jejak tulisan si kaki kecil

PINA, Aplikasi Perencanaan Keuangan yang Aman dan Gratis!

Konten [Tampil]
PINA, Aplikasi Perencanaan Keuangan yang Aman dan Gratis!

Hai, kawan si Kici!

Ada nggak si yang menggunakan aplikasi perencanaan keuangan? Atau kalian tim menulis perencanaan keuangan secara manual?

Sebenarnya nggak ada yang salah si menggunakan cara yang manual tapi buatku tuh cukup ribet. Apalagi aku pernah melakukannya ketika kuliah dulu. Semua pengeluaranku aku tulis di dalam sebuah buku khusus tentang catatan keuangan. Namun, lama kelamaan lelah juga karena nggak praktis.

Aplikasi Perencanaan Keuangan Terbaik

Beberapa waktu ini aku menemukan aplikasi budgeting yang cukup menarik. Namanya PINA. Aplikasi ini tentu cocok untukku yang suka hal yang praktis dan nggak ribet. Cukup buka aplikasinya maka kita bisa membuat perencanaan uang di mana pun. Aku pun bisa bebas menuliskan catatan pengeluaran secara langsung tanpa harus mengingat-ngingatnya.

Fitur pada Aplikasi PINA

Fitur PINA sebagai aplikasi budgeting

PINA memiliki beberapa fitur yang sangat memudahkanku. Nggak cuma untuk budgeting saja tetapi kita juga bisa berinvestasi dan belajar tentang finansial di sini. Penasaran nggak si apa aja aplikasi dari PINA?

1. NetWorth

Pernahkah mencatat apa aja si aset yang kita miliki? Aset ini tuh cukup krusial sehingga penting banget buat kita menginventarisasi aset. Jangan sampai loh kita nggak sadar aset kita hilang entah kemana. Duh nyesek banget deh.

Nah, PINA ini memfasilitasi kita untuk mulai inventarisasi aset yang kita miliki dengan fitur NetWorth. Nggak cuma dalam bentuk uang, bisa juga dalam bentuk barang loh.

2. Save

Cashflow yang berantakan bisa membuat kita nggak sadar kalau keuangan kita nggak sehat karena bocor halus. Jadi penting banget nih untuk kita selalu mencatat keuangan kita bahkan merencanakan agar kita nggak mudah mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tak penting.

Adanya fitur save di PINA tentu memudahkan kita mencatat pemasukan, pengeluarkan, dan melakukan perencanaan keuangan setiap bulannya. Jadi nggak perlu pusing lagi deh kalau akhir bulan kita kehabisan uang karena kita jadi paham mana si yang bikin kita bocor dan tentunya harus mengubah kebiasaan itu.

3. Invest

PINA ini ternyata juga aplikasi investasi terpercaya. Jadi nggak cuma buat bikin perencanaan keuangan saja tetapi kita juga bisa berinvestasi reksa dana atau saham di sini. Asyik banget nggak si? Apalagi ini tuh nggak sekedar investasi aja tetapi disesuaikan dengan tujuan investasi kita dan juga saran investasi yang cocok untuk kita.

4. Classroom

PINA memfasilitasi kita untuk belajar tentang finansial dan investasi dengan artikel-artikel yang cukup mudah dipahami. Apalagi untuk pemula yang ingin belajar tentang finansial dan investasi tentu butuh wadah yang tepat untuk belajar.

Alasan Memilih PINA

Alasan memilih PINA sebagai aplikasi catatan keuangan pribadi

Penasaran nggak si kenapa aku pilih si PINA ini? Padahal kan pasti banyak aplikasi lain gitu loh mirip tapi kenapa harus si PINA? Ada tiga alasan yang membuatku memilih si PINA sebagai teman untuk mengatur dan belajar tentang finansial. Kira-kira apa aja si?

1. Mudah dan Praktis Digunakan

Buatku yang suka sesuatu yang praktis dan nggak ribet maka aku pengen dong aplikasi catatan keuangan pribadi yang bisa aku gunakan kapan aja dan di mana aja. Udah nggak perlu nulis-nulis dan nyiapin sebuah buku khusus untuk catatan soal finansial gitu. Maka PINA ini yang jadi jawabannya.

Apalagi PINA tuh nggak cuma jadi aplikasi budgeting tetapi aplikasi investasi terbaik pula. Jadi enak banget deh satu aplikasi tapi bisa digunakan untuk banyak hal. Selain itu, setiap kali kita mendapatkan uang atau mengeluarkan uang bisa langsung deh mencatatannya di PINA. Nggak perlu ribet mengingat dan baru menulisnya di buku saat pulang ke rumah.

2. Bisa Belajar tentang Finansial

Aku tuh sadar diri aja si nggak terlalu banyak ilmu soal investasi dan finansial. Jadi dengan adanya artikel di PINA ini tentu sangat membantuku belajar tentang investasi. Memang nggak salah si kalau memilih PINA sebagai aplikasi investasi terpercaya.

PINA nggak cuma memfasilitasi kita untuk mengatur keuangan tetapi juga memberikan ilmu agar keuangan kita itu sehat dan memahami investasi sesuai dengan tujuan keuangan. Nggak ada lagi deh yang namanya bocor-bocor gitu karena keinginan kita membeli barang yang sebenarnya nggak penting.

3. Aman karena Terdaftar di OJK

Apapun yang berhubungan dengan uang tuh emang perlu deh dipastikan jika terdaftar di OJK. Nah, si PINA ini tuh udah terdaftar di OJK jadi pastinya aman dong! Apalagi waktu mau bikin akun tuh mirip kaya kita buka rekening di bank. Ada foto KTP, foto selfie, dan nama ibu kandung juga. Jadi nggak khawatir kalau mau investasi atau nyambungin rekening dan e-wallet ke si PINA ini.

Kalau rekening dan e-wallet tersambung di PINA, kita jadi bisa melihat pemasukan dan pengeluaran kita secara utuh. Nggak cuma yang ada di dompet doang tetapi yang digital juga semua bisa tercatat rapi. Jadi emang cocok dijadikan aplikasi catatan keuangan pribadi.

Titik Balik Ketika Mengenal PINA

Aplikasi investasi terpercaya

Pernah merasa dititik jadi orang jadul karena menulis semua pengeluaran di sebuah buku. Walaupun aku pun tak tau sekarang buku itu ada di mana. Emang si jadi kita bisa tau total pengeluaran tapi ribet nggak si karena kita nggak bisa melihat kategori setiap pengeluaran itu? Terus gimana mau bikin perencanaan keuangan kalau kita nggak tau riwayat pengeluaran kita?

Itu mah dulu, kalau sekarang dengan PINA mudah banget si mencatat pemasukan dan pengeluaranku. Apalagi PINA tuh udah menyediakan kategori yang memang sering digunakan oleh perencana keuangan jadi kita nggak perlu repot dan pusing memikirkan kategorinya. Sangat memudahkan untuk yang ingin menggunakan aplikasi perencanaan keuangan.

PINA tuh beneran memudahkan aku untuk membuat perencanaan keuangan setiap bulan. Jadi aku bisa nih memilah dan memilih mana si yang beneran kebutuhan dan mana yang cuma keinginan belaka. Biar nggak ada lagi tragedi bocor-bocor diakhir bulan. Apalagi nih sebagai blogger kan suka khilaf ya setiap pemasukan nggak dicatat eh tau-tau habis aja entah kemana.

Penutup

Nah, itulah kisahku bersama si PINA sebagai aplikasi perencanaan keuangan. Apalagi PINA ini memudahkanku untuk mengatur budgeting sebagai langkah awal agar keuanganku bisa lebih sehat lagi ke depannya. Langsung cuus aja download di Aplikasi PINA untuk iOS atau Aplikasi PINA untuk Android.

Kabar menariknya, si PINA mau bantu raih apa pun tujuan keuangan yang kita inginkan dengan memberikan tambahan modal investasi berupa Cashback up to 10 Juta. Kita cukup membuat tujuan keuangan di PINA Goal dan rutin menabung setiap bulan selama 1 tahun lalu akan ada cashback untuk kita. Yuk, pelajari lebih lanjut mengenai cara ikutan Promo Cashback up to 10 Juta dari PINA ini!
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

1 komentar

  1. Aku baru tahu tentang aplikasi yang satu ini, thanks for info kak

    BalasHapus

Posting Komentar