jejak tulisan si kaki kecil

Bikin Adem Pikiran, Ini Rekomendasi Wisata Air di Bandung

Konten [Tampil]
Bikin Adem Pikiran, Ini Rekomendasi Wisata Air di Bandung

Hai, kawan si Kici!

Sebagai salah satu kota wisata yang banyak dikunjungi, Bandung selalu berusaha memberikan fasilitas dan pelayanan terbaik untuk turis lokal serta mancanegara. Bandung pun menambah tempat wisata menarik terbaru untuk menarik kunjungan.

Wisata air di Bandung pun tak luput dari perhatian pemerintah. Ada banyak banget wisata air yang menyegarkan dan pastinya murah meriah! Segera cek harga kereta api tujuan Bandung sekarang dan booking jadwal liburan ke kota kembang, yuk!

8 Rekomendasi Wisata Air di Bandung

Gak usah lama-lama, simak deretan wisata air yang bisa kamu kunjungi saat berwisata ke Bandung!

1. Situ Patenggang

Daya tarik wisata air situ patenggang berada pada suasana yang sejuk khas pegunungan serta daun teh luas yang sangat asri dan jernih. Lokasinya berada sekitar 1600 meter dari ketinggian dengan suasana yang sangat syahdu.

Selain itu, di tengah-tengah situ patenggang terdapat danau indah dengan luas sekitar 45 ribu hektar. Di sekitar kawasan juga sudah tersedia kamar mandi, mushola, area parkir beserta rumah makan.

Keunikan Situ Patenggang lainnya ada pada sebuah mitos yang mengatakan kalau siapa saja yang datang ke situ akan langgeng hubungannya.

2. Situ Cileunca

Kalau kamu mencari wisata air dengan suasana yang sangat lengkap, bisa kunjungi Situ Cileunca. Di sini kamu nggak hanya bisa berfoto serta bersantai, tetapi juga mengelilingi danau menggunakan perahu.

Aktivitas menyenangkan lainnya yang bisa dilakukan di tempat ini adalah camping. Ada banyak area camping di tempat ini, diantaranya adalah Cileunca Lakeside, Satrio Camping Ground, Hajeka Camping Ground dan Teras Danoe.

Tak hanya itu, kamu juga bisa bermain arung jeram dan mencoba meluncur dengan flying fox yang berlokasi tepat di atas danau. Seru banget, kan?

3. Curug Malela

Curug Malela merupakan salah satu air terjun terbesar di Bandung. Lokasi tepatnya ada di Cianjur, Jawa Barat. Ketinggian Curug ini ada sekitar 70 hingga 60 meter, dengan lebar sekitar 50 meter.

Nah, dibawah curug terdapat berbagai batuan yang menambah keindahan curug ini. Selain itu, terdapat juga beberapa ekor monyet yang sering turun minum ke bawah Curug.

Keunikan Curug Malela lainnya ada pada deretan Curug lainnya yang mengelilinginya. Diantaranya adalah Curug Cinulang Cicalengka, Curug Batu Templek dan Curug Layung.

4. Wisata Kampung Rahong

Ada banyak sekali variasi wisata kampung rahong yang bisa kamu coba. Ada Hutan Pinus Rahong, Kampung Singkur, Jembatan Rahong, dan Bukit Rahong.

Nah, wisata air yang dimaksud ada di Wisata Kampung Singkur. Di kampung ini terdapat berbagai kegiatan serta fasilitas yang bervariasi, tetapi yang paling utama adalah glamping pinggir sungai.

Kamu bisa merasakan nyamannya menginap di pinggir derasnya sungai dan tenangnya suasana alam.

5. Situ Patenggang

Situ Patenggang adalah danau romantis yang berada pada ketinggian 1600 m di atas kaki gunung Patuha.

Disebut sebagai danau romantis karena adanya mitos pasangan yang singgah di Batu Cinta dan mengelilingi pulau Asmara, diyakini akan menemukan cinta abadi.

Di sekitar danau terdapat perkebunan teh yang sangat memanjakan mata. Kamu pun bisa mencoba bersepeda air dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Enaknya lagi, terdapat tanaman strawberry yang berbuah di sepanjang sisi jalan.

6. Ciwidey Valley Resort

Lokasi Ciwidey Valley Resort ada di Jl. Barutunggul KM 17, Ciwidey, Alamendah, Kec. Rancabali, Bandung.

Resort ini mengusung konsep hunian yang tersembunyi di perbukitan. So, hampir semua bangunan dikelilingi dengan taman yang sangat rindang.

Tak hanya bangunan sebagai lokasi menginap, kamu juga bisa bermain dan belajar di area anak-anak.

Nah, wisata air yang dimaksud di Ciwidey Valley Resort adalah kolam renang dengan berbagai variasi ukuran.

Ada kolam renang untuk orang dewasa, anak-anak, pemandian alam serta waterboom. Terdapat juga pilihan kolam renang dengan air dingin atau hangat.

7. Curug Cimahi

Air terjun Curug Cimahi termasuk salah satu yang tertinggi selain curug Malela. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 87 meter yang dilengkapi dengan lampu warna-warni yang menyala saat malam.

Air terjun ini sangat eksotis dengan suhu sekitar 22 derajat celcius. Terkadang, udara di sekitar suhu ini mencapai 18 derajat celcius. Ketinggian curug ini sekitar 1050 mdpl sehingga terlihat sangat indah.

8. Curug Cinulang

Satu lagi tempat wisata air terbaik yang bisa kamu kunjungi untuk mendinginkan tubuh. Curug Cinulang, wisata air terjun kembar yang dimaksud berlokasi di Jalan Cicalengka Sindangwangi, Sindulang, Cimanggung, Jawa Barat.

Ketinggian air terjun curug Cinulang adalah sekitar 50 meter dengan debit air yang lumayan tinggi dan deras. Menjadikannya terlihat sangat menarik untuk dilihat.

Keindahan air terjun kembar Curug Cinulang bahkan diabadikan dalam sebuah lagu oleh penyanyi Darso. Harga tiket masuknya pun cukup murah, yaitu sekitar Rp 20 ribu saja.

Inilah beberapa rekomendasi wisata air yang ada di Kota Bandung. Biar pikiran semakin adem, kamu bisa coba beberapa rekomendasi tempat wisata air di atas. Coba masuk ke salah satu tempat wisata yang ada di atas, dapatkan tiket masuk termurah dan harga kereta api terjangkau di Traveloka!
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar