jejak tulisan si kaki kecil

Tips Memilih Guru Ngaji Privat Surabaya untuk Anak!

Konten [Tampil]
Tips Memilih Guru Ngaji Privat Surabaya untuk Anak!

Hai, kawan si Kici!

Siapa nih yang sedang mencari guru ngaji privat Surabaya? Hmmm, ternyata mencari guru mengaji itu nggak boleh sembarang karena salah memilih maka akan berdampak pada pemahaman kita tentang agama. Apalagi mencari guru untuk anak-anak, kalau nggak sabar malah anak-anak nggak akan betah belajar dan menganggapnya hal yang menyebalkan.

Kenapa si Harus Belajar Al Quran?

Al Quran adalah pedoman hidup bagi orang muslim. Untuk bisa menjadikan Al Quran sebagai pedoman maka mau nggak mau kita harus belajar. Pada hadist riwayat Bukhari disebutkan tentang mempelajari Al Quran.

Utsman bin ‘Affan radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sebaik-baik orang di antara kalian adalah yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari)


Dari hadist tersebut kita bisa mengetahui jika memang sudah seharusnya kita sebagai umat Islam mempelajari Al Quran agar bisa memahaminya dengan baik. Namun, yang perlu diperhatikan adalah perlunya ada seorang guru yang memang memahami tajwid dan hukum bacaan Al Quran agar bisa membenarkan bacaan kita agar tidak salah.

Tips Memilih Guru Mengaji

Lalu bagaimana cara memilih guru belajar mengaji anak yang baik? Nah, ada beberapa tips agar kita tidak salah memilih guru mengaji entah itu belajar mengaji online maupun offline.

1. Aqidah yang lurus

Yang perlu dipastikan pertama adalah terkait aqidahnya. Apakah memang perilakunya sesuai al-Qur'an dan Sunnah karena tak jarang ada orang yang memang menyembah Allah tetapi tanpa disadari masih melakukan hal-hal yang menuju ke arah syirik. Maka perlu memastikan jika memang aqidah yang dimiliki seorang calon guru ngaji sudah lurus.

2. Memahami Tajwid dan Hukum-Hukumnya

Pernah nggak si melihat guru ngaji palsu di film? Ya karena kita hanya sekedar mencari seorang yang bisa membaca Al Quran. Hanya sekedar membaca Al Quran tidak bisa dijadikan patokan untuk kita memilihnya menjadi guru. Namun, kita harus memastikan jika seorang guru tersebut memahami tajwid dan hukum-hukumnya.

Dalam belajar membaca Al Quran memang terdapat berbagai metode tetapi semuanya pasti bertujuan yang sama yaitu menjadikan seseorang bisa membaca Al Quran dengan benar. Bagaimana cara keluar huruf dan pengucapannya agar tidak salah dan hukum-hukum di dalamnya karena salah membaca satu huruf saja bisa mengubah artinya.

Untuk mengecek apakah seseorang memahami tajwid dan hukum-hukumnya ini kita bisa kok meminta sertifikat jika memang seseorang layak dijadikan guru mengaji atau melihat track record pendidikannya. Sehingga kita tidak salah menjadinya sebagai orang guru.

3. Akhlaknya baik

Mencari guru mengaji juga perlu melihat akhlaknya apakah baik atau tidak karena nggak mau dong anak-anak kita meniru hal-hal yang tidak baik akibat akhlak gurunya yang juga tidak baik. Dan jangan sampai anak kita malah menjadi trauma akibat perilaku guru yang tidak baik.

Nah, ketiga hal tersebut adalah hal-hal yang perlu dicek ketika akan memilih guru selain harga tentunya. Pastikan kita memiliki budget khusus untuk anak kita belajar agama. Sehingga tak melulu mengejar ilmu dunia tetapi juga diimbangi dengan ilmu agama.

Albata, Pilihan Guru Ngaji Privat Surabaya

Untuk kalian kawan si Kici yang tinggal di Surabaya dan sedang mencari guru mengaji, aku mau merekomendasikan salah satu tempat kita untuk belajar mengaji anak yaitu Albata.

Albata merupakah salah lembaga pendidikan Islam yang ada di Surabaya. Lembaga ini khusus ditujukan untuk anak-anak dan materi yang difokuskan adalah Tauhid, Adab, Fiqih, Sirah, Tahsin & Tahfidz dengan metode pengajaran “fun learning” mengadopsi metode montessori.

Albata ternyata sudah ada sejak tahun 2019. Salah satu kelas yang ditawarkan adalah TPQ baik TPQ Kids Offline Private dan TPQ Online. Albata TPQ ini ditujukan untuk anak usia 3 - 7 tahun dengan 8 pertemuan dalam satu bulan dan durasi setiap pertemuan selama 60 menit.

Tau nggak si kalau ada beberapa alasan untuk menjadikan Albata tempat belajar TPQ offline maupun TPQ online. Apa aja tuh?

1. Kurikulum yang sangat komperhensif

Kurikulum yang diajarkan nantinya akan berkaitan dengan tauhid, adab dan akhlak, fiqih, sirah (cerita Nabi, Sahabat, dan Ulama Klasik), tartil (belajar mengenal huruf hijaiyah hingga membaca quran), serta tahfidz (hafalan quran). Paket komplit nggak tuh? Sekali belajar bisa mendapatkan banyak hal sehingga anak tak akan bosan belajar hal yang sama karena materinya yang bervariasi.

2. Sesuai Quran dan Sunnah

Semua pembelajaran yang diberikan disesuaikan dengan Quran dan Sunnah sehingga kita tak lagi khawatir akan ada hal-hal yang melenceng.

3. Pembelajaran Fun Learning

Testimoni Albata

Pembelajaran yang diberikan mengadopsi metode montesori sehingga tak akan membuat anak bosan. Selain itu, akan ada Learning Kit pada setiap pertemuan untuk membantu anak belajar. Hal ini juga terbukti dari beberapa komentar pada website Albata yang mengatakan jika anak mereka tidak bosan ketika belajar bersama Albata.

4. Pengajaran eksklusif

Pengajar untuk kelas privat akan eksklusif hanya satu murid setiap pengajarnya. Pengajar pun akan datang langsung ke rumah murid jika memang kita sebagai orang tua tidak sempat untuk mengatar anak. Selain itu, pengajar yang ada di Albata dipastikan adalah guru terbaik karena telah diseleksi dari
universitas ternama.

Nah, gimana nih? Tertarik untuk mengambil kelas TPQ Kids Offline Private di Albata? Yuk, daftar sekarang dengan membayar biaya pendaftaran 500.000 (hanya satu kali di awal) dan uang kegiatan bulanan mulai 1.250.000 per bulannya. Bisa cek juga kelas belajar mengaji online secara lengkap di website Albata ya!
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

9 komentar

  1. Hoo Albata bisa buat ngaji private juga ya mbak. Aku kira sekolah Islam aja. Cari guru ngaji itu harus bener² yg bagus, takutnya malah menyimpang kan ini tentang akidah bahaya juga ya. Untungnya ada Albata, jadi merasa aman kalau anak belajar ngaji Alhamdulillah terjangkau juga harganya worth it untuk ukuran kota besar seperti Surabaya ya mbak.

    BalasHapus
  2. Saat ini harus waspada ya, ada yang berkedok guru ngaji tetapi akhlaknya menyimpang
    Albata merupakan solusi untuk mendapatkan guru ngaji yang kompeten

    BalasHapus
  3. Enak banget nih di Albata bisa belajar mengaji secara online dan offline ya. Jadi bukan cuma di wilayah Surabaya aja ya. Daerah lain kalau mau belajar mengaji juga bisa melalui Albata ya Kak :)

    BalasHapus
  4. Masya Allah senengnya ada albata yang bisa membantu kita untuk memgajari anak secara privat ya. Akupun ngepoin kok program2 yang ada di albata

    BalasHapus
  5. Udah mengunjungi situs Albata ini, ternyata paketnya lengkap, ya, untuk program mengaji anaknya, ada yang online dan juga offline, juga bisa mengaji berkelompok atau pun private. Mengerti banget kebutuhan orang tua dan anak, tinggal dipilih sesuai kebutuhan kita

    BalasHapus
  6. Suka sama sistem kurikulumnya, cocoklah buat anak2 dari [ada main gadget yang unfaedah mending di daftarkan ke Albata aja yaa,. Apalagi ada kelas onlinenya juga

    BalasHapus
  7. Emang bener sih, nyari guru ngaji itu emang gak cukup cuma pinter ngaji aja, kudu diliat akhlak dan aqidahnya gimana. Di daerahku pernah kecolongan, guru TPQ kalo sore, tapi kalo siang story nya di sosmed buka2aj baju astaghfirullah...

    Aku jadi kepo pengen buka albata, lengkap banget ini paketnya. Ada guru ngaji privat juga. Kirain cuma preschool aja..

    BalasHapus
  8. Wah, ternyata Albata menyediakan jasa guru ngaji privat ya.... Jadi ingat dulu pernah kesulitan nyari guru ngaji yang bisa ngajar ke rumah untuk ketiga anakku. Alhamdulillah masa-masa itu sudah terlapaui.... Albata sangat membantu sekali ya....

    BalasHapus
  9. Salimul Aqidah, Aqidah yang lurus memnag harus betul-betul diperhatikan karena untuk pondasi bagi anak. Btw, Albata ini bagus menurut saya, karena menerapkan kurikulum yang komprehensif

    BalasHapus

Posting Komentar