jejak tulisan si kaki kecil

Kenali Jenis Liburan Sebelum Pilih Destinasi Liburan

Konten [Tampil]
Kenali Jenis Liburan Sebelum Pilih Destinasi Liburan

Hai, kawan si Kici!

Memilih destinasi tujuan liburan bisa menjadi hal yang sangat menantang. Sebab, setiap daerah punya keunikan dan tempat wisata yang menarik, aneka kuliner lezat untuk dicoba dan pemandangan alam yang mungkin sayang untuk dilewatkan. Belum lagi kalau harus memilih, apakah hendak berwisata ke dalam negeri atau mencoba berkunjung ke negara lain.

Dengan mengetahui destinasi liburan, dapat membuat kamu bisa segera menyiapkan anggaran yang dibutuhkan. Selanjutnya, memesan tiket transportasi yang hendak digunakan. Misalnya, kamu memilih untuk berkunjung ke salah satu destinasi populer di Indonesia dengan menggunakan maskapai Air Asia.

Nah, supaya kamu tidak lagi salah memilih, kenali terlebih dahulu apa saja jenis liburan yang biasa dilakukan.

Jenis-jenis Liburan Berdasarkan Tempat yang Dikunjungi

Jika dilihat dari tempat yang nantinya akan dikunjungi, jenis liburan terbagi menjadi beberapa macam:

Pantai

Orang-orang yang senang berkunjung ke pantai biasanya senang akan suasana pantai yang cukup panas. Namun, suara burung, desau angin, dan debur ombak menjadi teman yang begitu menenangkan ketika berkunjung ke pantai. Belum lagi dengan pemandangan bawah lautnya yang sangat memukau.

Seseorang yang senang mengunjungi pantai saat liburan juga kerap melakukan snorkeling, scuba diving atau menyelam, dan berbagai jenis olahraga air lain yang seru, menantang, serta memacu adrenalin. Jadi, tak hanya sekadar menikmati alam, mereka juga senang berinteraksi dengan kehidupan bawah laut yang menarik.

Gunung

Berbeda dengan pantai, wisatawan yang gemar pergi ke gunung merindukan kesejukan dan ketenangan yang luar biasa. Mendaki gunung membuat mereka seperti sedang menyatu kembali dengan alam. Pastinya, aktivitas satu ini juga sangat menantang. Namun, hanya orang-orang dengan fisik dan stamina mumpuni yang gemar melakukan pendakian.

Selain mendaki, berlibur dengan berkunjung ke gunung juga memberikan pengalaman seru lain yang pastinya tak kalah menariknya, terutama pada musim dingin. Kamu dapat menjajal banyak olahraga musim dingin seperti skating, snowboarding, ski, dan sledging.

Kota besar

Meskipun tidak sedikit orang berlibur dengan tujuan untuk menghindar sejenak dari kepadatan dan keramaian, memilih liburan ke kota besar juga menawarkan suasana yang bisa berbeda.

Suara deru mesin, klakson kendaraan, peralatan berat konstruksi bangunan, hingga lalu lalang orang menjadikan latar belakang suara yang cukup menawan. Kota besar identik dengan wisatawan yang suka dengan suasana glamor, riuh, dan identik dengan pesta atau acara yang ramai.

Luar negeri

Setiap negara memang memiliki keunikan, ciri khas, dan destinasi yang sangat menarik. Bagi orang-orang yang punya bujet lebih banyak, berlibur ke luar negeri tak jarang selalu menjadi pilihan. Sebab, persiapan yang dibutuhkan pun tidak sedikit. Mulai dari memesan tiket perjalanan rute internasional, membuat paspor, hingga mengurus visa perjalanan ke negara tujuan.

Jenis-jenis Liburan Berdasarkan Tujuan Liburan

Sementara itu, apabila dilihat dari tujuan berlibur, jenis liburan terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya:

Staycation

Bagi kamu yang ingin berlibur tapi memiliki budget terbatas, staycation bisa menjadi opsi terbaik yang bisa dipilih. Selain itu, staycation biasanya banyak dipilih para pekerja yang tidak punya cukup banyak waktu untuk liburan ke kota besar atau ke destinasi tertentu.

Supaya pengalaman staycation tetap berkesan, kamu harus memilih hotel terbaik. Namun, tetap sesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

Jika membutuhkan rekomendasi, kamu bisa mengakses aplikasi penyedia jasa perjalanan, seperti Traveloka. Tersedia banyak pilihan hotel dengan fasilitas lengkap yang bisa kamu pilih. Pemesanan hotel juga lebih mudah dan praktis dilakukan melalui aplikasi.

Glamping

Ingin merasakan serunya menginap dengan latar alam yang sangat kental dan semua fasilitas mewah? Kamu bisa memilih wisata glamping atau glamour camping. Jenis liburan ini umumnya dipilih untuk wisatawan yang ingin merasakan berkemah tetapi tetap dibekali dengan fasilitas lengkap dan kenyamanan. Misalnya, tempat tidur, televisi, dan teras.

Snorkeling dan diving

Lalu, ada pula jenis liburan yang identik dengan wisata bahari, yaitu snorkeling dan diving. Jenis liburan ini akan menyasar pada destinasi yang memiliki panorama dan kehidupan bawah laut yang sangat memukau. Sebut saja beberapa pulau di Kepulauan Seribu, beberapa pantai di Bali dan Lombok, juga area Raja Ampat.

Bahkan, tak sedikit pula wisatawan yang rela merogoh kocek lebih dalam dengan mengunjungi wisata bahari yang ada di negara lain. Misalnya mengikuti pergerakan satwa raksasa hiu paus yang berenang ke seluruh penjuru dunia pada interval waktu yang berlainan.

Belanja

Nah, kalau tujuan liburan yang satu ini biasanya identik dengan wanita. Sering kali, barang yang dibeli juga tidak jauh dari fashion, seperti pakaian, aksesori (kaca mata, sepatu atau sandal, jam tangan), dan masih banyak lagi. Destinasi incaran juga umumnya jarang yang ada di dalam negeri.

Beberapa negara yang biasanya menjadi tujuan populer untuk belanja berbagai produk ternama yaitu Singapura, Paris, Dubai, dan Korea Selatan. Sementara jika kamu berniat untuk belanja produk buatan dalam negeri, Bandung menjadi destinasi paling baik untuk dituju.

Sementara itu, jika dilihat dari jumlahnya, jenis liburan terbagi menjadi solo traveling dan grup. Solo traveling dilakukan hanya oleh satu orang, umumnya dengan tujuan mencari ketenangan atau relaksasi. Sementara liburan secara berkelompok atau grup tentunya dilakukan mulai dari dua orang atau lebih.

Jadi, kalau dilihat berdasarkan jenis liburannya, apakah kamu sudah menemukan destinasi liburan yang sesuai?
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar