jejak tulisan si kaki kecil

8 Strategi Pemasaran Online yang Wajib Dilakukan Jika Ingin Berhasil

11 komentar
Konten [Tampil]
Strategi Pemasaran Online

Hai, kawan si Kici!

Jika ingin berhasil, seorang marketer harus mengetahui strategi dan cara memasarkan produk. Hal ini juga penting diketahui oleh orang yang berjualan secara online.

Strategi pemasaran online jika dibandingkan dengan strategi tradisional memiliki banyak perbedaan. Dan mengingat perkembangan teknologi sekarang ini sangatlah pesat, maka sangat penting strategi pemasaran online menjadi salah satu hal wajib yang harus diketahui dan dilaksanakan oleh para marketer jika mereka ingin sukses.

Ketika strategi pemasaran online diterapkan dengan baik, proses pemasaran pun akan lebih efisien dan lebih mudah. Selain itu nantinya budget yang dikeluarkan juga bisa lebih diminimalisir. Lantas, apa saja strategi yang harus dilakukan untuk memasarkan produk secara online?

8 Strategi Pemasaran Online

Strategi Pemasaran untuk Marketer

Ada beberapa strategi pemasaran online yang bisa diterapkan oleh para marketer. Dibawah ini adalah beberapa diantaranya:

1. Branding

Branding menjadi sebuah strategi yang sangat efektif di era digital sekarang ini. Jika terjun ke dunia bisnis, maka branding adalah hal yang harus diprioritaskan. Sebagai contoh, apa si yang membuat iPhone menjadi salah satu smartphone yang laris dipasaran meski memiliki harga yang mahal?

Nah, jawabannya karena branding. Strategi branding yang mereka lakukan sukses sehingga produk mereka meskipun memiliki harga yang mahal namun tetap saja diminati.

Hal itulah yang juga harus dilakukan oleh kita yang ingin terjun ke dunia bisnis. Ada banyak teknik dalam branding. Beberapa diantaranya yaitu membuat logo yang mudah diingat, membuat konten kreatif untuk meningkatkan brand awareness, serta membuat tagline yang menarik.

2. Google bisnisku

Jika memiliki produk yang dijual secara lokal, maka Google Bisnisku menjadi strategi pemasaran online yang perlu diperhatikan.

Google Bisnisku memudahkan kita untuk mencantumkan alamat tempat bisnis kita ke dalam Google Maps ataupun mesin pencarian Google. Jadi misal ada yang mengetikkan kata “jual kebab” maka Google akan menampilkan tempat yang menjual kebab di lokasi sekitar.

Google Bisnisku juga memiliki kolom review sehingga kita bisa menambahkan atau melihat review dari tempat tersebut. Review yang bagus tentu membuat audiens akan lebih percaya dengan layanan atau produk milik kita.

3. SEO

SEO memiliki peranan yang sangat penting di dalam dunia bisnis online. SEO tak hanya efektif untuk para pebisnis besar, namun juga pebisnis skala kecil menengah. Tugas dan fungsi utama dari SEO adalah mendatangkan pengunjung ke website.

Caranya dengan menjadikan website tersebut peringkat unggulan di search engine. Tak hanya itu, SEO juga turut meningkatkan kredibilitas brand bagi audiens.

Hingga saat ini SEO masih menjadi salah satu strategi pemasaran online karena masih banyak orang yang mencari produk yang diinginkannya lewat search engine.

4. Search Engine Marketing atau SEM

Strategi pemasaran online ini mirip dengan SEO. Bedanya SEM memiliki budget sedang SEO gratis. Namun karena berbayar makanya efek yang diberikan pun lebih besar. Website atau bisnis akan lebih mudah muncul di laman pertama search engine tanpa harus mengoptimasi website.

Ciri website yang menggunakan strategi ini biasanya memiliki logo “Ad” pada bagian atas awal paragraf. Salah satu tools untuk metode ini adalah Google Ads.

5. Email marketing

Sekarang sekitar 35% orang yang ada didunia memiliki email. Nah, oleh karena itu email marketing bisa menjadi salah satu strategi pemasaran online yang berpotensi tinggi. Kelebihan dari email marketing antara lain: penerima email lebih terukur, tidak berbayar, dan lebih pribadi.
Salah satu tools yang bisa digunakan untuk menerapkan strategi ini adalah MailChimp.

6. Customer Relationship Management atau CRM

Inti dari CRM fokus pada cara menjalin hubungan dengan konsumen, khususnya yang pernah menggunakan produk kita. Jadi semisal sebuah bisnis memberikan pelayanan yang baik, tentu saja akan banyak calon audiens yang nantinya penasaran hingga akhirnya mencoba produk milik kita.

7. Influencer marketing

Ini adalah salah satu strategi pemasaran online terbaru dengan efektivitas yang cukup tinggi sekarang ini. Influencer marketing memiliki kemampuan memikat dan cenderung lebih dipercaya oleh para audience. Kelebihan dari strategi ini adalah kemampuannya untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan kredibilitas brand serta menjangkau audiens lebih banyak.

Namun strategi ini memiliki hitungan yang harus tepat karena kita harus mempertimbangkan banyak faktor mulai dari budget, hingga pemilihan influencer.

8. Konten marketing

Strategi pemasaran ini berfokus pada konten baik itu berupa konten blog, podcast, Instagram, Facebook, dan lain sebagainya.

Tujuan strategi marketing ini adalah membangun ikatan dengan audiens untuk jangka waktu yang lama. Ketika konten berisikan hal yang relevan dengan kondisi audiens, maka perasaan emosional antara brand dengan audiens akan tercipta.

Itulah beberapa contoh strategi marketing online yang bisa diterapkan. Selain menerapkan beberapa strategi diatas, kita juga harus mempertimbangkan metode pembayaran ketika berurusan dengan bisnis online. Metode pembayaran juga menjadi salah satu pertimbangan para audiens untuk memutuskan membeli atau tidak membeli produk atau jasa yang kita tawarkan.

Salah satu alasannya karena terkadang metode pembayaran yang ditawarkan oleh pemilik usaha tidak dimiliki oleh calon audiens. Oleh karena itu untuk memudahkan calon audiens, diperlukan sebuah payment gateway. Jadi mereka bisa memilih metode pembayaran seperti apa yang ingin digunakan.

Fastpay

Salah satu payment gateway yang direkomendasikan karena mampu menerima lebih dari 40 jenis pembayaran dan memiliki keamanan yang tinggi adalah Faspay. Nah, penasaran dengan Faspay? Yuk, hubungi sekarang juga!
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

11 komentar

  1. 8 strategi pemasaran online ini harus banget diketahui oleh para pelaku bisnis. Setuju sekali tentang Metode pembayaran yg harus fleksibel disesuaikan dengan para konsumen.

    BalasHapus
  2. strategi pemasaran terus berkembang memang, dan wajib tahu biar usahanya enggak mandeg. Apalagi yg nomor dua ini aku masih minim juga, boleh lah mbak di bahas lebih lanjut

    BalasHapus
  3. Wah nambah wawasan bgt nih terkait digital marketting juga jadinya ^^ bener-bener kepake lho untuk menghadapi kebutuhan marketting jaman sekarang,, anyway baru tahu payment gateway itu ^^

    BalasHapus
  4. Menarik sekali, apakah faspay seperti PayPal? Pembayarannya bisa internasional?

    BalasHapus
  5. Faspay kayak apa ya? Baru denger juga nih. Coba tolong di lanjut artikelnya Kak, biar aku agak mudeng sedikit sistem kerjanya si Faspay ini.

    BalasHapus
  6. Digital marketing benar-benar membuat semua pelaku usaha harus all out untuk bisa menjangkau konsumen di daerah ya. Strategi pemasaran online yang bisa dilakukan juga beragam pilihannya

    BalasHapus
  7. dalam pemasaran digital perlu konsistensi juga seperti blogging, jika konsisten menjalankan 8 strategi pemasaran bisa membuat produk kita lebih dikenal, salah satu point penting dalam transaksi online adalah pembayaran, dengan memilih gateway pembayaran yg tepat konsumen juga akan lebih senang bertransaksi dengan kita

    BalasHapus
  8. Perubahan adalah suatu keniscayaan dalam segala hal, termasuk dalam dunia usaha dan segala detailnya, tugas kita adalah beradaptasi dengan baik dan menjalankan strategi agar dapat bertahan dan bahkan berkembang lebih maju, one of them adalah tips-tips dari stategi pemasaran yang ditulis Kak Kia

    BalasHapus
  9. Faspay ini memudahkan customer untuk bayar invoice kan ya sekaligus memudahkan penjual, jadi membantu di dunia yang serba digital seperti saat ini

    BalasHapus
  10. wajib belajar digital marketing nih, btw faspay itu untuk bikin invoice gitu ya mba?

    BalasHapus
  11. Branding ini emang yg paling pokok deh yaaa...
    Kalau uda berhasil di branding next lanjut strategi selanjutnya

    BalasHapus

Posting Komentar