jejak tulisan si kaki kecil

7+ Peluang Usaha Fashion: Yuk, Ubah Hobi Jadi Bisnis!

1 komentar
Konten [Tampil]
7+ Peluang Usaha Fashion: Yuk, Ubah Hobi Jadi Bisnis!

Hai, kawan si Kici!

Siapa si yang penasaran dengan peluang usaha fashion? Apalagi fashion lagi banyak diperbincangkan sejak adanya Citayam Fashion Week. Tentunya dunia fashion sedang menjadi sorotan dan memberikan kita ide untuk berbisnis.

Nah, buat kalian yang ingin berbisnis atau membuka usaha tapi bingung, mending coba deh melirik dunia fashion. Apalagi jika kita bisa benar-benar serius maka akan bisa menjadi peluang untuk mendapatkan cuan. Kalau kata orang mah dunia fashion tuh cepet menghasilkan cuan asal mau belajar dan serius menjalankan bisnisnya.

Peluang Usaha Fashion

Peluang usaha di dunia fashion nggak cuma jualan baju aja loh! Ada banyak ide dan peluang bisnis yang berhubungan dengan fashion. Kira-kira apa aja ya?

1. Fashion Designer

Jika kawan si Kici suka menggambar atau mendesain, bisa loh menjadikan hobi itu sebagai peluang bisnis. Apalagi jika nggak mau ribet memikirkan brand atau marketingnya, cukup dengan menggambar aja ya fashion designer ini cocok dijadikan pilihan. Kita bisa mencoba berbagai desain mulai dari desain baju, desain jaket, dan desain lain yang berhubungan dengan produk fashion.

Kita cukup mengembangkan skill yang dibutuhkan fashion designer dan membuat portofolio agar kita bisa mencari partner untuk diajak kerjasama. Bisa juga si kita mencari lowongan ke tempat designer atau brand yang sudah terkenal. Sehingga kita tak perlu pusing mencari partner atau calon customer sendiri.

2. Fashion Blogger

Suka menulis dan ingin terjun ke dunia fashion? Tentu bisa dong kita menjadi fashion blogger. Cukup modal foto-foto OOTD ala kita ataupun menulis saran tentang fashion tertentu.

Jika ulasan kita menarik dan banyak mendatangkan pengunjung, bukan tak mungkin kita akan diajak kerjasama untuk mengulas tentang fashion. Bisa langsung dari brand atau melalui platform jual beli online. Asyik gak tuh? Hobi yang bisa mendatangkan uang plus kita bisa mendapatkan barang gratis.

3. Membuat Brand Pakaian Sendiri

Memiliki impian untuk memiliki bisnis fashion dengan brand sendiri? Bisa kok asalkan kita mau belajar mulai dari mendesain, memilih bahan, dasar menjahit, hingga pemasarannya. Ribet ya? Memang keliatannya begitu. Namun, sebagai pemilik usaha sebaiknya kita memiliki ilmu dari hulu ke hilir agar bisa memahami proses dan tak mudah ditipu oleh partner atau karyawan.

Jika memilih untuk membuat brand pakaian sendiri, pastikan kita merencanakannya secara matang. Mulai dari nama brand hingga perhitungan anggaran. Hal ini dilakukan agar bisnis kita bisa lancar dan tak berhenti ditengah jalan. Pastikan juga kita telah menentukan sasaran customer yang akan menjadi pembeli agar lebih mudah merencanakannya.

4. Agen Model

Punya teman yang cocok buat foto OOTD atau punya teman yang sedang merintis bisnis fashion? Bisa loh kita jadi perantara model dan pemilik usaha karena dengan jadi perantara akan lebih memudahkan bagi model dan pemilik usaha.

Pemilik usaha nggak perlu ribet nyari model ke sana sini dan model pun nggak harus apply ke para pemilik usaha. Cukup kontak kita sebagai agen model maka pengusaha dan model akan sama-sama saling mendapatkan keuntungan. Kita hanya perlu mencari relasi sebanyak mungkin untuk mencari model dan mencari pemilik usaha baru yang masih belum memiliki model tetap.

5. Model Fashion

Jika kita suka berfoto maka tak ada salahnya menjadi model di dunia fashion. Kita bisa memulai dengan menawarkan diri kepada teman yang memiliki usaha fashion atau sedang merintisnya. Hal itu bisa menjadi awal mula perjalanan kita sebagai model dan nantinya bisa menjadi cara kita untuk menarik brand lain agar bisa menjadikan kita model.

6. Distributor Produk Fashion

Suka berbisnis tetapi tak memiliki produk sendiri? Bisa loh kita menjadi distributor produk fashion yang sudah terkenal. Jika tak memiliki modal maka kita bisa mencoba menjadi dropshipper terlebih dahulu barulah pelan-pelan mengumpulkan modal.

Menjual produk fashion apalagi secara online ternyata cukup menguntungkan jika kita menemukan produk dan customer yang tepat. Pernah aku mendapatkan cerita tentang kakak temanku yang menjadi dropshipper baju dan hanya menjualnya online melalu instagram. Penghasilan setiap bulannya bisa mencapai jutaan dan cukup untuk membiayai hidup waktu kuliah. Menarik banget gak si?

7. Fotografer Fashion

Memiliki kemampuan fotografi yang cukup baik juga bisa menjadi modal kita untuk melakukan usaha di dunia fashion. Yuups, dengan menjadi fotografer di dunia fashion juga cukup menarik untuk dipertimbangkan sebagai peluang usaha.

Kalau nggak ada fotografer, gimana caranya pemilik usaha melakukan promosi coba? Nah, kita bisa tuh mencoba peluang menjadi fotografer fashion. Kan sayang ya desain jaket keren akan percuma jika hasil fotonya tak mendukung. Jadi dengan fotografer fashion ini bisa menunjukkan kita jaket yang jual memang keren dan layak untuk dimiliki.

8. Illutrator Fashion

Siapa nih suka menggambar dan ingin terjun ke dunia fashion tetapi tak ingin jadi fashion designer? Bisa loh kita menjadi illustrator di dunia fashion? Ha itu emang ngapain? Ya kita bisa menjadi orang yang menggambar illustrator di brand fashion yang memang fokus pada produk bermotif.

Brand khusus untuk produk bermotif, tentunya butuh dong illutrator untuk menggambar agar motif tersebut bisa spesial dan tak pasaran. Tak ada salahnya loh untuk mencoba menjadi illustrator fashion dan mengajukan diri ke brand yang memang fokus ke produk bermotif.

Penutup

Itulah beberapa pilihan peluang usaha fashion yang bisa dimulai dari hobi kita. Tak ada salahnya loh mencoba usaha dari hobi karena banyak cerita sukses yang memang memilih usaha dari hobi. Namun, kita tetap mempertimbangkan peluang dan melakukan upgrade skill agar kita bisa mengikuti perkembangan fashion yang sangat cepat berubahnya.
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)
Terbaru Lebih lama

Related Posts

1 komentar

  1. Mungkin fotografer aku sedikit minat karena aku suka foto" hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar