jejak tulisan si kaki kecil

Cerita Pengusaha Sukses yang Patut Dijadikan Role Model

Konten [Tampil]
Cerita Pengusaha Sukses yang Patut Dijadikan Role Model

Hai, kawan si Kici!

Siapa nih yang sedang mencari cerita pengusaha sukses? Apalagi menjadi seorang pengusaha memang tidak mudah dan pastinya kita membutuhkan seorang role model agar kita bisa mengambil kisah inspiratif untuk perjalanan kita sebagai pengusaha.

Nah, kali ini aku ingin membagikan salah satu kisah inpiratif seorang pengusaha indonesia, Arsjad Rasjid pemilik arsjadrasjid.com. Siapa si dia? Memang kenapa dia bisa dijadikan role model? Duh, daripada bertanya-tanya mending baca tulisan ini sampe selesai ya!

Mengenal Arsjad Rasjid

Arsjad Rasjid dikenal sebagai seorang pengusaha di Indonesia. Beliau lahir di Jakarta pada pada tanggal 16 Maret 1970 dari pasangan H.M.N. Rasjid dan Hj. Suniawati.

Tahun 1990, Arsjad menempuh pendidikan bidang Computer Engineering pada University of Southern California. Tahun 1993, Arsjad mengambil pendidikan bidang Administrasi Bisnis pada Universitas Pepperdine, California, Amerika Serikat.

Inspirasi Cerita Pengusaha Sukses dari Arsjad Rasjid

Usia 25 tahun biasanya menjadi fase-fase kita mengalami quarter life crisis. Kita merasa pada umur 25 tahun menjadi penentu hidup kita kedepannya. Tak jarang keputusan-keputusan yang kita ambil pada umur 25 tahun menjadi penentu arah kita.

Hal tersebut juga terjadi pada Arsjad. Pada usinya yang 25 tahun, beliau mengambil keputusan untuk mengubah kehidupannya yang sebelumnya seorang pekerja menjadi seorang pengusaha.

Tentunya keputusan ini tidak mudah karena biasanya pekerja mendapatkan gaji tetap sedangkan pengusaha akan mendapatkan pendapatan yang lebih fluktuatif. Belum lagi kita harus memikirkan gaji para karyawan dan biaya untuk operasional.

Namun semua keputusan berat tersebut memunculkan jiwa kepemimpinan yang kuat dan sebuah pengalaman terbaik dalam hidup. Untuk meninggalkan dunia pekerja menjadi pengusaha memang tak mudah sehingga kita perlu mempertimbangkan banyak hal sebelum akhirnya memutuskan mengambil pilihan yang bisa mengubah hidup kita.

Sepak Terjang Arsjad Rasjid

Kuputusan yang diambil oleh Arsjad pada umur 25 tahun ternyata membawanya memiliki beberapa pengalaman yang luar biasa. Pengalaman yang cukup dijadikan alasan untuk kita menjadikannya role model.

1. Direktur Utama Indika Energy

Arsjad menjadi direktur utama PT Indika Energy Tbk. sejak tahun 2005. Dengan menjadi direktur utama, Arsjad berhasil mengembangkan dan menjadikan perusahaan tersebut memiliki banyak portofolio bisnis yang cukup beragam, seperti digital, kesehatan, logistik, dan mineral.

Selain itu, di bawah kepemimpinan Arsjad, aset perusahaan pun meningkat hingga 7 kali lipat dari yang sebelumnya Rp 2,78 triliun menjadi Rp 18,28 triliun dalam waktu 6 tahun dengan strategi akuisisi.

2. Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia

Sejak tahun 2021 hingga 2026, Arsjad menjadi Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, salah satu organisasi yang penting bagi bisnis di Indonesia.

Sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad berkomitmennya untuk memajukan perekonomian Indonesia khususnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui berbagai program pelatihan, pendampingan, dan pembiayaan yang ditujukan bagi pelaku usaha.

3. Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC)

Tak hanya menjabat sebagai ketua di level regional, Arsjad juga menjabat sebagai Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC).

Posisi tersebut tentunya menjadikannya memiliki peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi antar-negara anggota ASEAN. Arsjad berusaha untuk meningkatkan integrasi ekonomi antar-negara anggota ASEAN sehingga ASEAN bisa menjadi pusat pertumbungan dunia.

Nah, itulah cerita pengusaha sukses ala Arsjad Rasjid yang bisa kita jadikan role model. Sebuah keputusan yang tak mudah di umur 25 tahun dan membawa banyak pengalaman hidup yang luar biasa.
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar