jejak tulisan si kaki kecil

Simak! Cara Membersihkan Sepatu Putih agar Tidak Rusak

Konten [Tampil]
Hai, kawan si Kici!

Siapa nih yang sedang mencari cara membersihkan sepatu putih? Apalagi sepatu warna putih jadi salah satu warna yang banyak dipilih orang. Kesan elegan, bersih, segar, dan rapi akan terpancar ketika memakai sepatu putih. Tidak hanya itu, warna putih merupakan warna yang dapat dipadukan dengan berbagai macam pakaian dan celana apapun.

Outfit manapun akan terlihat makin keren jika menambahkan sepatu converse chuck taylor dalam koleksi. Sepatu casual cocok dipakai dalam segala acara. Temukan koleksi sepatu converse lainnya hanya di aplikasi Blibli.

Cara Membersihkan Sepatu Putih

Walaupun tampak keren, sepatu putih memiliki kelemahan dalam urusan kebersihan karena susah dibersihkan. Terutama kotoran bandel yang menempel akan lebih mudah mencolok daripada warna lainnya. Hal ini membuat penampilan menjadi kurang menarik.

Solusi dari masalah ini adalah dengan membersihkan secara rutin. Namun, membersihkan saja tidak cukup, terkadang sepatu putih dapat berubah warna kekuningan jika kurang teliti.

Bagaimana cara membersihkan sepatu putih agar tidak meninggalkan noda? Berikut ulasannya!

1. Menggunakan Odol

Mencuci sepatu putih dengan pasta gigi dapat membantu membersihkan permukaan sepatu. Bukan hanya untuk merawat gigi, pasta gigi dapat mempertahankan warna agar tetap putih.

Caranya dengan merendam sepatu putih ke dalam air dingin atau air hangat. Oleskan pasta gigi pada bagian yang menguning, kemudian gosok dengan memakai sikat gigi.

Sikat gigi ternyata bisa dipakai untuk membersihkan sepatu karena bentuknya yang kecil. Selain itu, desainnya juga mampu menjangkau area-area kecil di dalam maupun di luar alas kaki tersebut.

Bukan cuma itu, kekuatan dorong sikat gigi jauh lebih mudah diatur jika dibandingkan dengan sikat cuci. Kita bisa memakai sikat gigi yang memang hanya digunakan untuk membersihkan sepatu atau sikat gigi bekas.

2. Memakai sabun pencuci piring dan sikat sepatu

Cara berikutnya mencuci sepatu putih adalah memakai sabun cuci piring. Fungsi sabun cuci piring untuk mengangkat kotoran yang menempel. Maka dari itu, tak heran jika beberapa sabun cuci piring colek bisa dipakai untuk mencuci pakaian maupun sepatu.

Mula-mula, oleskan sabun cuci piring colek ke bagian sepatu yang menguning. Jangan lupa, basahi sepatu sebelum dicuci. Kemudian, gosok bagian yang sudah diolesi sabun dengan sikat gigi.

3. Menggunakan deterjen maupun pemutih pakaian

Kain merupakan bagian utama dari sepatu. Oleh sebab itu, mencuci sepatu dengan deterjen maupun pemutih pakaian adalah cara terbaik yang bisa dilakukan. Caranya, hanya perlu membasahi sepatu dengan menggunakan air lalu mengoleskan deterjen pada tempat-tempat yang membutuhkan dan tinggal menggosoknya.

Jika memakai deterjen hasilnya masih kurang, kita dapat beralih memakai cairan maupun bubuk pemutih pakaian. Bubuk dan cairan memang memiliki formula khusus untuk mengangkat kotoran di pakaian serta bisa membuat warna pakaian menjadi putih. Tak jarang, pakaian berwarna lain yang dicuci memakai pemutih pakaian akan luntur menjadi warna putih.

Perlu diingat, sepatu warna putih sebaiknya tidak dijemur di bawah terik sinar matahari langsung. Soalnya, terik matahari dapat membuat warna sepatu jadi kuning. Oleh sebab itu, kita dapat menjemur di bawah kanopi maupun di bawah pohon. Atau di tempat yang tidak kena sinar matahari langsung.

4. Menggunakan Soda kue

Tidak hanya memakai produk khusus pemutih pakaian, kita dapat memakai soda kue sebagai cara untuk memutihkan sepatu. Pasalnya, soda kue dikenal sebagai pemutih pakaian alami.

Selain untuk memutihkan pakaian, soda kue terkenal dapat membantu mengangkat noda kue membandel dan melembutkan kain sehingga sepatu makin nyaman digunakan.

Jika kita ingin menggunakan soda kue, pertama-tama adalah rendam sepatu ke dalam air dan masukan soda kue ke air panas dan aduk sampai membentuk adonan. Setelah adonan terbentuk, oleskan adonan soda tersebut ke bagian sepatu yang kotor dan diamkan selama 3 jam. Setelah itu, kita dapat mencongkel bagian yang terkena soda api.

5. Membersihkan sepatu dengan cuka

Selain untuk makanan, cuka dapat dipakai untuk memutihkan sepatu yang bernoda. Hal ini karena cuka mengandung asam asetat. Kandungan asam asetat tidak akan merusak kain pada sepatu, melainkan membantu mengangkat noda membandel dan mengangkat serat-serat kain yang pertusuh maupun bulu hewan yang menempel.

Bukan cuma itu, bahan ini dapat berfungsi untuk melarutkan residu yang ditinggalkan oleh deterjen. Sehingga sepatu akan tampak lebih bersih dan cerah setelah dibersihkan menggunakan cuka.

Apabila kita ingin membersihkan sepatu dengan cuka, ada dua cara yang bisa digunakan. Pertama, dengan membersihkan dengan deterjen terlebih dahulu lalu dibasuh dengan cuka kemudian disikat, atau langsung dibasuh dengan cuka dan disikat.

6. Memakai semir sepatu

Walaupun semir sepatu sering diidentikan dengan membersihkan sepatu warna hitam, namun pada dasarnya sepatu putih bisa dibersihkan dengan semir sepatu.

Semir sepatu dengan warna netral dapat dimanfaatkan untuk membersihkan sepatu warna putih. Akan tetapi, penggunaannya perlu lebih berhati-hati. Pastikan sepatu dan semir yang dipakai sangat cocok.

Supaya aman, melakukan percobaan pada bagian yang kecil. Jika warnanya sudah sesuai barulah melanjutkan proses pembersihan sampai tuntas.

Nah, demikian cara menyemir sepatu putih agar tidak rusak. Jika kamu butuh sepatu putih dan alat perawatannya, kunjungi Blibli segara.
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar