jejak tulisan si kaki kecil

Tips Persiapan Acara Pernikahan Agar Sesuai Ekspektasi

Konten [Tampil]
Hai, kawan si Kici!

Siapa nih yang sedang mencari tips persiapan acara pernikahan?

Bagi pasangan yang akan melangsungkan pernikahan, tentu ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Dalam menyiapkan kebutuhan acara pernikahan, Anda dan pasangan sebaiknya menentukan segala sesuatunya bersama-sama agar mencapai pesta pernikahan yang diinginkan. Tak ada salahnya untuk membaca tips wedding terkini yang salah satunya bisa dibaca di Yesido.

Apalagi di era modern ini sudah berkembang tren dan mode pernikahan yang bisa diterapkan pada pernikahan Anda bersama pasangan. Namun, ketahui terlebih dahulu tips-tips apa saja yang harus Anda siapkan dalam menyiapkan pernikahan supaya sesuai dengan ekspektasi dan keinginan.

Tips Persiapan Acara Pernikahan

Di bawah ini terdapat beberapa tips menyiapkan pernikahan yang harus Anda perhatikan. Mulai dari penentuan waktu acara, berkas pendaftaran, konsep acara, dan lain sebagainya. Berikut merupakan ulasan lengkapnya.

Menentukan Waktu Acara Pernikahan

Satu hal yang penting ialah penentuan waktu acara pernikahan. Banyak orang yang memilih untuk memisahkan waktu akad dan resepsi pernikahan, namun banyak juga yang lebih memilih menyatukannya cukup di satu hari acara saja. Ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda bersama pasangan.

Biasanya, orang tua kedua calon pengantin akan mencarikan tanggal yang baik untuk pernikahan anak-anaknya. Namun, tak jarang juga sejumlah pasangan menentukan sendiri tanggal pernikahan.

Hal yang harus dipertimbangkan ialah apabila Anda memilih acara di weekend, Anda dan pasangan memang bisa mendapatkan lebih banyak tamu undangan yang hadir. Namun, biaya sewa gedung di akhir pekan biasanya lebih mahal. Hal ini bisa dipertimbangkan kembali oleh Anda bersama pasangan dan keluarga.

Siapkan Berkas Pernikahan

Selain waktu acara, selanjutnya adalah siapkan berkas pernikahan. Daftar persiapan pernikahan ini sangat penting supaya pernikahan Anda dan pasangan sah di mata hukum dan agama. Ada beberapa dokumen yang harus disiapkan mulai dari surat keterangan, fotokopi KTP, pas foto, dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya mengenai dokumen apa saja yang perlu Anda siapkan, Anda bisa langsung mengunjungi kantor KUA. Di sana, Anda dan pasangan bisa mendapatkan beragam informasi mengenai pendaftaran pernikahan dan segala kebutuhannya.

Perlu diketahui juga bahwasanya untuk persiapan berkas pernikahan ini sebaiknya disiapkan jauh-jauh hari sebelum hari H. Hal ini dilakukan agar Anda dan pasangan tidak terlalu terburu-buru dalam persiapan berkas, dan tentunya bisa mengurus hal lainnya juga.

Konsep dan Dekorasi

Selanjutnya adalah konsep dan dekorasi. Konsep pernikahan sangat penting untuk didiskusikan bersama pasangan. Hal ini akan berpengaruh pada dekorasi dan wedding venue yang akan digunakan.

Ada banyak konsep pernikahan yang bisa Anda terapkan mulai dari adat tradisional, konsep elegan yang modern, atau konsep sederhana dengan harga yang lebih terjangkau.

Katering dan Hiburan

Berikutnya adalah katering dan hiburan. Sebelum memesan katering, sebaiknya Anda dan pasangan melakukan survei rasa dan harga terlebih dahulu. Selain itu, pilih juga menu-menu makanan yang seimbang antara makanan utama, makanan pembuka, dan makanan penutup.

Pilihlah katering yang menyediakan berbagai macam menu olahan lengkap mulai dari daging, sayur, sup, dan beberapa dessert. Selain itu, sebelum memutuskan memilih katering, pastikan Anda sudah yakin memilih jenis makanan apa yang akan disajikan, apakah tradisional, atau menu-menu Chinese, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, dari segi hiburan juga perlu dipersiapkan agar para tamu undangan merasa senang dan menikmati acara resepsi pernikahan Anda. Saat ini, hiburan pernikahan yang paling populer ialah band akustik dan organ tunggal. Namun, tak jarang ada juga yang menyediakan tarian-tarian.

MUA dan Dokumentasi

Makeup artist (MUA) sangat penting dalam acara pernikahan. Sebelum mencari MUA yang tepat, pastikan Anda sudah menentukan tema atau konsep pernikahan yang digunakan, agar dandanan yang diterapkan juga sesuai dengan konsep pernikahan Anda bersama pasangan.

Pastikan Anda memilih MUA yang terpercaya, berpengalaman, dan juga bertanggung jawab serta hasilnya yang memuaskan. Anda bisa melihat beberapa review atau testimoni sejumlah klien yang pernah menggunakan jasa MUA tersebut.

Selain MUA, dokumentasi juga sangat penting untuk mendapatkan kenangan seumur hidup. Untuk urusan dokumentasi, kita perlu mencari fotografer pernikahan yang sesuai dengan keinginan kita.

Untuk persiapan pernikahan, Anda bisa memilih jasa fotografer dengan rentang harga 1 juta hingga 5 juta rupiah. Namun, untuk acara yang cukup mewah, Anda bisa memilih paket fotografi pernikahan di harga 6 juta hingga 20 juta rupiah.

Persiapan Undangan dan Souvenir

Terakhir yaitu persiapan undangan dan souvenir. Tentukan siapa saja tamu yang akan diundang dan pastikan Anda telah menyebar undangan minimal 1 bulan hari H acara. Sebaiknya Anda mengundang orang-orang terdekat terlebih dahulu agar lebih diprioritaskan.

Selain itu, pilihlah souvenir dan lakukan survey harga di sejumlah penjual souvenir. Pastikan Anda memilih souvenir yang bermanfaat bagi tamu undangan dan memiliki kualitas yang bagus. Hal ini tentu akan menjadi kenangan tersendiri bagi tamu undangan terhadap acara pernikahan Anda.

Itu dia pembahasan mengenai tips menyiapkan pernikahan. Pastikan Anda mengikuti tips-tips di atas untuk mendapatkan acara pernikahan yang sesuai dengan ekspektasi dan tentunya tidak mengecewakan.
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar