jejak tulisan si kaki kecil

Ingin Investasi Obligasi? Kenali Jenis dan Resikonya Yuk!

Konten [Tampil]
Resiko Obligasi
Sumber: https://www.pexels.com/photo/a-person-in-black-suit-holding-a-pen-near-the-documents-on-the-table-8428076/

Hai, kawan si Kici!

Sedang berpikir untuk daftar oblogasi pemerintah? Investasi jenis Obligasi ternyata memiliki beberapa pilihan. Investasi ini memang memiliki sejumlah keunggulan, terutama risiko yang lebih rendah. Salah jenis pilihan investasi Obligasi yaitu Obligasi konversi.

Obligasi konversi memiliki perbedaan dari investasi Obligasi pada umumnya. Ingin mengetahuinya lebih lanjut? Mari simak informasi lengkap berikut ini!

Apa itu Obligasi Konversi?

Perlu diketahui, Obligasi konversi merupakan surat utang dimana pemegang surat utang dapat mengkonversinya menjadi bentuk saham dari perusahaan penerbit. Perubahan Obligasi menjadi saham tentunya harus melewati ketentuan dan kesepakatan bersama.

Umumnya, surat utang dari Obligasi konversi memiliki tingkat kupon yang relatif rendah. hal tersebut karena pemegang surat utang telah memiliki keunggulan atau privilege untuk menukarnya dengan kepemilikan saham.

6 Jenis Obligasi Konversi yang Dapat Anda Ketahui

Obligasi konversi juga memiliki beberapa jenis dengan karakteristik yang berbeda. Contohnya pada perbedaan ketentuan serta cara konversi. Untuk itu, mari simak jenis-jenisnya di bawah ini!

Mandatory Convertible

Ini adalah Obligasi yang diwajibkan untuk diubah dalam bentuk saham ketika jatuh tempo tiba. Terdapat juga dua perbedaan harga konversi, yaitu harga lebih tinggi dari nilai par dan harga yang setara nilai saham.

Waktu jatuh tempo dari jenis Mandatory Convertible ini cukup pendek. Oleh karena itu, Obligasi ini cocok dilakukan sebagai investasi jangka pendek.

Vanilla Convertible Bonds

Ini merupakan jenis yang paling umum. Obligasi Vanilla ini memberikan opsi pada pemegang surat utang untuk mengubah Obligasi dalam sejumlah saham. Jadi, investor tidak diwajibkan mengubah Obligasi menjadi bentuk saham.

Harga serta nilai konversi yang dipakai ditentukan saat jatuh tempo tiba. Vanilla Convertible Bonds akan membayarkan kupon selama Obligasi berlaku. Ketika jatuh tempo tiba, investor berhak memiliki nilai Obligasi tersebut ataupun mengkonversikannya dalam bentuk saham.

Reverse Convertible

Jenis Obligasi ini juga memberikan opsi untuk merubah Obligasi dalam sejumlah saham. Namun, hal ini berbeda pada jenis vanilla convertible. Reverse convertible memberikan opsi kepada penerbit dari surat utang.

Jadi, penerbit memiliki dua pilihan antara mengonversi ke bentuk saham ataupun membeli surat utang atau Obligasi ini secara tunai.

Konversi Bersyarat

Seperti namanya, terdapat syarat tertentu untuk investor yang hendak mengonversi Obligasi dalam bentuk saham. Investor dapat menukar Obligasi jika harga saham telah mencapai nilai persentase tertentu. Atau lebih mudahnya ketika harga saham berada lebih tinggi dari harga konversi yang ditentukan.

Exchange Convertibles

Ini merupakan Obligasi dimana aset saham dasar berasal dari perusahaan yang berbeda. Dengan kata lain, investor akan memiliki saham dari perusahaan lain jika menukar Obligasi. Tentu saja, dalam Obligasi Exchange Convertibles juga terdapat persyaratan untuk opsi konversi.

Konversi Saham Preferen

Obligasi dengan jenis konversi saham preferen memiliki struktur modal dengan peringkat senioritas yang lebih rendah. Obligasi ini mirip investasi Obligasi secara umum, hanya terdapat perbedaan pada struktur permodalan.

Itulah beberapa Obligasi konversi yang dapat Anda ketahui. Setiap jenis memiliki perbedaan masing-masing. Berinvestasi Obligasi Konversi memang memiliki keunggulan. Namun, Ada juga perlu waspada dengan risikonya.

Keuntungan Berinvestasi Obligasi Konversi

Obligasi konversi mendatangkan keuntungan bagi investor dan perusahaan penerbit. Perusahaan penerbit akan memiliki pembayaran bunga dengan nilai persentase yang relatif rendah.

Di samping itu investor memiliki fleksibilitas untuk menjadikan Obligasi dalam sejumlah saham. Untuk lebih lengkapnya, berikut keuntungan dari Obligasi Konversi:
  • Bunga yang rendah untuk perusahaan penerbit.
  • Investor dapat mengubah Obligasi menjadi bentuk saham.
  • Memiliki fleksibilitas antara menerima pengembalian dana tunai atau menukarnya dengan saham.

Itulah keunggulan dari Obligasi konversi. Tertarik berinvestasi? Sebelum itu, Anda juga perlu mengetahui risikonya.

Risiko Investasi Obligasi Konversi

Jenis Obligasi
Sumber: https://www.pexels.com/photo/person-pointing-his-black-pen-on-the-paper-7054415/

Walaupun menguntungkan investor dan penerbit, Obligasi ini tetap memiliki risiko. Adapun beberapa risiko yang harus dipertimbangkan yaitu:
  • Memiliki kupon Obligasi yang relatif lebih rendah dari Obligasi lain karena opsi untuk mengkonversinya dalam bentuk saham.
  • Harga saham tidak pasti akan meningkat atau menghasilkan keuntungan.
  • Terdapat risiko nilai saham yang anjlok.
  • Risiko gagal bayar tinggi, karena mayoritas perusahaan penerbit Obligasi adalah perusahaan baru, sehingga opsi melunasi Obligasi dibayar dengan saham.

Itulah risiko yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih Obligasi ini. Obligasi konversi dirasa lebih riskan untuk dilakukan. Namun, terdapat Obligasi Pemerintah yang lebih aman dan tentunya memiliki risiko yang rendah. Berbicara Obligasi Pemerintah, Anda dapat berinvestasi bersama perbankan prioritas DBS Treasures.

Investasi Obligasi Pemerintah Bersama DBS Treasures, Rasakan Keunggulannya!

DBS Treasures adalah perbankan prioritas yang dapat Anda percaya untuk investasi Obligasi Pemerintah. Berinvestasi di sini memiliki sejumlah keunggulan yang ditawarkan, diantaranya:

Diterbitkan oleh Pemerintah

DBS Treasures menyediakan Obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah dan dijamin dalam undang-undang.

Tersedia Beragam Pilihan

Ada berbagai pilihan Obligasi. Tentunya dengan jangka waktu sesuai preferensi serta mata uang IDR, USD, dan EUR.

Kupon Reguler

Obligasi memberikan penawaran berupa kupon reguler yang akan dibayarkan secara berkala selama melakukan investasi pada penerbit Obligasi yang dipilih.

Terdapat Potensi Capital Gain

Terdapat beberapa jenis Obligasi yang dapat dijual kapan pun bahkan sebelum jadwal waktu jatuh tempo yang telah ditentukan. Selain itu, investor juga akan diberikan potensi keuntungan yang didapatkan dari kenaikan harga Obligasi.

Kupon Kompetitif

Obligasi juga akan memberikan tingkat kupon yang kompetitif di atas rata-rata bunga Deposito Berjangka.

Tidak Ada Biaya Tambahan

Para investor tidak dikenai biaya tambahan apapun. Hanya ada spread atau selisih antara harga jual Obligasi dengan harga beli Obligasi (bid dan offer).

Transaksi 24/7

Kita bisa menikmati beragam jenis produk Obligasi yang diperjualbelikan setiap saat melalui Aplikasi digibank by DBS. Menarik, bukan?

Kesempatan untuk Didukung oleh Analisis Pasar Terkurasi dari Tim Ahli Finansial yang akan Mengomunikasikannva

Kita bisa mendapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML)! Insight yang didapat sudah dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga kita dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Bagaimana? Banyak keunggulannya bukan? Mari investasi Obligasi Pemerintah bersama DBS Treasures! Untuk informasi lengkapnya, kawan si Kici dapat mengakses https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/structured-product/investing-in-bonds sekarang!
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar