bantal

Jangan lupa mempertimbangkan aliran udara bantal. Perlu Anda ketahui juga semakin padat bantal maka akan semakin sulit aliran udaranya. Bantal dengan sirkulasi udara renggang terasa lebih nyaman dan hangat dipakai.

Namun jangan khawatir karena ada sejumlah bantal yang baik untuk tidur yang sudah memiliki teknologi pendingin yang lebih baik dari jenis bantal lainnya. Anda dapat memilihnya sesuai keinginan, apakah itu panas atau dingin saat tidur.

Periksa Pelapis Bantal

Meski sering dianggap sepele, sarung bantal dengan kualitas baik ternyata membantu bantal bertahan lebih lama. Inilah kenapa Anda harus memperhatikan kualitas sarung demi mendapatkan kualitas tidur terbaik.

Sebisa mungkin pilihlah bantal dengan sarung yang memiliki jahitan rapi, lurus, serta pipih agar mengurangi keausan di bagian tepinya. Sarung bantal dengan resleting cenderung lebih mudah dibersihkan dan menyesuaikan isi.

Tes Perubahan Bentuk Bantal

Sebelum yakin membeli produk bantal latex yang Anda inginkan, pastikan Anda mengetesnya terlebih dulu. Caranya bisa dengan menepuk bantal untuk meratakannya. Tujuan tes ini adalah untuk mengetahui perubahan bentuk bantal.

Setelah itu, tepuk-tepuk bantal untuk melihat apakah produk tersebut bisa kembali ke ketebalan aslinya atau tidak. Anda pun harus memastikan isi bantal tersebar merata agar tidur semakin nyaman.

Nah itulah sejumlah tips memilih bantal yang baik untuk tidur. Tidak usah repot mencari produk bantal lainnya, karena bantal dari Domibed akan memenuhi semua kebutuhan Anda sebagai produk bantal terbaik. Dilengkapi dengan bahan yang lembut dan nyaman, tidur Anda dijamin semakin nyenyak.
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar