jejak tulisan si kaki kecil

5 Fungsi Aplikasi GPS Mobil, Bukan Hanya Untuk Pelacakan!

Konten [Tampil]
5 Fungsi Aplikasi GPS Mobil, Bukan Hanya Untuk Pelacakan!


Hai, kawan si Kici!

Udah nggak asing lagi kan sama aplikasi GPS Mobil? Kayaknya tuh sekarang setiap orang sudah mengenal GPS atau Global Positioning System. GPS merupakan sistem navigasi satelit yang memang dirancang agar bisa menyediakan informasi tentang lokasi kendaraan secara real time.

Teknologi yang digunakan pada GPS ini adalah trilateration yang berfungsi untuk menentukan lokasi yang diambil berdasarkan jarak melalui 3 satelit. Titik kendaraan akan langsung dikirimkan melalui sinyal GPS yang tersambung dengan tower operator.

Selanjutnya data posisi atau titik kendaraan akan diubah atau dikonversi sehingga bisa ditampilkan pada web browser, mobile, aplikasi, dan juga di dalam aplikasi smartphone. Keberadaannya tentu sangat membantu setiap pengemudi kendaraan roda empat untuk bisa menentukan jalan terbaik menuju lokasi tujuan.

Nah, sebenarnya apa si fungsi dari GPS mobil? Katanya si bukan hanya sekedar untuk pelacakan saja tetapi juga ada beberapa fungsi penting lainnya yang juga bisa diketahui, apa saja si itu?

Meminimalisir terjadinya pencurian

Jika terjadi tindak kejahatan seperti pencurian, ternyata GPS bisa langsung melacak titik lokasi kendaraan berada. Bahkan di beberapa jenis GPS yang lebih canggih terdapat fitur yang bisa langsung mematikan mesin sekalipun dalam jarak yang cukup jauh. Waaah, bisa bikin kapok pencurinya nggak si?

Mengecek perjalanan sebelumnya

Buat orang-orang yang suka lupa dengan jalan yang baru dilalui maka bisa mengecek perjalanan sebelumnya melalui sistem GPS ini. Ada fitur khusus pada GPS yang akan menyajikan track record jalan yang pernah dilalui sebelumnya selama periode tertentu. Duh, jadi nggak harus pusing mengingat-ngingat ya?

Menyadap pembicaraan di dalam mobil

Fungsi lain dari GPS yang belum diketahui banyak orang yaitu mampu menyadap pembicaraan orang-orang yang ada di dalam mobil. Apalagi saat mobil dicuri maka bisa langsung mengakses GPS untuk tahu lokasi terbaru. Selain itu, juga bisa menyadap semua obrolan dan percakapan yang memang terjadi. Rekaman tersebut tentunya bisa menjadi bukti kejahatan jika memang suatu saat dibutuhkan.

Mendeteksi fasilitas umum yang terdekat

Jika terjadi kejadian seperti tindak kriminal atau kecelakaan, maka kehadiran sistem GPS ini akan sangat membantu karena mampu mendeteksi fasilitas umum terdekat. Mulai dari kantor polisi jika memang terjadi tindak kriminal, rumah sakit jika terjadi kecelakaan, atau fasilitas umum lainnya yang memang terkait dengan kejadian di jalan. Jadi nggak pusing dan ribet tanya sana sini ya!

Meramal cuaca yang akan terjadi

Selanjutnya GPS memiliki fungsi yaitu bisa meramal cuaca yang akan terjadi dalam waktu dekat. Selain itu, GPS juga mampu mengetahui angka tekanan udara, suhu, dan kelembapan ketika melewati daerah tertentu. Kita jadi bisa bersiap-siap dengan segala cuaca yang akan terjadi deh.

Untuk bisa memiliki GPS di mobil tentunya harus membeli peralatannya dulu di toko perlengkapan mobil. Bagi yang sedang mencari kendaraan roda empat bekas maka bisa cari yang sudah dilengkapi dengan GPS sehingga tidak perlu keluar biaya lagi.

Untuk bisa menemukan mobil bekas yang sudah ada GPS maka bisa cek di platform mobbi. Platform yang dibuat dengan teknologi canggih dan pernah dikenal dengan mo88i menawarkan banyak keuntungan untuk bisa mempermudah setiap orang memiliki mobil di rumah. Yuk, kunjungi platform mobbi sekarang untuk menemukan mobil bekas yang lengkap dengan GPS!
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar